Keunikan Tibet

Banyak orang terutama para penyuka traveling menjadikan Tibet sebagai “next destination” atau tempat yang “harus di kunjungi”. Banyak hal yang membuat orang begitu terobsesi untuk bisa mengunjungi tempat ini. Ada yang ingin ke Tibet karena bermimpi bisa mendaki Mount Everest salah satu dari tujuh gunung tertinggi di dunia, ada juga yang bercita-cita pergi tempat ini karena eksotika alamnya yang tidak bisa di temukan di tempat lain, ada yang ingin melihat langsung dengan mata kepala sendiri kota dimana ada istana Potala Palace yang dulu ditempati para Dalai dan banyak alasan lain.

Hal lain yang menjadikan begitu banyak orang ingin pergi ketempat ini karena tempatnya yang berada persis di dua negara yang terkenal dengan seni dan peradabannya yaitu India dan China dan Tibet hanya di pisahkan oleh jajaran pegunungan Himalaya. Karena itu tak heran banyak hal yang unik dan menarik yang bisa kita saksikan langsung jika kita mengunjungi Tibet.

Saya termasuk yang beruntung bisa pergi dan mengunjungi Tibet, beberapa hari di kota Lhasa (salah satu dari 3 kota suci di Tibet) membuat mata saya terbuka dengan apa yang sering saya lihat saya baca atau saya dengar.

Banyak hal baru yang saya sadari bahwa untuk menikmati Tibet tidak hanya bisa di dengar atau dengan membaca ceritanya. Hari Minggu tanggal 20 Februari saya dan beserta beberapa teman dari komunitas backpacker dunia akan mencoba berbagi cerita dan info mengenai INDIA-NEPAL-TIBET-BANGLADESH serta SOLO BACKPACKING.

Bagi Anda yang ingin atau berencana atau masih bermimpi akan ketempat2 tersebut rasa-rasanya acara nanti mungkin akan berguna bagi teman2 semua acaranya sendiri :

Hari/Tanggal: Minggu, 20 Februari 2011
Pukul : 11.00-16.00
Tempat: Pondok Penus Taman Ismail Marzuki
(Di sebelah kiri pintu masuk utama)
Jalan Cikini Raya 73 Jakarta Pusat

Acara ini di prakarsai oleh Mbak Elok Dyah (Komunitas Backpacker Dunia), kalau tidak acara di hari minggu di tunggu yah kehadirannya. Saya sendiri berencana berbagi info dan cerita mengenai keunikan Tibet, review fot2nya nya bisa di dilihat di bawah ini

Keunikan Tibet (kota Lhasa)

Pegunungan Himalaya
Pegunungan Himalaya membentang luas menjadi ‘benteng” perbatasan beberapa negara dan juga memisahkan dua negara yang memiliki akar peradaban kuno yaitu China dan India.


Foto : View Tibet foto di ambil dalam perjalanan memasuki kota Tibet


Foto : View Tibet foto pegunungan Himalaya dengan puncak es abadi

Kota Lhasa dan Potala
Lhasa salah satu 3 kota suci di Tibet dan juga menjadi ibukota Tibet terdapat Istana Potala Palace dimana dahulu para Dalai berdiam di sini.

Foto : Di ambil pada malam hari, setiap pukul 8 malam selalu ada atraksi air mancure dengan di iringi lagu-lagu klasik (Mozart, Beethoven dll).

Foto : Tampak depan dan tampak belakang (kolam)

Ketel tenaga matahari
Energi yang terbatas membuat banyak orang mencari akal bagaimana caranya mendapat air panas dengan mengandallkan sinar matahari

Foto : Antena Parabola yang berfungsi ganda

Pilgriem dan prayer wheel
Setiap harinya para pilgriem atau peziarah datang mengunjungi istana Potala untuk berdoa, tak lupa mereka memutar roda bergerak agar doa mereka di kabulkan.

Foto : seorang pilgriem sedang berdoa dengan menelungkupkan badan sementara seorang ibu dengan prayer wheel sedang berdoa berkeliling mengelilingi tempat suci

Foto : Walaupun sudah terlihat sepuh, banyak orang tua yang masih keliatan sehat dan mengikuti pilgriem lainnya berjalan mengelilingi tempat suci di Barkhor street untuk berdoa

Gaya hidup, Mode dan Ekspresi orang Tibet
Jangan salah, bahwa anak muda Tibet juga suka bergaya dan mode, foto dibawah adalah ketika beberapa anak muda bergaya dengan model pakaian ala barat dan motor besar

Foto : Sebagian anak muda berdoa dan bersujud sebagian “nongkrong” dan bergaya dengan motor “besar”

Muslim Quarter
Banyak yang tidak menyangka bahwa sebenarnya muslim di kota Lhasa Tibet sangat banyak, bahkan di sini terdapat mesjid besar yang di sekelilingnya terdapat komunitas muslim yang ternyata menjadi roda pengerak perekonomian kota.

Foto : Masjid utama di Quater Muslim dan muslim yang sedang berkumpul setelah shalat Jumat


Kereta menuju Tibet

Perjalanan paling mengasyikan adalah mengunakan kereta dari dan ke Tibet, dengan durasi 3 malam – 3 hari Dari Guangzhou – Xian – Lhasa atau kebalikannya kita akan menemukan pemandangan spektakuler selama perjalanan.

4 Tanggapan to “Keunikan Tibet”

  1. gila keren banget bro,
    btw, gimana cara ngurus permit tibetnya?
    susah nggak?

  2. aku kesana hari kamis ini tgl 12 juni 2014, tapi saya kembali lagi ke chengdu, tidak melalui nepal

    tunggu ceritanya di blog saya yah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: