Trilogi Situs

Trilogi situs artson


artson.blogspot.com — jika anda pernah menemukan atau melihat blog ini adalah situs pribadi saya yang saya buat untuk menuangkan segala apa yang ada di pikiran. Dulu dibuat untuk keperluan catatan perjalanan saat saya pergi keliling Asia Tenggara .

Mengetahui soal blog sudah sejak lama ketika jamannya Enda Nasution si bapak blogeger Indonesia mulai sering cuap-cuap bikin jurnal pribadi di blognya rentang tahun 2000an. Sejak tahun 2000-an itu pula sebenarnya sudah terpikir pengen punya blog sendiri tapi masih bingung bikin mau ngisi apa itu blog.

Akhirnya tahun 2003an mulailah saya membuat blog. Cuman karena ngga pernah ngisi, blog itu terbelangkai dan akhirnya punah alias ditutup karena lupa pasword hehehe. Pertengahan tahun 2003an akhirnya saya punya blog sendiri buatnya dari account blogspot.

Selain itu saya punya situs blog pribadi dari penyedia situs blog lainnya, yaitu multiply. Hanya saja, tidak seperti sekarang, dulu fasilitas dan fungsi di Multiply masih sedikit tidak sebanyak dan semudah sekarang. Jumlah teman -teman yang terhubung sebagai kontak tidak banyak. Aktifitas saling kunjung mengunjungi serta bertanya atau berkomentar di jurnal atau photo dulu bisa dihitung hanya beberapa kali setiap hari bahkan bisa selam seminggu pengunjung blog hanya 3-5 orang saja. Hingga antara tahun 2003-2004 account mulltiply saya nyaris kosong tak berisi.

Bangkok Januari 2005 itulah awal dikemudian hari ternyata saya berubah menjadi seorang blogger, tentu saja ngga pake upacara bubur merah bubur putih. Soale di Bangkok musti pesan kemana tuh bubur hehehe.

Awal terjerumusnya saya ke dunia blogger ini terjadi ketika saya ada disebuah warung interenet di kota Bangkok. Di sebuah warnet kawasan Khasosan Road, saat itu saya lagi cek email dan buka beberapa situs pariwisata, kebetulan sebelah saya ada bule yang menanyakan bagaimana caranya mempergunakan internet.

Sebagai gambaran memakai internet di sana rata-rata mengunakan koin agar bisa tersambung. Jadi caranya kita beli atau punya uang koin dalam bentuk bath. Nilainya biasanya 5, 10 dan 20 baht, kemudian koin itu dimasukan kedalam box yang berfungsi mengaktifkan koneksi internet. Persis kalau mau maen dindong, masukan koin dan tadaa… kitapun langsung terhubung.

Lamanya konekasi tergantung koin yang kita masukan, jadi 10 baht untuk 15 menit 20 baht untuk 30 menit dan seterusnya. Nah bule itu yang menanyakan cara mengaktifkan koneksi. Singkat cerita kita kenalan, bla..bla.dan bla. Terus apa hubungannya antar terjerumusnya saya ke dunia blogger dengan koin buat internet serta dengan bule itu???.

Tentu saja tidak ada, terjerumusnya saya jadi seorang blogger bisa jadi dari si bapak blogger yang tadi saya sebutkan. Cerita tentang sibule cuamn basa basi ajah hehehe. Soal Enda Nasution, kebetulan doi tinggal di Bangkok, dan ada kesempatan untuk bertemu dengannya. Saat itu masih ingat pas hari ulang tahun saya dan bertepatan dengan hari Raya Idul Adha yang jatuh pada hariu jumat 21 Januari 2005. Bertempat di kedutaan besar Indonesia di Bangkok say bertemu dengan Enda dan Nita istrinya.

Bincang-bincang dengan Enda yang kemudian bertanya soal perjalanan saya. Saya bilang ini perjalanan ala backpacker, biaya yang keluar ngga sampai 3 jutaan untuk keliling Asia Tenggara. Tentu saja bisa murah karena saat itu lagi ada promo awal munculnya jasa penerbangan Air Asia. Memanfaatkan harga murah dari tiket pesawat serta jalan-jalan ala backpacker membuat hitungan total akhir perjalanan saya “cuma” mengeluarkan biaya 3,5 jutaan.

Murahnya biaya yang saya keluarkan untuk berjalan-jalan keliling Asia Tenggara membuat banyak orang tidak percaya (saat itu iyeh, sekarang mah bisa jadi lebih murah lagi). Apalagi saat saya nulis di blog,jurnal keliling Asia Tenggara dengan biaya cuman 3,5-an jutaan, ternyata mendapat banyak respon yang masuk dan meminta info lebih banyak mengenai kebenaran tulisan itu.

Ntah gimana ternyata budaya jalan-jalan keluar negeripun menjadi ramai, hampir setiap hari melalui email pribadi selalu ada yang nanya soal ini dan itu, bagaimana caranya bisa jalan-jaln murah. Dari situlah kemudian timbul untuk sering banyak membuat jurnal, di artson.blogspot.com jurnal yang sering saya buat adalah catatan perjalanan dan info-info trip ala backpacker. Nah begitu ceritanya awal situs artson.blogspot.com bermula dan sekarang sudah banyak dengan hits yang lumayan.

Seiring dengan jurnal di blogspot. Banyak pula foto-foto yang bisa diperlihatkan sebagai bukti saya pernah jalan-jalan. Iyah dong kalau baca tulisan doang mah mana orang percaya. Nah artson.multiply.com-pun lahir dan dipakai buat pamer foto-foto trip perjalanan.

Akhirnya jadi punya 2 blog, satu di blogspot satu lagi di multiply. Yang satu buat jurnal yang satu buat simpan foto-foto. Maunya satu blog bisa menampung semuanya tapi karena masing2 blog tersebut punya kelebihan dan kekurangan yah udah dibuat 2 ajah. Di blogspot orang bisa melihat dan bebas berkomentar tapi fasilitas foto terbatas, sementara di mulyiply buat upload foto lebih mudah tapi buat posting komentar orang harus terdaftar dulu di multiply.

Nah begitulah itu 2 blog ternyata sama-sama banyak dikunjungi juga. Komentar di multiply serta pertanyaan-pertanyaan yang muncul dari orang yang membaca blog saya membuat inbox email saya penuh dengan pertanyaan-pertanyaan yang sama yaitu masih soal trip murah meriah, mohon info penginapan, tips dan trik jalan-jalan ke luar negeri dan banyak lagi. Kelanjutan dari blogspot membuat saya harus menyalurkan lagi satu wadah tempat ajang diskusi ini.

Maka pada bualn Juni 2007 lahirlah milis Indonesia Backpacker Club (ibackpacker@yahoogroups.com). Sengaja diambil nama club biar gaya aja hehehe. Soale backpacker sering dikesankan oleh orang awan yang digambarkan sebagai orang yang bepergian ala gembel, cuman beralas kaki sendal dan beransel segede-gede gaban. Dengan imbuhan “club” diharapkan persepsi orang akan berbeda terhadap pelancong bertitel backpacker ini. Nama Indonesia Backpacker Club juga biar ngga rancu dengan nama-nama biro perjalanan wisata. Selain itu mengunakan nama club juga biar lebih berkesan sebagai sebuah komunitas yang berpendidikan tapi tetap dengan sikap lokal tapi cara pandang intenational (hehhee diplomatis banget yeh…)

Ikutan milis belum tentu orang mau, jadi diskusi di milis akan mubazir kalao ngga dibaca orang. Maka lahirlah sebuah blog lagi (artsons.wordpress.com) sebagai media yang berisi informasi soal travelling. Mengunakan account di wordpress atas dasar banyak pertimbangan, dibanding dengan blogspot dan multiply, menyimpan jurnal, catatan atau info lainnya ternyata lebih mudah ketimbang mengoperasikan atau mengatur baik mengirim jurnal serta menempatkan di blog supaya mudah di lihat dan diakses dan juga banyak pertimbangan hal lainnya.

Maka kini sudah lengkap 3 blog dengan berbeda-beda fungsi dan kegunaan yang dapat anda nikmati. Ketiga blog itu yaitu :

artson.blogspot.com
—) my blog.packer journal lahir tahun September 2004 dan jurnal resmi pertama ditulis di bangkok pada tanggal 21 Januari 2005, berisi tentang catatan perjalanan, cerita perjalanan dan semua yang berkaitan dengan rencana perjalanan.

artson.multiply.com —) my.blog.photo travel lahir tahun sebulan sesudah artson.blogspot.com dibuat berisi foto-foto tentang semua perjalanan yang pernah di jalani mulai dari foto-foto dari pualu Sempu, Merauke, Medan Bangkok, Hongkon hingga foto-foto saat trip ke Tibet.

artsons.wordpress.com —) my.blog.travel pidia lahir malam menjelang hari ulang tahun saya yang jatuh pada bulan Januari 2008. Blog ini berisi info-info lokasi tempat, penginapan, tip dan trick serta semua yang berhubungan dengan perjalanan.

Nah demikian sekilas tentang trilogi situs artson. Semoga situs2 di atas bisa bertahan dan terus berkembang menjadi situs yang berguna bagi anda dan semua orang yang mencintai dunia travelling. Amiiin…

Bandung 21 Januari 2008

%d blogger menyukai ini: