Apa itu Itinerary ???

Merancang perjalanan

Untuk perjalanan dalam negeri, baik didalam propinsi atau antar propinsi antar pulau mungkin relatif lebih mudah, segala informasi mulai dari penginapan, transportasi dari dan ke menuju tujuan, harga atau biaya perjalanan sudah bisa terukur. Dengan menanyakan teman, mencari info di koran atau brosur wisata semua info bisa langsung didapat.
Itinerary dibuat biasanya supaya memudahkan kita mengetahui jadwal-urutan-langkah yang harus dijalani dalam melakukan perjalanan. Dengan itinerary kita bisa menentukan kapan memulai dan mengakhiri kunjungan. Tidak ada patokan atau aturan bagaiamana susunannya. Tergantung dari mana kita mulai atau kita inginkan. Ada yang akhirnya taat dan tertib mengikuti itinerary, ada yang melenceng karena ternyata spot yang didatangi lebih bagus dari dan memerlukan waktu lama untuk dikunjungi.

Yang pasti untuk bikin itinerary jangan lupakan beberapa hal penting. Ketahuilah terlebih dahulu tempat tujuan-waktu yang tersedia-budget-dan kemampuan fisik/faktor cuaca. Semua berkaitan, kadang karena keinginan berlebihan untuk mengunjungi suatu tempat tanpa perhitungan waktu tempuh dan kendala transportasi bisa menyebabkan waktu terbuang atau biaya menjadi mahal. Nah kalu udah gitu biasanya itinerary benar2 dibutuhkan untuk memecahkan masalah.

Itinerary tidak melulu soal jadwal dan waktu, banyak hal dan kemungkinan yang harus diperhitungan. Soal jadwal yang ketat sebaiknya diperhatikan, terutama jadwal keberangkatan pesawat, kereta atau bus. Jangan sampai ketinggalan pesawat gara-gara tidak bisa memperhatikan moda angkutan/situasi jalanan macet. Pemilihan penginapan dengan lokasi tujuan yang akan dikunjungi juga harus tepat. Kebayang khan misalnya mau maen ke Dufan Jakarta tapi pilih penginapan di Depok!!

Bagaimana langkah awal pertama untuk menyusun itinerary/jadwal perjalanan yang mudah??? Anggap dibawah Ini rancangan untuk perjalanan ke luarnegeri, saya ambil contoh perjalanan umum mengunjungi 3 negara tetangga (Singapore-Malaysia-Thailand)

1. Tentukan tujuan
Ke Singapore, kemana saja tempat tujuan yang ingin dikunjungi?? Jurong Bird Park me memerlukan waktu seharian, Merlion Statue cocok dikunjungi pagi hari, Chinatown dan Little India bisa diakses dengan mudah melalui MRT. Genting di Kualalumpur hanya sampai pukul 3 atau 4 sore lewat waktu dari itu bakal ketutup kabut. Pasar Chatucak di Bangkok bukanya pada waktu weekend. Dan banyak lagi, cari sebanyak mungkin informasi tujuan tempat yang akan di tuju.

2. Mau ngapain ajah disana??
Mau hunting Foto, wisata kuliner atau shopping atau sekedar pengen jalan-jalan ajah. Kalau doyan motret tempat2 bersejarah atau mau mengekplorasi daerah pinggiran kayanya harus punya extra time. Pertimbangan cuaca juga, di Bangkok musim hujan bisa menyebabkan kemacetan di mana-mana. Musim kemarau atau panas di Singapore atau Malaysia bisa bikin pusing kepala. Hati-hati dengan fisik, terlalu semangat mengunjungi banyak tempat bisa me”drop”kan badan.

3. Tentukan budget dan waktu yang dibutuhkan
Menentukan waktu tujuan, memilih penginapan/transportasi dengan budget yang tersedia atau Budget yang tidak banyak sehingga harus memangkas beberapa pengeluaran untuk menghemat. Sebagai illustrasi perjalanan pertama saya mengelingi Asteng (2005) Singapore-Johor Bahru-Kualalumpur-Phuket-Bangkok hanya mengahbiskan sekitar 3,5 jutaan. Perjalanan menjelajah Malaysia (Pontianak-Kuching-Kualalumpur-Malaca) tahun 2006 akhir hanay menghabiskan dana sebesar 2,4 jutaan), perjalanan menjelajah China + Tibet hanya menghabiskan biaya 10 jutaan lebih.

4. Mencari informasi tentang transportasi dan memilih penginapan
Mau pake bus, kereta api atau pesawat?? Perhatikan jadwal penerbangan, lokasi bandara atau situasi kedekatan terminal bus dengan penginapan. Penginapan di daerah bugis juction di Singapore cocok untuk diinapi karena dekat dengan akses MRT. Penginapan bukit bintang menajdi tempat favorit backpacker karena terletak di tengah2 anatar terminal Puduraya sebgai tempat transit transportasi dan bukit bintang sebagai tempat shopping, Penginapan di Khaosan Road Bangkok cukuop ideal di inapi karena di area ini tersedia lengkap semua fasilitas dari warnet, money changer hingga laundry.

7 Tanggapan to “Apa itu Itinerary ???”

  1. Mas, itinerary yang pernah Anda dibuat, dipatenkan ga ? Masih boleh dicopy paste secara umum ? Jadikan pdf aja, mas, he……

  2. mas, ada contoh itinerary gak??
    makasih banyak

  3. mas artsons,,
    boleh nanya gak?:mrgreen:

    saya rencana jalan ke bangkok bulan juli, tp sampe skrg bingung mau nginep dimana.. menurut mas artsons lebih baik nginep di hotel deket stasiun (BTS) tapi bayarnya mahal, atau nginep di khaosan road tapi ke stasiunnya jauh?

    sebenernya di khaosan road itu aksesibilitas transportasinya susah gak sih mas? aku takut ditipu sama sopir taksi soalnya hehehe..

    thanks in advance🙂

  4. maz.. Q da tugas d curuh bikin paket wisata+ itenerary+harga yg menarik n bisa d tawarkan k Wisatawan

    tp, Q mch bingung cra bikin’x…
    bisa g’ bantu Q…
    d ajarin cara bikin’x

    tugas Q d kumpulin 1 minggu lagi…
    mOhon bantuan’x ya…..!!!!!!

  5. mendetail banget, cocok bwat yang mau bepergian….

  6. klo googling lama, sedangkan butuh info nya segera dan waktu ampir abis masa harus survei dlo…..makan biaya 2x dunk…

  7. nice infonya bwat referensi tugas kuliah mantap ini, trimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: