Catper Mumbai 3 : Tidur di bandara Mumbai

Mumbai tengah malam!!, penerbangan Air Asia dari Kuala Lumpur berangkat pukul 18.00 dan tiba di Mumbai pukul 20.00. Kalau dihitung dari perbedaan waktu, Jakarta – Mumbai adalah kurang lebih 1.5 jam, jadi jika saya berada di Mumbai pukul 20.00 artinya di Jakarta pukul 21.30. Dengan rentang waktu semalam menuju pagi hari apa boleh buat yang bisa dilakukan adalah menginap di bandara.

Berdasarkan review beberapa pelancong di forum-forum traveling dunia dan dari berbagai sumber, menginap di bandara cukup aman, nyaman dan tak repot. Ada sebuah ruangan khusus dimana kita bisa tidur atau direbahan di kursi yang disediakan pengelola bandara. Luca, anak muda dari Rusia yang bertemu saat wawancara VoA di imigrasi sepakat untuk pergi ke pusat kota bersama.

Sesuai rencana setelah keluar dari pemeriksaan imigrasi, saya menunggu teman baru saya yang ternyata satu penginapan, dan kita berencana menginap di bandara dan baru esoknya menuju penginapan.

Setelah saya keluar dahulu, ternyata oh ternyata teman baru saya ini baru bisa keluar 1,5 jam kemudian, luar biasa, rupanya setelah saya berikutnya dia harus menunggu 4-5 orang lagi. Dan yang jadi masalah ia tidak membawa foto, dan terpaksa harus mengambil foto dari KTPnya (digunting atau gimana gitu ngga ngerti). Intinya : harus prepare untuk pengurusan VoA, mudah saja persyaratannya hanya bukti pemesanan kamar hotel, bukti pembelian tiket kembali, pasfoto 3×4 1 buah dan uang 60 usd saja!

Kembali cerita lanjutan, akhirnya saya berdua kemudian sepakat untuk mencari area untuk menginap. Sesuai petunjuk yang saya dapat dari internet, untuk menuju area istirahat petunjuknya adalah keluar dahulu dari gedung, dipintu keluar acuhkan para fans (baca : supir taksi yang menawarkan jasa), jalan keluar (kiri) lurus sampai ketemu lift/tangga menuju lantai 2 (area keberangkatan).

Bayar 60 rupee (kalau mau istirahat lebih dari 4 jam), masuk dan kalau bersyukur dapat kursi yang bisa pakai senderan buat tiduran. Tidak lebih dari 20 menit setelah keluar dari bagian imigrasi, saya sudah duduk manis dipembaringan di area istirahat bandara Mumbai.

Suasana saat itu ramai, tapi mengingat jumlah bangku yang banyak, rata-rata dari mereka yang ada di ruang istirahat ini sudah mengambil posisi duduk masing2. Banyak dari mereka sepertinya sudah pulas tidur. Dalam ruang ini ada hanya ada satu kaunter makanan 24 jam dan toilet, ditengah ada deretan bangku yang hanya bisa di duduki, sementara di sisi-sisinya ada bangku untuk rebahan yang terlihat sudah penuh dengan orang yang tertidur.

Setelah mendapatkan posisi rebahan yang nyaman, kitapun ngobrol west to north (baca : ngalor ngidul). Baru kita sadari, India yang konon tidak nyaman, kotor dan jorok ternyata pupus begitu kita mendapatkan tempat istirahat yang nyaman seperti ini.

Baru saja ngobrol soal kebersihan… tiba-tiba… krasak, krusuk…. hadeeeu suara apa itu..kucuk-kucuk ada tikus berlari lewat depan kita. Saya dan Luca pun saling berpandangan… dan langsung saj kita berdua tertawa menyadari apa yang terjadi di depan kita. Dua tikus mendekati tumpukan ransel kita sepertinya mencari makanan, sementara tikus yang satunya bergerak-gerak mengendus tidak jauh dari tempat rebahan orang di samping kita. Sepertinya kalimat India sungguh nyaman, tidak kotor dan tidak jorok harus diralat!

3 Tanggapan to “Catper Mumbai 3 : Tidur di bandara Mumbai”

1. hahahaha… saya tertawa baca bagian akhirnya

2. Wah saya sedang mencari-cari info tentang India neh, blognya om artson bisa jadi referensi, mohon bookmark🙂

3. halo mas, saya berangkat ke india besok selasa terus terang saya berdebar2 dengan VOA di hyderabad karena berdasarkan info travel agent disana sudah memberlakukan VOA, cuman saya masih blank akan apa yang akan saya hadapi nanti…..wish me luck