Catper Mumbai 2 : Stempel VoA Mumbai

India sudah memberlakukan bebas masuk India dengan cukup mengajukan VoA atau Visa on Arrival saja. Tentu saja hal ini cukup mempermudah bagi pelancong terutama bagi saya tanpa perlu lagi mengurus Visa yang kadang harus buang2 waktu pergi ke kedutaan.

Kini saya sudah berada di India tepatnya Mumbai, dan sebelum masuk kota ini, saya harus mengajukan VoA dengan mengisi formulir dan menyertakan beberapa persyaratan. Syarat utama untuk VoA adalah bukti pemesanan hotel, tiket kembali, pasfoto dan terakhir jaminan membawa cukup uang untuk hidup selama di India.

Nah persyaratan terakhir ini yang tidak jelas, berapa minimum uang yang harus saya siapkan. Kini saya sedang dalam terlibat masalah, tertahan di imigrasi Mumbai karena jumlah uang yang saya bawa tidak mencukupi untuk masuk India. Sebenarnya uang yang saya bawa cukup banyak, lebih dari cukup menurut saya jika disesuaikan dengan rencana lamanya perjalanan saya.

Dalam ruangan kecil, berukuran 2×3 meter, ruang kepala imigrasi India!!, saya dipersilahkan duduk. Berhadapan dengan saya seorang petugas yang sepertinya mempunyai jabatan lebh atas karena petugas berwajah garanng, dengan kumis baplang ala jampang yang mengantar saya terlihat berbicara sopan.

Sebelumnya, saat interview dan pemeriksaan dokumen dan petugas sebelumnya memberitahukan bahwa saya tidak punya cukup uang untuk masuk India. Kini saya diantar ke pejabat yang sepertinya akan menyelesaikan urusan saya.

Paspor dan dokumen serta formulir persyaratan yang sebelumnya saya isi diberikan si Jampang ke pejabat ini. Di bolak balik sebentar kemudian mengambil secarik formulir, mengisi nama dan nomer paspor saya, dan sejurus kemudian ia meminta saya untuk menandatangi formulir tersebut.

Saya baca sesaat, dan………deuug!!! jantung saya langsung berdegub, apakah saya akan ditolak! atau dipersilahkan kembali pulang, atau diizinkan masuk Mumbai, atau…..??

Ternyata formulir yang harus saya tanda tangan adalah bukti saya diperbolehkan masuk atau izin VoA saya keluar!!! horeee mode jingkrak, akhirnya!!

Surat yang saya tandatangani ini adalah slip untuk pembayaran VoA, saya dipersilahkan keluar dan menuju kaunter pembayaran yang letaknya tidak jauh dari ruang pengajuan VoA.

Masuk India dengan VoA cukup mahal, 60 usd, untung saya sudah siapkan dari tanah air. Dengan cepat slip bukti pembayaran sudah berada di tangan, dan sayapun bergegas ke pemeriksaan paspor.

Setelah itu…. jedug.. jedug!!! suara merdu yang selalu saya tunggu2 !!, tanda paspor saya di stempel. Walau petugas tetap berwajah dingin, saya tersenyum lebar hehehe. Sebelum pergi saya sempat bertanya, berapa minimun uang jaminan yang harus saya persiapkan. Jawabannya singkat, tergantung lama saya berada di India, regulasi mengharuskan minimun uang jaminan sebesar 10.000 rupee setara 500 usd, tapi itu bukan mutlak.

Sementara untuk lamanya pengajuan VoA, jika dihitung mulai saya berdiri hingga mendapat stempel, waktu yang saya habiskan tidak terlalu lama sekitar 20 menit. Waktu yang lama adalah saat menunggu di ruang interview, karena untuk menulis formulir dan pada saat disetujuinya isian formulir tidak lebih dari 5 menit.

Nah mari kita hitung, jika seorang pelancong yang mengajukan VoA menghabiskan waktu 20 menit bisa dibayangkan jika saya saat itu tidak gesit untuk berdiri paling depan dan akhirnya jadi berada di barisan panjang yang mengular. Karena saat keluar dari ruangan interview, jumlah pengantri saya perhatikan ada sekitar 50-60 orang. Terbayang jika saya berada paling belakang… beeeuh bisa berjam-jam menunggunya.

18 Tanggapan to “Catper Mumbai 2 : Stempel VoA Mumbai”

  1. salam..
    perkenalkan saya nisa.. mas, saya berencana mau ke india bulan febuari ini kebetulan saya dapet undangan temen untuk berlibur dirumahnya.. sayaaa deg deg gan juga ini yah masalah uang, maklum ank kuliah.. nah yg mau saya tanya itu..
    1. saya harus bawa rekening bank atau uang tunai yang minim 10.000 rupe itu?
    2. mas naik pesawat apaaa??
    3. saya kan gak nginep di hotel tpi di rumah dia.. jadi bagaimana yah??
    makasih sangat yah mas.. saya tunggu balesannya loh..
    sukses n happy trip yah..

    • 1. Bawa ajah, 10.000 rupee atau setara 500 usd, atau kalau cuman bawa di abwa itu, tunjukin ajah kartu debet, kartu kredit, atau kalau ngga punya kartu kredit, tunjukin BCA, Mandiri atau kartu apa aja yang ada logo VISA, Mastercard, dll

      2. Pakai Air Asia dari Kuala Lumpur

      3. Buat surat undangan dari teman kamu di India dalam bahasa Inggris, lebih bagus bahasa India dan ada pernyataan jaminan hidup selama di India (akomodasi dll).

  2. Salam

    wah info yang sangat bermanfaat
    kebeneran saya mau berkunjung ke India via Mumbai tanggal 7 Feb nanti.

    oh iya Pas Photonya ukuran berapa yah? atau bebas saja?

    terima kasih

  3. saya ingin bertanya berapa baged untuk pergi ke india dan mengurus visa on arrival juga uang yang dibawa biar tidak dipersulit? saya ingin gabung dengan teman saya yang travelling disana tetapi saya tidak mengerti untuk mengurus visa. apa aja syarat”nya dan bagaimana jika tidak bisa bahasa inggris? apakah masih bisa untuk ke india?

  4. wawa umbara m Says:

    infonya pengalamannya sangat berguna,, apalgi bagi yg pertama mau ke india.. jadi ga bingung lg setibanya di india, karena ke india sudah VOA…

  5. iya, ukuran pasfoto nya berapa n background wasna apa ?? Thx

  6. penerbangan air asia dr KL ke mumbai udah gak ada lagi pak. Ad alternatif penerbangan murah kesana?

    • lontong.stroong Says:

      coba dari indonesia pake air asia ke singapura. dari singapura ke indihe (cth delhi) pake indigo (LCC indihe). Biasanya ga terlalu mahal, sama kek air asia yang pas ke sono

  7. Mas mau tanya bagaimana bila kita menikah dan menetap di sana, tau ndak syarat apa yang harus kita penuhi (warga indonesia)? harus bikin visa kedubes india di Indonesia atau pake VOA aja? mohon jawabannya mas…maturnuwun….

  8. atau kirim jawaban mas ke email saya denisa.soleha@gmail.com. karena saya butuh sekali info dan jawaban dari mas yang sudah berpengalaman ke india. ini adalah first destination saya, mohon dengan sangat jawabannya🙂

  9. Saran saya bagi yang tinggal di jakarta sebaiknya urus visa ke embassy india saja sebelum berangkat. Jadi pas sampai kita tidak deg-degan urus VOA.

  10. Penerbangan ke mumbai bisa coba ke website : cheapair atau cleartrip. Website ini menawarkan banyak pilihan waktu, harga tiket dan airline. Tinggal kita pilih mana yang sesuai dengan jadwal kita. usahakan transitnya tidak terlalu mepet untuk berjaga-jaga pesawat yang berangkat terlambat. Terakhir saya naik garuda transit di Sigapore hanya 1 jam 15 menit. Untung tidak terlambat berangkatnya. Itupun petugas bandara sudah menjemput saya sewaktu turun dari pesawat untuk diantar ke terminal berikut dimana pesawat saya JETAIRWAYS dan langsung boarding.
    Semoga bermanfaat

  11. I know this web site provides quality dependent articles or reviews and extra data, is there any other site which gives
    these things in quality?

  12. Actually no matter if someone doesn’t know then its up to other visitors that they will help, so here it occurs.

  13. I’ve been surfing on-line more than three hours nowadays, yet
    I never found any fascinating article like yours.
    It is lovely value enough for me. Personally, if all webmasters and bloggers made
    excellent content as you probably did, the internet shall be a lot more helpful
    than ever before.

  14. kalo kita mau ke india, tp bikin voa-nya di kedubes india yg di indonesia bisa ga sih?

  15. Mas, bulan February besok saya mau berangkat ke India, saya mau Tanya beberapa informasi donk:
    1. Lebih mudah VoA atau di Jakarta?
    2. Kalau menggunakan Surat rekomendasi Dari teman di India apakah nantinya mempermudah pembuatan VoA?
    3. Apakah saya Harus menunjukkan sejumlah uang ke petugas Imigrasi? Soalnya biaya hidup disana di biayai oleh teman disana.

    Terimakasih, Dan mohon dibalas ya Mas… Salam melancong..

Tinggalkan Balasan

