Ketinggalan bus di Kuil Kek Lok Si Penang

Pergi ke Penang rasanya kurang lengkap tanpa mengunjungi Kuil Kek Lok Si. Kuil ini bisa di capai dari Komtar dengan durasi waktu kira-kira 40-60 menit. Pada kunjungan pertama ke Kek Lok Si gagal total karena saat itu keasikan ke bukit Penang (Penang Hill) jadi waktunya ga keburu (terlalu malam). Kunjungan ke 2 berhasil sampai di Kek Lok Si sore hari, jam 6an sebenarnya udah tutup, petugas di sana meminta para pengunjung keluar karena waktunya sudah berakhir untuk kunjungan para turis. Cuman, saya lihat ada beberapa orang yang masih di dalam untuk berdoa, jadi saya juga ikut2an bertahan.

Berhubung saya muslim dan memang tidak berdoa kemudian saya meminta izin untuk berada di dalam kuil sampai kira2 pukul 8 karena ingin memotret, karena sudah sepi dan saya kelihatan tidak akan mengganggu maka si petugas memberi izin tapi hanya bisa memotret di luar karena ruangan dalam sudah tidak ada orang dan mau di tutup.

Yah sudah sayapun keluar dan berencana memotret dari luar, setelah keluar jreeng hari sudah gelap tapi penerangan di kuil sangat minim, kamera saya tipe yang biasa saja jadinya tidak bisa meng capture aura kuil malam hari…. tentu saja saya kecewa, tapi yah apa boleh buat saya harus buru-buru turun karena bus terakhir ke Komtar berangkat pukul 19.30, kalau telat maka saya harus pakai taksi.

Sampai di bawah ternyata benar saya tertinggal bus, jadi ajah pasrah harus menggunakan taksi, karena telanjur di Kek Lok Si iseng2 saya ke bawah menuju pasar buat wisata kuliner, dan memang di sini memang banyak orang jualan makanan (ya iyalah namanya juga pasar malam). Kembali saya harus nyengir karena ternyata semua makanan yang ada di warung-warung yang di jual, adalah jenis makanan yang tidak boleh dimakan oleh muslim😛.

Yah sutra, akhirnya saya berjalan mencari taksi karena hampir satu jam menunggu tidak ada bus yang lewat, berarti bus terakhir sudah lewat. Jam 9 malam hari makin larut ketika sedang menunggu taksi dari jauh ada bus Penang Rapid lewat, otomatis tangan saya melambai, tapi bus tidak berhenti, bujuug belagu neh sopir dalam hati, ternyata oh ternyata saya menyetop bus bukan pada tempatnya, bisa Anda tebak sayapun terpaksa lari-lari mengejar bus.

Jadi inget di Jakarta ngejar-ngejar bus… ngga di negeri sendiri ngga negeri orang naik bus ajah kudu ngejar-ngejar. Pokonya saya lari cepat, membuat orang-orang di sekitar pasar terbengong-bengong melihat betapa cepat saya berlari😛 orang yang aneh begitu pikir mereka. Akhirnya bus berhenti di perhentian bus, dan huuup sayapun masuk, sambil mengatur nafas karena ngos-ngosan sehabis berlari, segera saya masuk dan mengeluarkan uang untuk membayar, setelah masuk saya baru sadar bus ini beda jalur tidak menuju komtar…. arrrghhh…

Sekilas Kuil Kek Lok Si

Jika Anda pergi ke Penang, pastikan Anda untuk mengunjungi Kek Lok Si . Kuil ini merupakan salah satu kuil tua yang menjadi tempat penting bagi daya tarik wisata di Penang. Letaknya di Bukit Kwok San dan merupakan kuil bagi penganut agama Budha dengan bangunan arsitektur yang merupakan kombinasi dari seni banguan China serta Thailand.

Setiap bangunan di rancang dan di desain indah terutama pada ukiran dan pahatan di dinding-dinding kuil. Diatas bukit di bangun pula pagoda dan patung Budha yang mempunyai ketinggian sekitar 100 kaki. Sejarah mencatat bahwa kuil ini dibangun pertama kali pada tahun 1890.

Pengerjaannya di lakukan secara bertahap misalnya seperti pada tahun 1930 bagian dari 7 lantai utama pagoda kuil atau pagoda dari 10.000 Buddha selesai dibangun. Kemudian pembangunan di lakukan hingga selesai pada tahun 1931 dan menjadikan kuil ini sebagai kompleks kuil Budha terbesar di Asia Tenggara. Kek Lok Si pun kemudian disebut pula sebagai kuil Agung (menurut bahasa Penang Hokkien) atau Temple of Sukhavati (menurut Cina Tradisional). Daya tarik dari kuil ini adalah adanya patung besar Dewi Kwan Im yang berdiri tegak dengan sikap yang anggun dan berkesan damai.

Cara menuju kesini gunakan bus dari Komtar atau dari Pengkalan Weld Penang.

Lebih lengkapnya lagi Kek Lok Si dan obejek wisata yang ada di Pulau Penang bisa Anda lihat semuanya di buku Travel City Destinasi Bangkok, Penang & Saigon

Silahkan unduh dengan mengklik tautan ini :Rview Travel City

12 Tanggapan to “Ketinggalan bus di Kuil Kek Lok Si Penang”

  1. kabiasaan pisan nungguan bus bukan di halte ni si akang!
    nuhun kang inpohnya, Penang is my nex trip destination

  2. weleh weleh karunya pisan ampe ngos2an, salah pula, tolong donk info brp tiket ke penang, murah tdk??? soalnya kuilnya ok punya , gmn plan trip phuket?? dapat tiket murah????

  3. wah, trima kasih infonya kebetulan saya dan 1 rekan sudah booking tiket Jkt-penang januari besok. pesawat berangkat pagi dan besoknya melanjutkan perjalanan ke KL dengan bus. Anyway, dengan jadwal 1 hari 1 malam gitu ke kejar ngga yake Penang Hill dan Kuil ini? “target” utama saya memang Penang Hill sih. Trus, hmmm…rekomen tempat menginap :p (browse Tune Hotel kok ya jatuhnya jadi mahal), saya belum booking penginapan. This going to be our first visit. Thank you inputnya

    • Penang Hill di renovasi sampe Nov 2010, mudah2an Januari sudah bisa di buka untuk umum, siang hari sampe sore bisa kekejar kok Kek Lok Si dan Penang Hill, 2 tempat ini satu arah, jadi bisa di datangin sekaligus…

  4. Pada waktu aku duduk dibangku sekolah di Jepang,sangat kejam dan brutal.Tetapi untuk beribadah itu sangat tenang.

  5. Pecah perang semakin brutal dan merajalela malah aku semakin bersamangat mencari nafkah dan beribadah.

  6. siti patimah Says:

    punteeen,,,
    mau nanya donk,,,
    saya mau brangkat tgl 5 besok,,,
    yg 199rb teh timana nya???
    soalna saya di batam kang, rencananya mau naik kapal fery, enaknya sih k S’pore heula trus k penang nya???
    hmmm…tp naek na ti mana nya??? apa ti Johor wungkul bis na???
    memberanikan diri olangan deuih,,, hehehe

    • Batam – Johor – Kl – Penang bisa, kalau via Sing nanti lama lagi di imigrasi tapi terserah seh, yang pasti dari Johor nanti ke terminal bus Larkin dulu, baru ke KL lanjut ke Penang

  7. nyesel ngak ke kuil kek loksi ,padahal saban minggu ke penang, maklum takut sama patung kwan im nya yang gede….banget….masih ada yaa….

  8. I’ve learn a few just right stuff here. Definitely price bookmarking for revisiting.
    I surprise how a lot effort you put to create this type of wonderful informative web
    site.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: