Jangan ngaku ke Saigon kalau belum nyoba ini

Ngomong2 soal kuliner di Saigon ada beberapa jenis kuliner yang wajib di coba yaitu :

1. Pho (Mie Kuah): Pho atau dalam ejaan bahasa Indonesia fe’ adalah sejenis mie kuah yang mengunakan beras sebagai bahan dasarnya. Berbeda dengan masakan mie buatan China atau Jepang, mie kuah khas Vietnam ini di sajikan dengan mencampurkan toge dan daun kemanggi. Kedua bahan pendamping ini yaitu tauge menimbulkan rasa segar serta daun kemangi membuat masakan ini menjadi wangi sehingga menimbulkan cita rasa yang unik. Mie Pho di Saigon wajib Anda coba!!

Tidak pagi, siang, sore hingga malam beginilah warga kota Saigon mengerubuti pedagang Pho

2. Lumpia (Goi Cuon/Cha Gio) : Lumpia atau disana disebut Cha Gio (lumpia goreng) dan Goi Cuon (lumpia salad).

Lumpia yang bukan springroll, soalnya ngga di gulung, tapi teteup nikmat. Di makan dengan sayuran dan kuah yang rasanya bisa bikin lidah bergoyang

Ibu Vietnam lagi masakin lumpianya, pakaian si ibu itu bukan piyama loh tapi baju khas Vietnam

Menikmati lumpia di sisi jalan, nikmat cuman 6000 Vnd, bumbu pedasssnya maknyussss

3. Kopi Vietnam: Kopi Vietnam menjadi unik karena penyajiannya mengunakan dip atau alat saring. Caranya bubuk kopi di taruh di atas penyaring, kemudian di tuang air panas. Air yang mengental karena meresap dalam bubuk kopi kemudian menetes sedikit demi sedikit melalui dip ini. Setelah beberapa menit terjadi cairan kenal kopi Vietnam yang siap di minum. Biasanya kopi ini ditambahkan susu kental manis panas atau sebagai pilihan di tambahkan es batu.

Sajian kopi khas Vietnam, tampak kopi sedang dalam “proses” menetes dari dip ke gelas. Di sampingnya ada air dengan sedikit teh untuk menetralisir lidah, di sebelahnya ada campuran susu dan es batu

Cafe Trung Nguyen untuk kelas papan atas

Cafe Trung Nguyen untuk kelas papan bawah

Selain kuliner di atas, cobalah merasakan beberapa makanan “aneh” yang bisa di temui di daerah suburban atau jalan jalan kecil sudut perumahan kota Saigon. Makanan “aneh” berupa goreng kalajengking, belalang dan segala macam “bug” kadang suka di temui.

Pokonya jangan pernah ngaku ke Saigon kalau tidak mencicipi kuliner khas Vietnam tersebut yang pasti kuliner di Saigon termasuk murah. Contoh harga Pho semangkuknya kira-kira 10.000 Vnd atau 5000 perak, ngga jauh beda dengan mie ayam yang kalau kita beli di abang2 gerobak di Jakarta, yang sekitar segitu juga harganya.

Secangkir kopi terkenal khas Vietnam di pinggir jalan sekitar 6000-8000 vnd dan kalau ngopi di Trung Nguyen Coffe kena saji 20.000-30.000 vnd.

Murah banget, karena minum kopi terkenal Nguyen di Cafe yang menyajikan minuman ini di derah Kemang Jakarta Selatan, kita bakalan meringis karena harganya bisa mencapai 3-4 x lipat harga secangkirnya.

Malam hari adalah malam pesta Sea Food, di sekeliling pasar Benh Than Market jalanan berubah menjadi arena jajanan kali yang menjual berbagai macam hidangan dari jenis ikan laut yang dominan menjadi makanan Sea Food, ayam goreng hingga Chinnese Food.

Kuliner Seafood dan masakan kangkung, yang membedakan dengan makanan Indonesia adalah rasa bumbunya yang aneh tapi enak

Makanan yang kalao di Jakarta udah susah di dapat, disana banyak yang kaya ginian… *jadi pengen lagi neh*

Minuman yang ada di box kaca bikin ngecesssss

Jauh-jauh ke Saigon, beli bubur kacang…. tapi emang enaaak kok

Kalau kuliner yang kaya jajanan pasar tradisional di Indonesia juga banyak, ada talas rebus, ketan, bubur kacang, manisan buah dan banyak lagi bisa di temui di beberapa sudut kota. Di daerah Bue Vinh, nongkrong disisi jalan sambil menikmati semangkok mie hangat dan secangkir kopi panas akan menambah sensasi dan pengalaman sendiri.

Ini namanya roti baquet, khasnya Vietnam, bisa dengan Pho atau sambil ngopi…….. kebayang deh nendang endangnya

2 Tanggapan to “Jangan ngaku ke Saigon kalau belum nyoba ini”

  1. harman Hadiprodjo Says:

    Vietnam negara yang unik Dan menurut saya sangat2 friendly orangnya Dan yang penting makananya Murah, Kopi susunya sedap, apalagi belanjanya

  2. haloo mas, wah seru banget dapet info kuliner nih..ANyway itu semua yang mas makan halal kah? Kalo cari makanan halal di Ho chi minh susah gak? ada rekomendasi tempat makan kah? Aku stay di Pham Ngu Lao street untuk April mendatang. Thanks infonya yah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: