Sekilas Saigon

Kota Ho Chi Minh (bahasa Vietnam: Thành phố Hồ Chí Minh), adalah kota terbesar di Vietnam dan terletak dekat delta Sungai Mekong. Dahulu namanya Prey Nokor (bahasa Khm, dan saat itu kota ini merupakan pelabuhan utama Kamboja, yang kemudian ditaklukkan oleh bangsa Vietnam pada abad ke-16.

Namanya kemudian berubah menjadi Saigon hingga berakhirnya perang Vietnam, dan dijadikan ibu kota koloni Perancis Cochinchina, dan ibu kota Vietnam Selatan dari 1954 hingga 1975. Pada 1975, Saigon digabungkan dengan provinsi Gia Định di sekitarnya dan diubah namanya menjadi Kota Ho Chi Minh (meskipun nama Saigon masih sering digunakan) *wikipedia*.

Sejak di bukanya rute Air Asia Jakarta – Saigon, kota ini menjadi lebih mudah di akses oleh para pelancong dari Indonesia. Asal dapat tiket murah promo dengan uang tidak lebih dari setengah juta-an kita sudah bisa pergi dan pulang dari Jakarta.

Biaya hidup di Saigon buat backpacker yang ingin hemat bujet cukup murah. Penginapan kelas dormitory di mulai dari 7$ dan untuk private room di mulai dari 15-18$. Pengunaan uang di sana ada 2 yaitu dengan dollar US dan Dong (vnd). Kursnya (Juli 2010) 1000 Indonesian rupiahs = 2.196 Vietnamese dong, 1000 rupiah kurang lebih 2000-an dong.

Ada banyak objek wisata di Saigon yang bisa di kunjungi, yang pasti icon wisata disana rata-rata sarat dengan nuansa sejarah kelam masa lalu Saigon yang pernah menjadi ajang perang Vietnam tahun 1970-1976an. Jadi objek wisata tidak jauh dengan museum dan peninggalan kisah perang masa lalu.

Berikut objek wisata luar kota yang paling sering di kunjungi
Cao Dai Temple
Tur Vietcong Cu Chi Tunnel
Tur sungai Mekong Delta *tidak rekomen*

Sementara objek wisata di dalam kota meliputi
Gedung Persatuan (Reunification Palace)
Museum mengenang perang Vietnam (The War Remnant Museum)
Arsitektur Gereja Katedral (The Notre Dame Cathedral)
Gedung Kantor Utama Pos (The General Post Office)
Balai Kota (City Hall)
Pasar Utama Benh Than (Benh Than Market)

Untuk luar kota sebaiknya pakai tur dan memang harus pakai tur kalau sulit mengunakan angkutan umum ke tempat2 itu. Banyak tempat tur di kawasan Bue Vinh dan Phang Ngu Lao yang bertebaran. Harga bersaing silahkan pilih dan tawar semampu Anda. Sementara objek wisata di dalam kota bisa di jelajahi dengan berjalan kaki kalau suka jalan, kalau ngga suka jalan sewa motor yang banyak di rentalkan di daerah Bue Vinh dan Phang Ngu Lao.

Galeri Foto Objek Wisata di Saigon
Cao Dai

Bangunan Cao Dai tampak depan, Cao Đài berarti “tempat yang tinggi” atau hariahnya di tempat tertinggi dimana Tuhan berada. Arsitekturnya, merupakan percampuran dari kuil Jepang, Cina, dan arsitektur lokal.

Vietcong

Vietcong

Seorang Vietcong “modern” memperagakan bagaimana dulu tentara Vietcong bersembunyi dari tentara Amerika yang memburunya

Tur Mekong Delta

Tur Mekong Delta

Emang kreatif, sungai coklat butek gini bisa jadi tempat wisata orang, padahal di Indonesia sungai butek ada di mana-mana😛. Apalagi pas bulan Januari ketika musim banjir tiba.

Katedral Notre Dame

Katedral Notre Dame

Katedral Notre Dame, konon menyerupai Katedral Notre Dame di Perancis dan sebagian bahan bakunya di ambil dari sono *luar biasa*

Post Office

Post Office

Post Office, gedung peninggalan jaman penjajahan ini di fungsikan sebagai kantor pos, cocok buat yang suka sejarah ama arsitektur

War Remnant Museum (Museum Peninggalan Perang)

War Remnant Museum (Museum Peninggalan Perang)

Benh Than Market

Benh Than Market

Terakhir jangan lupa belanja di Benh Than Market, paling sering yah beli kaos bergambar bintang atau wajah Uncle Ho (Ho Chi Minh). Di pasar ini banyak juga pernik dan souvenir seperti gantungan kunci, magnet kulkas dan lain sebagainya.

3 Tanggapan to “Sekilas Saigon”

  1. blogwalking… nice blog. thx your info

  2. infonya sangat bermanfaat ^_^ mari berwisata bersama Dunia Wisata Singosari Malang

    jangan lupa mampir di http://www.duniawisataku.com kami melayani jasa tour pariwisata dalam dan luar negeri.. bagi yang berada di malang bisa datang langsung ke Jl. Kembang No.8 Singosari Malang. atau call di 0341-456444

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: