Aman perjalanan bus malam Pontianak – Kuching??

Aman dan nyamankah perjalanan bus malam??

Terutama jika yang ingin melakukan perjalanan ini adalah seorang wanita traveler yang bepergian seorang diri. Saya rasa rute ini cukup aman bagi mereka (wanita) traveler yang akan melakukan perjalanan dengan rute ini. Parameternya dari tahun 2004 hingga tulisan ini saya buat saya belum menemukan berita tindak kriminal yang menimpa siapapun yang bepergian dengan jalur ini. Walau begitu ukuran aman bukan saja di tentukan oleh ada atau tidaknya tindak kejahatan.

Ada beberapa faktor lain yang bisa di urai atau ditinjau agar siapapun yang akan bepergian dengan mengunakan rute Pontianak – Kuching bisa selamat sampai tujuan. Beberapa kategori yang bisa di katakan aman itu seperti aman dengan bagasi (Backpack, daypack), aman tidur di dalam bus, aman meninggalkan barang-barang ketika bus berhenti untuk makan siang/malam.Juga apakah aman ketika kita berdampingan duduk dengan penumpang lain yang tidak kita kenal.

Aman di perjalanan

Waktu tempuh atau jarak antara Pontianak dan Kuching di capai dalam waktu durasi sekitar 8-9 jam. Sementara jarak antara Pontianak ke Kuching adalah -/+ 460 Kiloan. Jarak dari kota Pontianak ke Entikong (perbatasan) sejauh 350 km.

Dalam musim hujan dengan kondisi jalanan basah maka kecepatan bus akan berkurang sehingga waktu tempuhpun menjadi lama. Sementara jika pada siang hari dalam kondisi cuaca kering tanpa hujan serta di dukung sopir bus yang piawai dalam mengendalikan bus bisa jadi waktu tempuhnya di capai antara durasi 6-7 jam di luar bus istirahat (-/+ 30 menit serta imigrasi -/+ 1 jam-an). Bus akan berhenti beristirahat selama satu kali kira-kira tengah malam untuk memberi kesempatan pada penumpang untuk makan malam atau ke toilet.

Demikian pula bus akan berhenti untuk makan siang untuk jadwal keberangkatan pagi hari. Jika menyimak beberapa traveler blog, forum diskusi traveler atau sumber-sumber lain seperti koran-koran online rasanya belum atau tidak terdengar berita tindak kejahatan kriminal seperti perampokan penumpang bus, pencurian atau hal-hal lainnya yang pernah terjadi.Artinya ini indikasi bahwa perjalanan dengan bus malam antara Pontianak dan Kuching cukup aman untuk di jabani.

Aman dengan barang

img_0112Hal yang paling rentan dalam keamanan di dalam perjalanan bus malam itu adalah pencurian barang/tas. Ini bisa terjadi jika penumpang lalai dalam menjaga barang berharganya.

Beberapa kejadian atau tindakan kejahatan di atas bus adalah ketika penumpang tertidur pulas dan ada niat jahat dari penumpang lain yang mengambil kesempatan dengan mencuri atau mengambil barang berharga Anda. Yang perlu di perhatikan adalah pisahkan barang berharga Anda ke dalam tas kecil/daypack dan selalu menjaga tas tersebut.

Tas bisa di dekap sambil tidur atau di atruh di sela-sela kaki. Sementara agar tidak memenuhi tempat Anda duduk tas ransel bisa di taruh atau di simpan di bagasi bus. Waspada juga dengan penunpang lain yang tidak Anda kenal, menolak pemberian minum atau makanan dari penumpang lain memang kurang sopan tapi hal tersebut adalah tindakan bijak agar Anda terhindar dari masalah seperti peracunan melalui minuman kemasan. Jangan tertidur pulas dengan tampa pengawasan barang berharga Anda seperti kamera, handphone, dompet dan barang berharga lainnya.

Penumpang yang baru di kenal bisa jadi teman yang menyenangkan dalam perjalanan. Tapi tetap waspada dengan orang yang baru saja Anda kenal. Asas praduga tak bersalah tetapa harus Anda pegang, hal ini untuk mengantisipasi atau menghindar hal-hal yang tidak diinginkan.

Tips Aman dan nyaman

Beberapa tips lain yang mungkin bisa Anda terapkan agar perjalanan dengan bus malam dapat berjalan dengan lancar.

1. Berdoa sebelum berangkat semoga perjalanan di lalui dengan lancar.

2. Membeli makanan atau minuman untuk persedian di atas bus.

3. Menjaga dan waspada dengan barang berharga.

4. Bisa mandi atau berseka dahulu untuk kesegaran dan tidak mengganggu penumpang lain.

5. Jangan berdandan atau berpakaian yang mencolok mata karena berpotensi Anda menjadi korban tindak keriminal.

6. Beli tiket lebih awal agar Anda bisa memilih tempat duduk yang nyaman. Pilihlah tempat duduk di tengah untuk kenyamanan selama perjalanan. Memilih tempat duduk yang psosinya pas di atas roda kurang tepat karena selama duduk Anda akan ter’lempar’ atau ter’banting’.

7. Minum obat anti mabuk jika Anda tipe orang yang mudah mabuk perjalanan.

8. Memilih kelas bus adalah pilihan Anda, jika membeli kelas SE (Super Executive) atau Executive tentunya ada perbedaan dalam pelayanan dan kenyamanan.

9. Bersyukur kepada Tuhan YME jika Anda sudah tiba di tujuan dengan selamat.

10. Hubungi saudara, teman atau orang yang Anda percaya nama bus, nomer polisi bus, jadwal keberangakatan dan tiba agar jika terjadi masalah atau sesuatu yang tidak di harapkan Anda bisa segera mendapat bantuan atau pertolongan dengan cepat dan mudah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: