Apa Itu NPWP?

Apa Itu NPWP?
Istilah NPWP nampaknya sekarang sudah semakin populer di masyarakat. Ini tak lain karena gencarnya iklan yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak tentang kewajiban untuk ber NPWP. “Punya penghasilan tapi tidak punya NPWP? Apa kata dunia?” Saya kira hampir semua kita sudah pernah melihat iklan itu.
NPWP sendiri adalah kependekan dari Nomor Pokok Wajib Pajak. NPWP digunakan sebagai sarana administrasi dalam pemenuhan kewajiban dan hak masyarakat Wajib Pajak. Fungsinya mirip-mirip dengan KTP atau SIM, Cuma beda tujuannya saja. Nah, jika seseorang atau badan sudah memiliki NPWP, maka ia akan masuk ke dalam sistem administrasi perpajakan Indonesia.

Dengan demikian, secara formal, Wajib Pajak nantinya harus melakukan pelaporan-pelaporan pajak sesuai dengan jenis-jenis kewaibannya.Jenis-jenis kewajiban pajak ini bermacam-macam. Ada yang disebut PPh Pasal 25/29, PPh Pasal 21, PPh Pasal 22, PPh Pasal 23, PPh Pasal 4 ayat (2) serta ada juga kewajiban PPN.

Masing-masing orang atau badan berbeda-beda kewajibannya sesuai dengan kondisinya masing-masing. Untuk badan misalnya, kewajiban pajak hampir meliputi semua jenis kewajiban tersebut. Untuk orang pribadi yang melakukan kegiatan usaha, kewajiban pajaknya biasanya adalah PPh Pasal 25 bulanan, dan pelaporan SPT PPh Tahunan. Kalau dia punya karaywan, kewajibannya juga meliputi PPh Pasal 21. Bagi orang pribadi yang statusnya hanya sebagai karyawan, kewajibannya hanya menyampaikan SPT Tahunan setiap tahun.

Mungkin banyak di antara Anda yang bertanya, siapa yang harus memiliki NPWP. Berdasarkan ketentuan, setiap badan (PT, CV, Yayasan, Koperasi dsb) wajib memiliki NPWP. Sedangkan untuk orang pribadi, yang wajib memiliki NPWP adalah orang yang penghasilannya dalam satu tahun melebihi jumlah tertentu yang disebut Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP). Tulisan ini hanya pengantar untuk mempelajari lebih mendalam tentang pajak di Indonesia. Tulisan-tulisan berikutnya akan membahas masing-masing jenis kewajiban pajak tersebut.

disadur dari dudiwahyudi.com

11 Tanggapan to “Apa Itu NPWP?”

  1. saya mau tanya. APakah NPWP itu ditujukan untuk orang yang sudah bekerja saja? bagaimana saya yang punya pekerjaan paruh waktu? terima kasih.

  2. npwp bisa di punhai siapa saja, kerja paruh waktu juga kerja bukan… kecuali kerjanya nya ngga dapat uang ngga ada yan harus dipotong pajak

  3. salam,
    apa benar mulai sejak awal tahun 2009, kalau kita punya NPWP bisa bebas fiskal? saya baca di salah satu koran ada berita kebijakan baru seperti itu.. terima kasih..

  4. Iya beritanya benar 2009 bebas fiskal bagi yang udah NPWP kalau pemerintah konsisten dengan aturan

  5. Roni Santoso Says:

    Hi..
    Saya baca, tidak semua yg mempunyai NPWP akan bebas fiskal, yg bebas fiskal adalah NPWP perorangan. Bagaimana untuk mengetahui NPWP yg dimiliki adalah NPWP perorangan ? saya dengar, NPWP yg dikolek pembuatan`nya oleh perusahaan bekerja belum tentu itu adalah NPWP perorangan

  6. Orang Tua saya bayar Pajak Bumi dan Bangunan. apakah mereka berhak mendapat NPWP?

  7. rudy syamsir Says:

    bagaimana caranya untuk mengetahui nomor NPWP. kartu saya hilang, thks

  8. ngapain pake npwp….
    bayar pajak segala klo akhirnya di korup sama aja ngasih makan pencuri, sementara rakyat yang harusnya bisa sejahtera dengan adanya pajak pi kenyataannya malah pada mlarat…. yaahhh ini ungkapan kekesalan q sebagai anak bangsa yang melihat pejabat2 bangsat yang suka korup…

  9. ))sang koruptor Says:

    emng NPWP untuk penghasilan berapa sich??

  10. This is my first time pay a visit at here and i am actually pleassant to read everthing
    at alone place.

  11. Aw, this was a very nice post. Spending ssome tike and actual eeffort
    to creeate a top notch article… but what can I say… I procrastinate a lot and
    never manage to get anything done.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: