Membuat paspor baru

Tidak sulit untuk mengajukan pembuatan paspor baru, anda tinggal mendatangi kantor imigrasi di kota anda. Biaya dan tatacara pembuatan di berbagai kota di Indonesia akan berbeda-beda baik proses lamanya pembuatan serta prosedur untuk mendapatkan paspor tersebut.

Tapi secara garis besar untuk membuat paspor diperlukan beberapa dokumen seperti
1. KTP asli dan fotokopi atau identitas lainnya milik pemohon
2. Kartu Keluarga (KK) asli dan fotokopi
3. Akte Kelahiran asli dan fotokopi
4. Materai senilai 6000 rupiah
Tambahan lainnya :
1. Surat Sponsor atas nama pemohon
2. Akte pernikahan jika diminta
3. WNI/SKKRI/SBKRI jika diminta
4. Surat Keterangan Pergantian Nama
5. Surat tanda tamat belajar jika diminta
6. Surat Keterangan Sudah menikah jika diminta

Untuk perpanjangan atau kehilangan dokumen yang diperlukan sbb
1. Paspor Lama (bagi yang sudah pernah memiliki paspor lama)
2. Surat kehilangan dari kepolisian setempat
Biaya pembuatan paspor variatif tapi umumnya ditetapkan biaya-biaya per item sbb :

  1. Formulir  (map+blanko) Rp. 5000,- / Rp. 10.000 (tak perlu kaget bila di map tertulis “surat ini dapat diambil secara cuma-cuma (gratis)”)
  2. Foto biometric Rp. 55.000,-
  3. Sidik jari Rp. 10.000,- (Dibeberapa tempat bisa Rp. 5000,- hingga Rp. 15.000,-)
  4. Pembayaran paspor Rp. 200.000,-

Total Rp. 270.000,- (untuk pembuatan Januari tahun 2007, untuk masa kini silahkan lihat kembali berapa biaya untuk pembuatan paspor di kantor imigrasi di kota anda)

8 Tanggapan to “Membuat paspor baru”

  1. untuk durasinya berapa lama ya ?

  2. minta ijin masukin ke blog ya…

  3. Kenyataan pembuatan pasport tidak segampang yang diberitakan.
    Banyak liku-liku, banyak calo-calo berseragam.
    Bertanya ke petugas juga malah kena calo.
    Pokoknya yang penting harus ada duit lebih, baru diproses cepat oleh Petugas. kalo cara resmi lamaaaaaaa banget
    Mohon pihak KPK untuk bertindak

  4. yang paling enak minta ijin biro jasa aja… tarif resmi pasport sekarang sekitar Rp 275.000,- belum termasuk biaya yang disebut diatas map, formulir, dsb.. dah gt bisa 3 – 4 kali bulak balik ke imigrasi. kalau lewat biro jasa kemaren aku dapat harga Rp 480.000 dah terima beres. cukup dateng sekali.

  5. @ Rin : kalo lwat biro jasa, itukan hanya dateng sekali, jd maksudnya hari itu juga langsung jadi, apa kita harus balik lg yg kedua kali untuk ngambil passportnya?
    c0z aq mo yg cepet” aja niy rin…
    kira” skrg brapa ya?
    dtgu informasi nya iaaaa

    tx b4

  6. @ rin : sori rin, ada yg lupa
    idem sama kya mirza, 480 buat dmna ia?
    tolong email k aq y rin : arimbi_handayani@yahoo.co.id
    plizZzzzz rin….gw tgu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: