Review : Penginapan itu bernama Redpalm (Kualalumpur)

Penginapan itu bernama Redpalm

Redpalam sebuah penginapan sekelas guesthouse / hostel. Penginapan yang menarik karena mendapat award dari Hostelworld pada tahun 2006. Hostelworld adalah sebuah jaringan waralaba yang mengorganisasikan semua hotel-hotel dari seluruh dunia. Tentunya hotel-hotel yang terdaftar sebagai member. Di situsnya kita bisa melihat, memilih atau memesan kamar secara online yang semuanya di kendalikan oleh pengelola Hostelworld. Redpalm salah satu penginapan yang terdaftar sebagai anggota dari jaringan ini dan mendapat penghargaan untuk kategori guesthouse yang memberikan pelayanan dan kepuasan yang paling baik kepada pelanggan, terpilih dari dari sekian ratus hotel dan guesthouse yang ada di seluruh dunia. Untuk mengetahui lebih jauh tentang Redpalm silahkan buka http://www.redpalm-kl.com/ .

Bukan bermaksud promosi. Saya tidak ada hubungan dengan penginapan ini. Kebetulan sebelum terpilih oleh Hostelworld saya pernah menginap ditempat ini. Jikapun saya mereview tempat ini karena tempat ini sangat cocok buat saya. Mungkin juga bisa menjadi alternatif bagi anda yang tengah atau mencari penginapan/hotel berbudget rendah dengan pelayanan yang menyenangkan. Saya sebut menyenangkan. Konsep yang diusung penginapan ini cukup sederhana. Yaitu para turis atau pengunjung disini bisa merasakan suasana seperti di rumah sendiri. Hotel ini menjadi kesukaan bagi para turis “backpacker” atau para independent traveller.

Backpacker, seperti pada umumnya selain mencari penginapan dengan biaya murah, mereka kadang memilih tempat yang “hommy“. Suasana “rumahan”lah yang biasanya ingin dirasakan. Penginapan seperti ini ada plus minusnya. Konsekwensinya tentu saja ada. Tidak ada bell boy, atau pegawai yang akan membawakan tas anda. Tidak ada office boy yang bisa disuruh2 untuk membeli makanan kecil, rokok dsb. Semua kenyamanan yang yang biasanya dirasakan dihotel kelas berbintang tentu saja tidak ada disini.

Jika ingin minum atau minimal “ngopi”, pihak penginapan sudah menyediakan semuanya. Dari microve, pemanas electonik maupun kompor. Hanya saja bahan makanan seperti mie instant, roti sanwidh atau bahan buat “ngopi, susu atau teh sachet semuanya harus kita beli dulu. Ada juga kulkas dimana kita bisa menyimpan makanan atau minuman kita. Selain kulkas ada pantry kecil yang, tersedia piring, mangkok hingga gelas yang boleh kita pergunakan. Selesai makan atau minum, tamu biasanya dipersilahkan mencuci sendiri bekas pakainya. Cuci sendiri?? iyah betul, piring atau gelas yang sudah anda pakai dibawa sendiri ke dapur. Cuci dan simpan kembali di rak tempat penyimpan. “Hommy” sekali khan…:)

Catatan kecil : Penginapan ini rasanya tidak cocok buat mereka yang terbiasa dilayani. Karena untuk beberapa kegiatan seperti membuat minuman atau membuat roti sandwich misalnya semua di lakukan sendiri. Pihak penginapan hanya menyediakan sarana. Bahkan jika anda ingin merebus mie atau membuat minuman jus anda dipersilahkan untuk belanja atau beli bahan-bahan tersebut. Ada lemari dan kulkas untuk menyimpan semua bahan tersebut. Tapi justru itu kelebihannya, masak dan menyiapakan makanan sendiri membawa kita seolah-olah seperti sedang berada dirumah sendiri. Tempat ini sepertinya juga cocok untuk keluarga yang membawa anak. Anak-anak pasti suka, karena seperti berada di rumah sendiri. Orangtua juga bisa bebas menyiapkan sarapan atau makan malam, karena ada dapur dengan segala fasilitasnya, sesuatu yang tidak ada dalam hotel.

Begitu memasuki penginapan ini, pertama anda harus membuka sepatu/sendal anda. Sesuatu yang tidak ada pada hotel2 umum. Begitu masuk “lobby” jangan berharap anda akan menemukan “reception desk“. Yang ada malah ruang tamu dengan sofa empuk. Lantai ruangan mengunakan parket dengan nuansa coklat. Ditengah ada TV layar lebar. Kita bisa menonton DVD pula, ada puluhan judul film yang tertata rapi di rak penyimpanan. Disisi kiri ada lemari yang berisi buku-buku seperti buat para pelancong seperti Lonelyplanet, Roughguide, novel-novel barat, majalah seperti Voque, A+, FHM dll.

Ada rak berisi permainan seperti mahyong, catur, halma kemudian juga berbagai macam kartu. Remi, domino dan berbagai macam permainan tradisional lainnya. Disisi kanan ada meja panjang. Ada 2 komputer,untuk keperluan internet. Diujung meja ada meja kerja. Meja ini untuk menerima tamu, segala administrasi untuk pemesanan dan pembayaran diselesaikan disini. Antara ruang tengah dan belakang ada dapur. Unik sekali. Ada meja untuk makan dengan lilin dan bunga berada ditengah-tengahnya. Dispenser bersebelahan dengan kulkas. Ada microwave dan rak untuk menyimpan piring, gelas dan sendok garpu.

Sebenarnya jika anda buka situsnya anda akan bisa melihat beberapa foto-foto di dalam penginapan. Yang pasti anda bisa booking secara online jika anda memilih penginapan ini untuk di inapi. Untuk kamar-kamarnya ada beberapa pilihan. Kamar tidurnya ada di pertama dan lantai 2. Ada beberapa tipe ruangan. Satu ruangan tipe dormitory. Tiga ruangan untuk double bed. Dua ruangan untuk triple bed. Semuanya mengunakan AC. Tidak banyak ruangan memang. Sepertinya penginapan ini mengutamakan kenyamanan. Untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan tas berisi barang berharga (dompet,travel cek,paspor, dokumen serta uang) bisa di taruh di loker atau dibawa saja sekalian jika bepergian. Sementara tas besar atau ransel yang berisi pakaian atau barang tidak berharga bisa di biarkan berada dalam kamar. Penginapan semacam ini umumnya menyediakan fasilitas loker atau lemari kecil dengam kunci yang dipegang kita.

Kamar mandinya dipergunakan untuk semua tamu, Sharing shower istilahnya. Tentunya bukan untuk mandi ramai-ramai. Tamu dipersilahkan mengunakan kamar mandi ini bergantian. Dibawahpun ada juga. Untuk jumlah tamu yang sedikit, 2 kamar mandi sudah cukup. Kamar mandinya sangat bersih. Ada toilet duduk dan sekat untuk mandi. Didinding kamar mandi dengan manis disusun foto-foto dalam figura yang berisi tempat-tempat wisata seperti KL Tower, Menara kembar Petronas, Genting Higland dan beberapa objek wisata lainnya. Jadi sambil “bertapa” anda bisa iseng2 melihat “promo” wisata Kualalumpur yang tertata apik di dinding kamar mandi.

Alamat situs : http://www.redpalm-kl.com/

6 Tanggapan to “Review : Penginapan itu bernama Redpalm (Kualalumpur)”

  1. gw hobby banget backpacker!! terakhir gw kliling new zealnd ampe australia 3 bulan.. tujuan gw buat ke depan adalah ke USA, and jepang juga korea. semua negara udah gw jelajahi.. nikmat banget.. tapi lumayan boros. Cuma kalo kita mau.. pasti bisa, btw.. gw selalu traveling sendiri lho…

    • salam kenal sha, gw cicilia backpacker yg terakhir keliling jawa .. wah senangnya.. bolehkah barenggg tp untuk thun depan mw tujuan kmna?

  2. hai sasha salam kenal, wah senangnya bisa keliling dunia sendiri pula, gabung ibackpackerclub@yahoogroups.com yuki biar berbagi cerita

  3. ad kamar yg toiletnya di dalam ga? kalo ga, bisa kasi saran hostel yg toilenta didalam ga?
    thx

  4. salam kenal semua senang jika mau bergabung di fb saya dejavu_blues@yahoo.com

  5. hey, salam backpacker, gbung untuk buat roup backpacker yuu🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: