Trivia Quis : Hostel & Guesthouse

Menginap di penginapan kelas “backpacker”?? Tak sedikit orang mengetahui tentang penginapan ala backpacker, banyak orang mengira penginapan ala backpacker ini tak lebih baik dari penginapan sekelas penginapan melati, padahal di beberapa kota di negara2 mana saja adakalanya penginapan ala backpacker lebih bagus, nyaman dan menyenangkan.

Masih seputar ini itunya backpacker, pertanyaanya sekarangnya adalah seputar hotel/hostel ala backpacker mungkin bisa menjadi pencerahan…setelah trivia quis tentang Paspor, Visa dan Fiskal kini kita menuju tempat yang bakal kita diami selama kita melakukan perjalanan ke luar negeri, makin banyak teman-teman kita disini yang telah melakukan perjalanan ke luar negeri dan makin banyak cerita serta pengalaman yang mungkin bisa di sharing disini, siapa tahu dengan jawaban yang beragam akan menambah wawasan, silahkan menjawab tentunya dari berbagai macam pengalaman anda beraktifitas bepergian ke luar negeri, yang dicari disini bukan pembenaran tapi keinginan untuk memperkaya khazanah otak kita….quis ini tidak berhadiah, hadiahnya yah itu tadi, anda akan semakin pintar hihihi.

Trivia Quis :

1. Apa itu Hostel/hotel backpacker ?
2. Apa itu Guesthouse (perbedaannya dengan Hotel backpacker)
3. Apa itu Dorm (Dormitory)

Hostel atau guesthouse
Penginapan ala backpacker lebih mudah dikenali dengan istilah hostel atau guesthouse. Umumnya nama hostel digunakan di Eropa, sementara kawasan Asia lebih dikenal dengan nama guesthouse. guesthouse banyak ditemukan di kota-kota besar Asia Tenggara dari Indonesia, Singapore, Thailand hingga kota-kota besar hingga pelosok di seluruh Asia. Di Indonesia sendiri penginapan ini sekelas melati. Perbedaan antara guesthousedan hotel kelas melati sangat tipis. Sulit membuat batasan antara keduanya. Penamaan hotel melati merupakan pengantian istilah asing (guesthouse) ke nama Indonesia berdasarkan pertauran pemerintah. Penjelasan dibawah mungkin bisa sedikit memberikan gambaran tentang penginapan untuk para backpacker / indenpendent traveller.

Ada 3 hal utama yang membedakan penginapan untuk para backpacker ini, selanjutnya sebut saja penginapan ini hostel. Pertama harga yang ditawarkan hostel kadang sangat murah dibandingkan hotel kelas melati /bintang 3, dengan fasilitas yang lebih dari cukup. Misalnya di Singapore ada hostel dengan tarif 10 $Sing (Rp 65.000,- an), dengan harga segitu kita sudah bisa mendapatkan kamar yang bersih. Pagi hari kita mendapatkan sarapan sederhana (roti, telur, teh/kopi hangat) serta fasilitas internet gratis. Contoh lain pada saat saya berkunjung ke Siem Reap Cambodia, saya pernah mendapatkan penginapan seharga 3 $US / malam atau setara dengan paket BigMac dari McDonal.

Yang kedua adalah kamar yang kita inapi umumnya disediakan beberapa pilihan. Ada pilihan single room dengan satu tempat tidur untuk 1 orang, double room, triple, dan tentunya dormitory room. Dormitory sebuah ruang / kamar yang bisa dipakai beramai-ramai atau istilahnya sharing room. Untuk para penginap dipisahkan antara pria dan wanita. Tapi banyak juga yang digabung berada dalam satu ruangan. Tempat tidurnya dengan model bunkbed (2 atau 3 tingkat tempat tidur) serta ada juga yang single. Jika beruntung pada saat low seasson / bukan musim liburan, kadang hostel sepi dari para penginap dan biasanya kita bisa mendapatkan kamar buat sendiri.

Ketiga, selain harga yang murah serta pilihan kamar tidur yang tidak berbeda dengan hotel. Umumnya hostel memberikan keleluasaan para penginap untuk bebas beraktifitas atau interraktif dengan tamu lainnya. Hostel lebih bebas / bersahabat dan terasa hommy (serasa di rumah sndiri). Beberapa ruang publik bisa dinikmati seperti nonton bareng acara TV, makan minum di ruang makan, atau sekedar mengobrol bersama di ruang santai.

Walau berkesan kelas backpacker jangan salah kira, hostel semacam ini umumnya mempunyai manajemen pengelolaan yang rapi. Memesan kamar bisa dilakukan dengan melalui internet, pembayaran tidak perlu dengan tunai, mereka menerima pembayaran melalui kartu keridit. Saat tiba di Saigon saya malah dijemput dengan kendaraan pribadi pemilik hostel. Mobilnya bukan kendaraann antar jemput turis tapi Honda Civic (versi kotak) lama tahun jebot, hehehe…

Sarapan pagi
Jika di hotel biasa, sarapan pagi / break fast diantar kedepan pintu kamar penginap, di hostel semua servis semacam itu tidak ada. Biasanya makanan ala kadar (roti dan selai) serta minum (tea/cofeecream dalam sachet) disediakan didapur, self service atau melayani sendiri bebas bagi para tamu, asal tidak telat bangun karena biasanya lewat pukul 9 atau 10 break fast ditutup.

Dan alkisah, pagi hari di hostel backpacker adalah sarana pertemuan para penginap. Disitulah kesempatan kita untuk saling bertanya sesama tamu, mencari teman jalan, atau sekedar sharing cerita soal spot atau tempat yang bagus untuk dikunjungi.

Lokasi
Pemilik hotel paham betul dengan “travel destination” para turis, hotel-hotel ini selalu berada dekat dengan kawasan yang menjadi sentra tujuan pelancong, Seperti “Inn crowd” di Singapore yang letaknya ada di kawasan Little India, Atau Cozy Corner yang persis berada di depan Bugis Junction. Di Kualalumpur kawasan Bukit Bintang di daeraya Puduraya menjadi tempat favorit para backpacker, sebut saja Red Palm, Anjung KL, Eight Number. Dan beberapa nama yang juga direkomendasikan oleh Lonely Planet. Walau begitu ada juga tempat yang dilokalisasikan karena kawasan itu memang secara histori punya nilai yang tinggi bagi para pelancong hingga mereka datang kembali berulang ulang. Kawasan Malioboro di Djogja termasuk kawasan yang padat di kunjungi para pelancong, banyak penginapan kelas hostel atau gueshouse disini.

Dormitory
Istilah dorm yaitu sebuah kamar besar, beragam ukurannya tergantung tiap penginapan, 6 x 12, 5 x 8 atau berapapun yang pasti isinya mirip dengan asrama, barak tentara dengan diisikan beberapa tempat tidur. Tempat tidurnya ada yang bertingkat dan tidak, kalau anda menyewa beramai-ramai misalkan ber 8 orang hostel tempat dengan dormitory tempat yang cocok untuk diinapi. Satu hal yang tidak biasa bagi pelancong Indonesia yang menginap di hostel dengan kamar dormitory adalah berbagi ruang dengan orang-orang dari berbagai bangsa. Apalagi jika ruangan yang tersedia adalah mixroom (gabung antara wanita dan pria).

Single Room atau private Room
Single room atau private adalah tempat yang cocok untuk pasangan, mungkin agak lebih mahal, tapi privacy tidak akan terganggu. saya pernah menemukan private room ber AC, ACnya satu untuk 2 kamar, jadi ACnya dipasang sepotong berada di kamar kita dan potong bagian lain ada dikamar sebelah…. mungkin maksudnya menghemat tapi begitulah lucu juga AC di kamar kita juga bagian dari AC kamar sebelah.

Kamar mandi
Terletak diluar dipake bersama, bersama bukan mandi bersama he he he.. untuk privacy room kadang kamar mandi ada di dalam, fasilitas air hangat dan dingin tiap penginapan berbeda, hostel yang agak mahal sedikit kadang menyediakan handuk.

Tips dan trik menginap di hostel
Usahakan lokasi hotel dekat dengan tempat yang akan kita tuju. Sarana pendukung seperti warnet/wartel, toko serba ada semacam seven eleven atau circle Q. Dekat dengan terminal bus atau kereta atau minimal dekat dengan halte, setasiun singgah, karena ini untuk memudahkan perjalanan dalam kota atau untuk melanjutkan perjalanan selanjutnya.

Tidak 100% percaya dengan apa yang ditampilkan di web site mereka, kadang foto yang diambil adalah kamar yang paling bagus atau dengan view / pemandangan yang uhuy, adakalanya hostel backpacker adalah sebuah rumah yang disulap menjadi tempat komersial.

Pesan jauh hari atau go show??
Booking dilakukan jauh hari, minimal 1 bulan atau 2 minggu sebelum anda datang. Murahnya sewa kamar membuat penginapan seperti ini selalu penuh, jika beruntung bila tanpa booking kita mendapatkan kamar kosong. Booking untuk menginap 1 hari saja dulu jika anda tidak merasa sreg dengan kondisi kamar yang akan anda sewa, tinggal chek out dan mencari tempat lain.

Film tentang Hostel
HOSTEL:Presented by Quentin Tarantino (Kill Bill, Vol. 1 & 2) and directed by Eli Roth (Cabin Fever), Hostel is a shocking and relentless film in the tradition of Saw about two American backpackers (Jay Hernandez, Friday Night Lights and Derek Richardson, Dumb and Dumberer) in Europe who find themselves lured in as victims of a murder-for-profit business.

THE MOTHMAN PROPHECIES: John Klein (Gere), a Washington newspaper reporter leaves his job after his wife (Messing) dies to investigate strange reports, including psychic visions (“Prophecies”) and sightings of winged creatures (“Mothmen”), in a small West Virginia town, that may be the signs of an alien invasion of Earth….. ~ Sony Pictures Home Entertainment.

9 Tanggapan to “Trivia Quis : Hostel & Guesthouse”

  1. Mas. terimakasih info nya tentang Singapore – KL – Bangkok via darat. Aku mau tanya lagi nih. (Ikut-ikutan, buat kuis untuk tambah pinter, he….).
    Seharian ini saya cari informasi tentang cengkareng transit hotel yang versi backpacker kok belum ketemu ya ?
    Memang sih, saya juga langganan Hostelworld, tapi kok disana sedikit sekali ya data tentang hostel di Indonesia. Padahal saya dan mahasiswa sering banget tuh ketemu. Bahkan di jantung kota Semarang (Simpang Lima) ada hostel 50rb-an, twin bed + AC, kamar mandi dalam lho! (Eh,…. mas Artson sudah pernah ke Semarang, khan ? Dan semoga di Cengkareng juga ada. Jadi klo dari Semarang saya ngejar penerbangan pagi khan mending langsung nginap di hostel backpacker di Cengkareng. Terimakasih ya mas.
    Salam, Santy.

  2. bos….bisa kasih petunjuk guesthouse di daerah bali gak??dan kalau bisa contact-nya juga…..btw asik banget tuh kayanya jalan2 ke KL!!!btw thank’s utuk sharing nya!!

  3. Dear Jefry, wah saya kalo ke Bali biasanya go show, buat penginapan ala backpacker biasanya ada di daerah Puppies, coba googling dulu keywordnya Bali backpacker hostel

  4. di indonesia terutama di pulau jawa seperti banyumas harga hostel tebak2an
    terkadang kejutan.tidak/jarang mau cantumkan harga kalau karena tidak stabilnya rupiah kan bisa dalam dolar.hal ini menghambat turisme.minat kunjungan ke jawa karena dianggap kurang jujur.atau tidak terbuka.

  5. mas ada contact person ga u hostel di singapura?

  6. hallo mas…mo nanya nih…rencananya kita mo liburan bln mei ini ke bangkok n KL….mas bs reccommend hostel or guesthouse murah n bersih di kawasan petchaburi n khaosan ga mas…??pengennya 2 kamar standar untuk 2 orang….Trus kalo di bukit bintang, KL tipe yg sama di mana???ada alamat or website nya g??tq

  7. Saya mo berangkat 8 orang dewasa + 2 children, penginapan yang bagus tapi murah di singapure

    • kalo rame2 coba cari apartemen aja mbakyu.. harusnya sih, jatuhnya lebih murah.. tapi saya kebetulan blm pernah sih nginap di apartment klo di sngapura..
      barangkali ada yg lain bisa membantu..🙂
      maap kang ocon,ngeduluin.. hehe..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: