Trivia Quis : Aviophobia

Ini ada trivia quis, buat sekedar mengasah otak, ada 3 pertanyaan dibawah ini. Masih berhubungan erat dengan hobi jalan-jalan. Silahkan menjawab, tentu jawaban yang anda kirim menurut pendapat masing-masing. Bisa ilmiah, nyeleneh atau pengalaman pribadi. Mohon maaf tidak ada hadiahnya. Hadiahnya adalah wawasan dan pengetahuan anda semakin bertambah ;p..

Trivia Quis tentang Aviophobia

1. Apa itu Aviophobia / Aviatophobia ??
2. Seperti apa bentuknya ??
3. Bagaimana pencegahannya ??

Aviophobia / Aviatophobia atau fear of flying bisa disebut phobia (ketakutan seseorang) untuk bepergian dengan mengunakan pesawat. Sindrom ini muncul pada seseorang dengan skala takut yang berbeda-beda. Umumnya mereka yang sudah akut phobianya
biasanya tidak akan mau sekalipun bepergian mengunakan pesawat terbang. Sementara dalam skala kecil mereka yang takut untuk menumpang pesawat tapi terpaksa mengunakan jasa penerbangan biasanya untuk mengatasi perasaan phobia selalu dibantu dengan obat penenang.

Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang terkena sindrom Aviophobia / Aviatophobia. Terjadinya banyak kecelakaan serta pemberitahuan dari media yang berlebihan bisa jadi memicu orang untuk enggan melakukan penerbangan. Banyaknya maskapai yang menawarkan tarif murah mengesankan bahwa demi mengefisiensikan pengeluaran banyak dari maskapai tersebut mengabaikan faktor keselamatan karena. Apalagi jika maskapai terebut satu atau dua pesawatnya sering mengalami kecelakaan hingga membuat orang enggan mengunakan maskapai tersebut. Hal-hal tersebutlah yang kemudian memicu orang terkena Aviophobia / Aviatophobia.

Secara psikis seseorang yang pernah mengalami kecelakaan hebat pada masa lalu bisa jadi memicu orang tersebut menjadi trauma. Perasaan tidak nyaman menghinggapinya ketika dia harus atau akan menaiki pesawat. Kekhawatiran terjadi kecelakaan terus menyelimuti dirinya dan menyebabkan orang tersebut menjadi phobia.

Faktor internal pada diri seseorang diakibatkan sebab lain sebagai contoh seorang anak yang sewaktu kecilnya pernah mengalami kekerasan oleh salah satu atau kedua orang tuanya. Semasa terjadinya kekerasan, dia tidak mendapat perlindungan dari siapapun. Sehingga dalam dirinya tertanam perasaan bahwa perjalanan dia tidak akan aman karena tidak ada yang melindunginya seperti masa kecil saat mengalami kekerasan fisik. Akibatnya ia takut melakukan penerbangan bukan di terbangnya tapi lebih dari faktor internalnya

Pada faktor internal pada tingkat psikologis ada istilah rumination (berulang-ulang memikirkan hal yang sama untuk mengalihkan perhatian). Seseorang yang terus mengalami masa lalu yang tidak mengenakan membuat ia menyalahkan diri sendiri. Misal dalam pikirannya ia selalu berfikir akan terjadi kecelakaan dan pastinya ia tidak ada yang menyelamatkannya. Akibatnya orang tersebut terjebak dan merasa bahwa perjalanannya dia akan mengalami kejadian buruk (Catastrophic). Faktor tersebut memicu seseorang menjadi phobia.

Bagaimana dengan anda yang berniat akan melakukan perjalanan dengan mengunakan pesawat udara. Sementara anda sendiri tidak berani hingga takut untuk melakukan penerbangan. Jika suatu saat anda harus mengunakan pesawat udara dirancangan perjalanan anda berarti anda harus mempersiapkan diri sedini mungkin dari sindrom atau phobia, ketakutan menaiki pesawat. Beberapa orang bisa mengatasi masalah phobia ini dan banyak kasus ketakutan akan Aviophobia / Aviatophobia berkurang dengan sendirinya.

Melawan rasa takut akan phobia
Untuk melawan phobia atau ketakutan diri anda untuk melakukan perjalanan udara sebaiknya analisa dan tanyakan pada diri anda penyebab ketakutan anda itu apa. Jika berkaitan dengan perasaan-perasaan yangg tidak menentu akibat masa lalu, anda bisa mengabaikan semua itu dengan menyakinkan bahwa semuanya akan baik-baik saja. Mulaiah dengan pikiran positif, tekankan pada diri anda melakukan perjalanan dengan pesawat udara itu adalah sesuatu pengalaman yang mengasyikan.

Jangan memikirkan berita-berita di media massa yang sering menceritakan banyaknya kejadian sehubungan dengan penerbangan. Berita jatuhnya pesawat, mesin rusak yang membuat pesawat harus kembali ke bandara, komponen yang lepas dan jatuh, masalah pada ban pesawat hingga pesawat tidak bisa melanjutkan penerbangan hingga masalah lainnya harus anda abaikan. Yakinkan bahwa maskapai yang akan anda naiki tidak akan bermasalah kelak.

Jika anda khawatir dengan maskapai yang anda tumpangi sering bermasalah. Cobalah untuk menganti dan mengunakan maskapai yang mempunyai track record baik dalam dunia penerbangan. Cari data mengenai maskapai tersebut, dengan mengetahui lebih banyak tentang keamanan yang diterapkan maskapai tersebut setidaknya dapat membantu anda untuk menyakinkan perasaan anda.

Manusia berusaha Tuhanlah yang menentukan nasib anda. Untuk meneguhkan keyakinan anda, berdoalah memohon keselamatan. Bagaimanapun tetap takdir ada di tanganNya. Jika memang harus terjadi kecelakaan yang menimpa anda maka iklaskan bahwa itu memang sudah menjadi nasib anda.

4 Tanggapan to “Trivia Quis : Aviophobia”

  1. mantap sob buat di simak, …

  2. mantap gan perkembangan teknologi sekarang, , klw kita gak ikuti bisa ketinggalan kereta , Aerith

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: