Booking Online Hotel

Amankah memesan hotel di luar negeri melalui internet (booking online)?? berikut pertanyaan-pertanyaan dan jawaban yang mungkin bisa mengatasi masalah anda dalam melakukan booking online

Tips dan trik booking online serta kendala apa saja yang akan terjadi.

1. Memulai booking online
Pilihlah situs yang melayani jasa pemesan hotel secara online, Asiarooms http://www.asiarooms.com/, Hostelz http://www.hostelz.com, Youthhostel http://www.hostels.com, Hostelworld http://www.hostelworld.com adalah beberapa situs populer yang sering dipergunakan para pelancong mancanegara. Pada dasarnya memesan kamar secara online cukup aman. Mengenai keamanan kartu kredit anda, jangan lupa comfirm dengan menghubungi customer service kartu kredit sebelum dan sesudah anda melakukan booking online.

2. Salah menuliskan tanggal pemesanan (lihat nomor 7)
Segera melakukan komfirmasi dengan hotel yang bersangkutan, umumnya hotel memberikan toleransi waktu 1-3 hari sejak pemesanan anda yang pertama, segera ubah kembali tanggal yang anda inginkan.

3. Salah memasukan jumlah nilai uang
Misal kamar hotel yang anda pesan bernilai 20 USD tapi anda menuliskan 200 USD, Umumnya format kirim balik dari penyedia layanan booking online akan menolak aktivasi dari transaksi anda. Tapi dalam beberapa kasus ini mungkin bisa terjadi, untuk itu segera hubungi penyedia jasa layanan booking online, jika perlu hubungi customer service kartu kredit untuk membatalkan transaksi anda.

4. Transaksi tidak terjadi tapi uang terdebet
Segera melakukan komfirmasi dengan menghubungi customer service kartu kredit.

5. Double transaksi
Ini terjadi karena masalah koneksi, kadang karena suatu hal koneksi terputus saat anda sedang melakukan transaksi. Setelah itu anda mengulang kembali, mungkin saja transaksi terdahulu sudah berjalan akibatnya terjadi 2 kali transaksi. Untuk masalah ini anda harus melakukan komfirmasi dengan menghubungi customer service kartu kredit.

6. Salah memilih jenis kamar (AC, non AC, singleroom, double room dll)
Hubungi segera jasa pemberi layanan booking online, katakan anda melakukan kesalahan dalam pemilihan kamar dan ingin mengkoreksi kamar yang ingin anda pilih

7. Ingin mengubah tanggal menginap
Atas sebuah hal, tiba-tiba anda harus mengubah jadwal, memajukan atau mengundurkan jadwal kedatangan anda, segera hubungi jasa pemberi layanan booking online, perhatikan tanggal penganti apakah sudah terisi atau belum, jika sudah terisi anda harus mengganti hari lain.

8. Membatalkan pesanan
Siap-siap anda kehilangan uang yang sudah anda transaksi. Sebelumnya saat memesan pastikan anda tidak akan membatalkan, jika masih ragu sebaiknya anda booking dengan uang muka yang tidak terlalu banyak / batas minimun uang muka yang ditetapkan hotel

9. Tiba di hotel tidak ada penjemputan
Pastikan sebelum tiba dikota yang anda tuju baik di bandara, setasiun kereta atau terminal bus anda sudah melakukan comfirm dengan pihak hotel bahwa hotel akan menjemput anda. Tanyakan ciri-ciri orang/kendaraan apa yang akan datang menjemput, agar anda bisa langsung mengenali orang yang menjemput anda.

10. Hotel yang di booking berkualitas standar
Sebelum memutuskan mana hotel yang akan anda pilih cek dan ricek dahulu bagaimana rating atau review mengenai hotel ini. Hal ini dimaksudkan agar anda tidak salah memilih hotel

11. Hotel tidak sesuai dengan isi situs
Tampilan promo kadang bisa membuat beda dengan aslinya. Baca nomor 8, anda harus rajin mencari informasi mengenai hotel yang akan anda pesan.

12. Fasilitas hotel yang tidak lengkap
Anda bisa mengeluhkan keadaan hotel yang tidak sesuai dengan biaya yang telah anda keluarkan, agak repot memang, segala sesuatunya tidak sesuai dengan yang anda inginkan untuk itu lebih extra hati-hati dalam memilih hotel (baca nomor 11).

13. Hotel yang sudah anda pesan ternyata fiktif
wah anda berarti sedang sial, saya tidak bisa membantu ;p

Nah bagaimana dengan pengalaman anda melakukan booking online?? ada masalahkah?? semoga tip dan trick diatas membantu anda dalam melakukan booking online.

7 Tanggapan to “Booking Online Hotel”

  1. mau minta saran dong, kmrn booking hotel imperial bukit bintang KL via web nya, mereka bales email dgn konfirmasi julmah yg harus dibayarkan dan data tanggal check in/out. nah mereka minta dibayar dimuka 7 hari sblm check in, via bank transfer ato via cc dengan menyertakan semua data kartu termasuk vcc code (yg jelas saya ga akan mau)
    nah baiknya gmn ya? apakah bayar via bank transfer ato nekad aja lgsg datang dan bayar ditempat (dengan resiko bookingannya dibatalkan)
    pls lgsg bales ke email aja ya
    thanks a lot sebelomnya

  2. biasanya mereka minta no kartu kredit untuk Quarantee doang, tapi tetap dibayar di sana.. kecuali kalau sampai cancel padahal sudah confirm biasanya kena charge 1 malem.. setau saya begitu…

    so far saya booking online untuk hotel, pesawat, tiket universal studio belum pernah ada masalah (amit..amit he he he…)

  3. numpang nanya yah..
    saya dah booking via hostelworld tapi ternyata kartu kredit saya abis masa berlakunya sebelum tanggal kdatangan.. kira2 ngaruh ga ya? jd parno euy..takut di cancel..

  4. Numpang nanya klo kita misalnya mo booking online emang musti kasi security code yah?.terima kasih

  5. @ siska : CC kan akan diganti dengan No yang sama setau saya untuk perpanjangan, yg membedakan hanya Expired date nya saja, setelah booking langsung konfirmasi ke hotel saja atau dibayar dengan kartu kredit yang lain untuk quarantee

    @ andrew : tergantung hotel nya, biasanya yang memberikan VCC itu berarti no cancel, no refund, akhir bulan lgs di charge di kartu kredit. sedangkan yang tanpa memberikan keterangan VCC berarti hanya untuk quarantee saja sampai kedatangan di jam yg telah disepakati agar kamar available.

  6. JaneMaurice Says:

    Numpang tanya dong…
    kalo hostelnya minta security code, kita kasih no.pin ATM atau apa? yang aku liat di penjelasan nya ada 3 angka di ujung ATM, itu yang mananya ya? aku bingung, soalnya ini pertama kali pesen hostel via internet, luarnegri pula….

    Thanks before…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: