Tips dan trik melindungi diri dari kejahatan di dalam bus

Apakah anda pernah mengalami menjadi korban kejahatan didalam bus?? baik kecopetan, kehilangan, dirampas, ditodong hingga mengalami menjadi korban pelecehan seksual?? saya yakin anda pernah mengalami atau minimal pernah melihat aksi kejahatan.

Sudah banyak perihal bagaimana cara menjaga diri dan upaya-upaya menghindar dari aksi kejahatan. Dibawah ini sekedar mengingatkan anda agar anda bisa terhindar selama mengunakan bus baik perjalanan didalam kota atau antar kota antar provinsi. Tentu saja tips dan trik dibawah ini tidak hanya untuk perjalanan diluar negeri, di Jakarta atau kota besar kecil di Indonesia berpotensi terjadinya kejahatan.

1. Jangan pilih kendaraan umum yang penuh. Bus atau angkutan umum lainnya yang berisi penuh, potensial disusupi pelaku kejahatan seperti copet, jambret juga tangan usil yang berniat melakukan perbuatan tercela. Jika sampai beberapa menit waktu berlalu dan kendaran yang akan anda tumpangi belum tiba atau bus yang akan anda tumpangi selalu penuh, apa boleh lindungi tas dan barang anda didekapan. Usahakan 1 tangan lainnya dalam keadaan bebas / tidak memegang apapun, selain untuk berpegangan pada kursi atau pegangan lainnya di dalam bus, tangan yang lain dapat berfungsi untuk membela diri saat orang berniat jahat.

2. Jangan mengunakan perhiasan berlebihan. Kalung, giwang atau cincin emas mengundang penjambret melakukan aksi kejahatannya.

3. Jangan terlihat seperti orang lemah karena akan menjadi target sasaran kejahatan, bersikaplah percaya diri, sehingga pelaku kejahatan akan mengurungkan niatnya melakukan kejahatan.

4 . Jika suatu saat anda terjebak atau berada disituasi yang tidak menyenangkan. Misal anda berada di dalam angkutan umum bus dan tiba-tiba anda baru menyadari semua penumpang sudah turun, lihatlah baik-baik sekeliling, jika anda tidak merasa nyaman segera turun dan pindah ke bus yang lebih banyak penumpangnya.

5. Berdiamlah di kedai, toko atau warung atau area umum jika anda menunggu kedatangan bus, hindarilah berdiri ditempat sepi pinggir jalan.

6. Hindarkan memilih duduk di sisi jendela, posisi duduk ini kurang menguntungkan karena posisi anda akan terkunci jika ada orang yang berniat jahat. Triknya saat ada orang akan duduk disebelah anda berilah jalan sehingga orang lain akan duduk di dekat jendela. Atau saat anda akan naik bus umum dan anda dipersilahkan orang untuk duduk dekat jendela, ucapkan permisi katakan tujuan anda dekat sehingga agar tidak repot anda tak perlu duduk dekat jendela.

Dalam kondisi tertentu anda akan terpaksa duduk dekat jendela, tak perlu khawatir asal semua barang berharga anda aman, kecil kemungkinan barang anda akan dirampas atau hilang.

7. Sebisa mungkin duduk dibelakang supir atau dekat dengan pintu keluar, hal ini berguna agar anda dalam keadaan darurat bisa meminta pertolongan supir untuk menghentikan kendaraannya atau bisa lari keluar secaepat kilat.

8. Kecilkan suara walkman atau earphone anda. Terkecuali anda bisa konsentrasi melihat sekeliling. Suara walkman yang keras di telinga bisa menyebabkan anda tidak mendengar suara ancaman bahaya disekeliling anda.

9. Jangan tertidur di bus!! bagaiamanpun usahakan anda selalu terjaga, kecuali anda didampingi teman atau orang yang sudah anda kenal. Jika anda berniat tidur didalam perjalanan, pastikan semua barang berharga dalam keadaan aman.

10. Kejahatan selalu akan datang kapan dan dimana saja, paling penting berdoa sebelum melakukan perjalanan.

Nah anda punya tips dan trick tersendiri??… Silahkan berbagi cerita….

Selamat berjalan-jalan..

5 Tanggapan to “Tips dan trik melindungi diri dari kejahatan di dalam bus”

  1. 1. Jangan Lupa doa bang, sebelum berangkat.
    2. Kalo lagi perjalanan sendiri dan bawa shoulder bag, taruh tas dibawah kursi dan ikatkan bukle ke salah satu anggota tubuh kita. Sehingga jika ada yang jahil bisa ketahuan….asal tidurnya jangan pulas2 bener aja.
    3. Kalau ditanyain calo sebutkan tujuan dengan tenang dan tunjukkan bahwa kita bisa mencari bus sendiri.
    Kadang2 calo emosi jika kita cuek terhadap mereka dan mereka akan memancing emosi.
    4. Pede boleh tapi jangan over confident… :d

  2. […] hindar, kejahatan, korban, melindungi diri, Tips trik. Anda dapat mengikuti semua aliran respons RSS 2.0 dari masukan ini Anda dapat memberikan tanggapan, atau trackback dari situs […]

  3. maf mas komenx g’ sesuai,cuma mw nawarin cara terbebas dari belenggu pulsa yg slalu merepotkan kita sehari2,bagi mas ato embak2 yg udah berkunjung diblog yg kaya ilmu ini yg bermintat Untuk mengetahui carax..!KLIK JA DISINIMAKASI…!

  4. Wah, Pak, seneng backpackeran ya? Saya juga suka, tapi baru tahap beginner. Saran saya, klo mau aman, bisa juga naik bus yang direkomendasikan orang terdekat, yang dijamin minimal busnya 90% aman dan nyaman. Saya rekomendasikan Bis Safari Dharma Raya deh. Waktu itu saya berangkat dari Yogya-Lombok, syukurnya nyaman dan aman, meski saya tetep waspada. Tapi so far saya puas dan ingin lagi percaya dengan Safari Dharma Raya.
    Oya, sebelum saya berangkat ke Lombok, di Yogya saya diceritakan rekan kerja kantor cabang kami, beliau pernah kecopetan di bis Safari, tidak sadar. Jadi benar-benar tetap waspada dan betul, tidak memakai perhiasan mencolok atau mengeluarkan peralatan canggih yang mahal sembarangan.

    Kurlebnya begitu. Semoga bermanfaat. * Terima kasih info backpackernya ya, Pak…

  5. Terima kasih informasi nya sangat membantu…

    jangan lupa mampir di http://www.hokitourtravel.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: