Trivia Quis : Paspor

TRIVIA QUIS
Untuk mereka yang bepergian ala backpacker/traveller/independent/bepergian sendiri ke luar negeri.. salah satu perlengkapan identitas yang kudu di punyai dan di bawa adalah paspor, yang jadi masalah bagaimana menyimpan dari kemungkinan hilang, ntah karena kecopetan, dicuri, lupa simpan atau jatuh, tentunya kudu ada antisipasi. Ilang paspor dinegeri orang cukup berabe, bisa fatal apalagi anda masih ingin mengunjungi negara-negara lainnya dalam waktu bersamaan…. belum lagi urus ke polisinya dan ach… puyeng deh, so jadi kuisnya….. apakah paspor yang ada pegang bakal:

1. Di titipkan di receptionis/deposit hotel
2. Di taruh di tas dan tas disimpan di kamar hotel
3. Di taruh di kantong kecil dan dibawa jalan2

??????

Salah satu cara yang paling aman memang sebaiknya disimpan di deposit box hotel karena jika ada masalah, katakanlah tas/dompet kita hilang dijalan maka minimal ngga terlalu fatal dibanding kita kehilangan dompetnya (walaupun dompet berisi surat/ktp/kartu kredit/ATM cukup penting juga), paspor sepertinya tanda pengenal yang utama mengingat sebagai tanda kita masuk.keluar negara-negara. Walau begitu tentunya ada trik mengantisipasi berbagai kemungkinan, seperti barang yang kita titipkan di deposit box hilang atau tercecer, atau ditaruh ditas dan tas hilang juga atau dibawa-bawa jalan-jalan eh tau taunya kecurian juga ….berabe khan.

Untuk tips dan trik, saya biasanya mengfotokopi paspor tersebut, paspornya saya simpan ditas dan tas saya taruh agak tersembunyi di kamar hotel (saya asumsikan hotel yang saya tempati ala backpacker jadi biasanya tidak ada deposit) dan fotokopi paspor saya taruh di tas kecil saya, jadi jika sewaktu2 ada kejadian yang tidak mengenakan minimal saya sudah prepare ada backup, pun saya lakukan hal yang sama dengan KTP dan tak lupa saya selipkan beberapa pas poto saya dibalik dompet serta di tas ransel saya, seperti diurai diatas jika ada sesuatu hal terburuk misal hilang tercuri saya masih tetap punya backup berupa fotokopi paspor, foto, KTP dan mungkin surat berharga lainnya. Satu tips yang kudu diingat adalah selalu membawa kartu nama hotel jika akan keluar untuk berjalan2, minimal kalau lupa alamat hotel atau anda bertemu terus bertanya sama orang yang kebetulan tidak bisa berbahasa Inggris tinggal ditunjukin ajah tuh kartu nama hotel.

Bagaimana jika bepergian melewati perbatasan atau pulang??? Paspor tak mungkin di simpan tas yang masuk bagasi, karena pada pemerikasaan keimigrasian pastinya petugas meminta paspor kita. Untuk hal seperti ini gunakan kantong kecil/tas pinggang/wallet bag untuk menyimpan paspor, sehingga saat dibutuhkan kita tak perlu mencari-cari lagi. Untuk tas pinggang arah resletling/kantung selalu ada di depan (diperut bukan di belakang) kalo posisi resletling/kantong tas ada dibelakang punggung kemungkinan di copet/atau dirogoh tangan jahil sangat besar.

Ide membawa paspor dalam kantong kecil/wallet bag dan di bawa jalan2 boleh juga, selama itu tidak menutup kemungkinan hilang, yang jadi masalah saya sering menemukan banyak orang menyimpan paspor, uang, dan dompet mereka dalam satu kantung kecil, kebayang khan begitu hilang tuh kantung kecil maka hilang deh semuanya. Solusinya adalah tidak memyimpan dalam satu tempat baik itu dompet, paspor uang, HP atau barang berharga lainnya. Sama saja tidak bijaksana menyimpan uang kesemuanya dalam satu dompet, dipecah dan disimpan di beberapa kantung saku kayanya lebih baik.

Biasanya saya selalu menyimpan paspor di kantong kecil yang saya sandangkan di pinggang, tapi dalam beberapa perjalanan ke luar negeri seperti saat ke Chiang Mai, saya taruh paspor di penginapan karena saat itu rencananya akan ikutan wisata rafting/menyusuri sungai dengan perahu bambu, khawatir terjadi sesuatu/ misal terkena percikan air/ tas nyemplung atau malah badan kejebur, paspor saya simpan di penginapan, begitu juga sewaktu ke Phuket, saat berkeliling dengan perahu paspor tidak saya bawa, ya itu tadi khawatir terjadi sesuatu saat di tengah laut, yang saya bawa hanya fotokopinya. Di Kamboja – Phnom Penh (saat turun dari bus yang membawa saya dari Saigon) tas pinggang bener2 saya pegang erat soale dari beberapa jurnal yang saya baca terminal bus disana cukup rawan dengan copet. Di KL saat saya terpaksa harus menginap di bandara, sehingga kudu tidur di bangku panjang ruang tunggu, yang saya dekap bukan guling atau boneka tapi saya pegang tas pinggang erat2 heheheh khawatir saat saya tertidur pulas ada orang iseng mengambil tas ransel.

Untuk menjaga keamanan terus disimpan di kaos kaki…(ceritanya biar ngga ilang) loh emang efektif?? hehehhe uhmmm kalau uang bisa kali yah, tapi simpen paspor dikaos kaki?? mungkin agak sedikit ribet pas di imigrasi, kudu buka sepatu dulu… heq6x kebayang si petugas imirasi pasti bengong.

Berdasarkan pengalaman saya bepergian kenegara negara entah berantah, akhirnya setiap melancong saya selalu memakai celana panjang yang ada kantung disampingnya (celana PDL kaya celana buat naek gunung ituloh yang banyak sakunya di kiri kanan samping/paha), ukurannya pas buat taruh paspor di situ, jadi sewaktu melewati bagian imigrasi, kita ngga perlu repot bongkar ransel atau bongkar tas kecil misalnya , kemungkinan di copet sulit karena posisi kantung ada di samping paha (kecuali copetnya pinter), kemungkinan jatuh juga kecil karena ada penutup kantungnya..

Mungkin bisa jadi catatan, saat anda kehilangan paspor misal di negara entah berantah, mintakan bukti kehilangan di polisi setempat. Bukti ini penting saat anda akan keluar dari negara tersebut dan pada saat pemeriksaan di imigrasi, jangan lupa mintakan bukti anda menginap di hotel dimana anda menginap (tanda terima/dll), hal ini berguna untuk menjelaskan status anda bahwa anda memang benar telah mengunjungi negara tersebut dan berada disitu sampe pasor itu hilang karena kalao tidak ada bukti maka bisa-bisa anda akan dikenakan tuduhan suspender alias penyelundup yang masuk ke negara tersebut secara diam-diam tanpa paspor, nah kalau udah gitu namanya apes.

Satu lagi… just in case… kalo ini terjadi.. semua barang kita (tas, dompet, paspor data lain2) tiba-tiba hilang/dicuri/tertukar dibagasi pesawat/ so … ngga usah panik deh… tips saya adalah, biasanya sebelum melakukan perjalanan ke LN baik paspor dan semua data identitas saya (KTP, pas poto. alamat email, alamat /no hp temen/ keluarga) semua saya simpan di mailbox account email saya (paspor, dan foto di scan, terus saya kirim ke alamat email saya yang lain), jadi jika terjadi keadaan yang darurat seperti tas/paspor/dompet hilang saya tinggal pergi ke warnet terus diprint, emang ribet tapi suatu saat berguna…

Urusan nyimpen paspor kayanya sepele tapi kalau diurai kaya diatas jadinya panjang lebar yak hehehe. Sekian tips dan quisnya semoga menambah wawasan pengetahuan…..

::::

Satu Tanggapan to “Trivia Quis : Paspor”

  1. mantap mas, tips2 nya.berguna banget nih..doakan saya juga bisa travelling dengan aman dan nyaman..taun depan mau keliling asean mas..

    salam traveller.hahaha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: