Trivia Quis : Join Ticket

Apakah joint ticket itu ??

1. Ticket yang dijual bersamaan
2. Ticket yang digabung
3. Ticket terusan

Join ticket atau tiket terusan merupakan istilah untuk mereka yang membeli beberapa tiket untuk menuju satu tujuan. Dari satu kota di suatu negara ke kota lain dengan mempergunakan jasa transpotasi. Joint ticket lazimnya dipergunakan untuk transportasi darat (antar bus) antar negara. Tapi kombinasi angkutannya bisa saja berupa bus-bus, kereta api-bus-feri atau bus-feri-pesawat. Misal Ticket transportasi dari Bangkok menuju Phuket dengan kereta api dan bus, atau Ticket bus dari Kualalumpur menuju Krabi dilanjut tiket feri dari Krabi menuju P.Phi-phi/Phuket.

Illustrasi yang saya gambarkan ini saya ambil contoh dari kawasan Asia Tenggara, walau ternyata dalam trip jelajah ke China+Tibet saya menemukan sistem sejenis, tentunya berbeda namanya. Joint ticket, sistem ini muncul di kota-kota Asia Tenggara karena begitu banyaknya operator yang menjalankan usahanya dibidang transportasi antar negara. Sehingga agar tidak terjadi persaingan baik dari segi harga atau pelayanan maka di berlakukan joint ticket ini. Keuntungan dari sistem ini adalah para pengelola jasa transportasi (agen travel) tidak perlu khawatir armadanya bakal kekurangan penumpang, karena dengan sistem yang diatur satu agen travel bisa mengoper calon penumpangnya ke agen lain jika “seat” penumpangnya kelebihan. Bagusnya sistim ini mengakibatkan harga tiket menjadi murah. Sebagai contoh jika anda membeli tiket bus atau kereta dari Bangkok menuju Surathani maka anda akan dikenakan biaya diatas 1000 baht (Rp. 265.000,-an) tapi jika anda membeli joint ticket ini maka anda hanya membayar uang sebesar 900-an baht.Dan dengan harga segitu bukan saja sampai Surathani bisa sampai Phuket atau Phi-phi!!

Bagaimana bisa??? Illustrasinya mudah saja, agen travel yang tidak termasuk “anggota” joint ticket ini memberikan harga lebih mahal karena angkutan mereka harus berangkat dengan penumpang penuh atau tidak. Sementara operator angkutan yang tergabung dengan joint ticket ini, bus akan berangkat sesudah seluruh tempat duduk terisi. Penumpang yang penuh karena bisa jadi dari “operan” agen travel tentunya. Makanya operator bus Cipaganti yang melayani rute Bandung – Jakarta atau kota-kota lainnya hingga kini mampu bertahan dan armadanya selalu penuh karena mereka mempunyai sistem agen travel yang menyebar luas di mana2, sehingga mereka tidak perlu khawatir kekurangan penumpang. Contoh lain, pernahkah anda naik mobil travel misal dari Bandung menuju Jakarta, walau terisi 2 atau 3 orang mobil itu tetap jalan2 namun di pintu gerbang tol pasteur tepatnya di tempat istirahat tiba2 anda dioper ke mobil travel lainnya yang juga masih kosong?? nah seperti itulah gambaran joint ticket. Margin didapat dengan tidak mengoperasikan salah satu mobil tersebut tanpa harus mengorbankan penumpang.

Kelebihan dari sistem ini kita bisa menuju satu tujuan tanpa perlu lagi mencari tiket terusan lainnya. Tak perlu parno berhadapan dengan calo, tak usah khawatir tidak bakal mendapat tiket lanjutan, karena semua sudah diurus dengan joint ticket. Dari Saigon menuju Phnom Penh hingga Siem Reap atau dari Hatyai menuju Phuket anda tak perlu susah payah mencari tiket Feri / boat karena semua sudah diurus.

Bicara kelebihan tentu ada kekurangannya, dengan sistem ini maka para calon penumpang tidak bisa mendapatkan harga yang minimun (termurah) karena semua sudah tersistem sehingga harga sudah baku. Kekurangan lainnya anda harus berganti-ganti kendaraan atau bus. Contoh jika anda akan melakukan perjalanan dari Kualalumpur menuju Phuket atau Phi-phi maka anda akan bergant-ganti operator bus. Jika dalam perjalanan dari KL menuju Hatyai anda akan mengunakan bus Kualumpur maka setibanya di Hatyai anda akan mengunakan bus Thailand menuju Krabi, kemudian dari Krabi anda akan mengunakan operator travel lainnya mengunakan boat/feri menuju Phi-phi atau Phuket.

Dimana joint ticket ini bisa didapat?? sistem ini begitu rapi, saking rapinya sampai di internetpun anda akan susah mendapatkan agen travel yang terang-terang menyebutkan identitas mereka sebagai agen yang menjual tiket join ini. Dilokasi, di tempat agen-agen itu mereka umumnya memasang tarif normal. Contohnya : disalah satu dinding tourist informan centre, tertulis tiket dari Bangkok menuju Surathani anda akan dikenakan tarif 1200 Baht padahal dengan joint ticket anda bisa mendapatkan harga 900 Baht hingga Phuket malah!!! (Saya mengalaminya dalam trip terakhir menjelajah asteng Juni 2007). Kemudian andapun tidak menemukan satupun plang/papan nama agen travel dengan tulisan joint ticket , disetasiun bus atau depan agen travel karena papan2 nama ini hanya bisa anda temui di tempat-tempat perberhentian mereka (lihat foto). Saya yakin andapun baru mendengar istilah join tiket setelah membaca tulisan ini heheh. joint ticket ini sangat familiar dikalangan para backpacker asing. Saya tidak tahu para backpacker Indonesia suka memakai tiket ini atau tidak. Cukup mudah mendapatkan tiket ini, karena tiket yang dijual sudah disebar di agen-agen travel yang umumnya berfungsi sebagai tourism information bureu, hotel / guesthouse , tempat2 tersebut biasanya adanya di kawasan backpacker.

Mengingat harganya yang begitu murah, apakah joint ticket berarti kita akan mengunakan / fasilitas yang seadanya??? Tentu saja tidak, seperti diurai diatas joint ticket merupakan tiket terusan yang sifatnya bisa limpahan, artinya jika anda mendapat tiket ini, siapa tahu anda mendapat tiket limpahan dari operator bus eksekutif yang kekurangan penumpang. Sebagai contoh saya dan teman2 (Jelajah Asteng 3 / 4 orang / 2006) mendapat “anugerah” mendapat tempat duduk di ruang eksekutif bus dari Siem Reap (Cambodia) menuju Bangkok). Atau dari Krabi menuju Hatyai (Jelajah Asteng 5 / Sendiri / 2007) saya mengunakan Mercy Van seri baru. Ceritanya saat itu gara-garanya saya orang terakhir turun dari feri yang membawa saya tiba dari Phiphi, keasyikan motret sana-sini mengakibatkan saya telat lapor, sehingga minibus yang harus saya tumpangi telanjur pergi, karena saya pegang joint ticket saya dilimpahkan ke operator bus yang ternyata kelas eksekutif ..cihuy saya teriak dalam hati, mana dapat duduk didepan pulak dengan kursi senderan hehehe. Harga bekpekeran fasilitas trevelan. Tapi nasib sial menimpa saya saat trip menuju Samui saya mendapat sedan van (lihat foto) heheheh tapi seru juga karena didalamnya ada beberapa bule. Tapi itulah backpacker, pada hakekatnya mereka yang melakukan perjalanan ala backpacker seharusnya mampu menemukan siasat dalam menekan budget dan tentu saja siap mengalami hal-hal yang diluar dugaan.

Semoga penjelasannya berguna, jika salah mohon dibenarkan, jika kurang silahkan tambahkan.

note :
1. Foto Mobil sedan van angkutan lokal dari pemberhentian bus menuju dermaga
2. Bus Eksekutif Bangkok-Hatyai
3. Foto plang nama di Surathani (disitu tertera harga sesungguhny adari join tiket) misal dari Surathani menuju Singapore tarifnya hanya 1200 baht tapi jika ada membeli tiket ini di agen travel maka tarifnya bisa mencapai 1600 baht.s

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: