2/5 Pengambilan Bagasi di Bandara Suvarnabhumi-Bangkok

Pengambilan Bagasi di Bandara Suvarnabhumi-Bangkok
Setelah menyelesaikan imigrasi segeralah menuju tempat pengambilan bagasi (Bagagge Claim). Untuk mengetahui letak tempat ini, setelah keluar dari ruang imigrasi cari dan lihat papan petujuk. Ikuti sesuai dengan keterangannya hingga anda akan menemukan sebuah raung besar berisi jejeran Carousels (ban berjalan). Di depan carousels ada monitor yang menunjukan kedatangan pesawat sekaligus petunjuk dimana ada keterangan nomor tempat carousels yang sesuai dengan jadwal kedatangan pesawat yang anda tumpangi.

Sebagai bandara tersibuk ke empat di dunia, silih berganti berdatangan pesawat dari berbagai penjuru. Akibatnya tempat pengambilan tas (bagasi claim) akan selalu dipenuhi oleh orang yang datang, jika demikian kemungkinan besar akan terjadi tas atau barang bawaan anda tertukar atau terbawa oleh penumpang lain.

Bagasi hilang bisa jadi karena :
1. Tas anda tidak terangkut. Kemungkinan ini bisa terjadi, karena petugas saat di loket cek in tidak memberikan stiker/tag ke tas bersangkutan, sehingga barang dianggap tidak berpunya. Tas biasanya akan disimpan di bagian lost and found di bandara dimana pesawat mendarat.

Tips : Sebelum cek in di counter, jangan pergi sebelum anda yakin bahwa tas anda sudah ada tag-nya. Setiap tas yang masuk bagasi akan diberikan secarik bukti yang anda harus simpan dan anda kembailkan ke petugas di bandara dimana anda kunjungi. Bukti jangan hilang karena bisa dipakai untuk mengkliam seandainya terjadi sesuatu dengan tas.

2. Kelalaian petugas saat mengalihkan tas saat keluar dari ban berjalan ke mobil pengangkut. Walaup tipis kemungkinan tapi tetap saja bisa terjadi. Kejadian seperti ini bisa terjadi umumnya jika bandaranya super sibuk. Juga paling sering terjadi untuk penerbangan berkelanjutan (Continuos Flight).

Tips : Jika memungkinkan sebaiknya tas anda dibawa masuk ke kabin, terutama pada penerbangan berkelanjutan (Countinous Flight). Sedikit repot memang tapi setidaknya meminimalis masalah, mengingat biasanya perpindahan satu pesawat ke pesawat lainnya kadang waktunya sangat singkat atau mepet.

3. Tas anda tertukar dengan penumpang lain. Banyaknya kemiripan dan kesamaan tas satu sama lain bisa mengakibatkan tas anda tertukar, repotnya stiker bagasi kebetulan tidak diperhatikan dan saat keluar dari pintu pengambilan bagasi ternyata juga petugas tidak memeriksa ulang.

Trick : Pakailah penutup tas yang mencolok atau berbeda. Beri tanda tertentu pada bagian tas, seperti stiker warna, tag, atau aksesoris lainnya sehingga tas anda tidak tertukar.

4. Tas anda rusak, bolong atau robek. Ada beberapa kemungkinan tas anda rusak, yaitu saat para petugas menaikan tas anda ke dalam pesawat kemudian ditumpuk dengan tas lain. Bisa jadi tas anda berada dibagian bawah sehingga tumpukan tas yang menindih menyebabkan tas anda rusak.

Tips : Pastikan bahwa tas yang anda beli bermutu bagus, kuat dan tidak mudah rusak.

5. Tas anda terbawa penerbangan lain. Beda dengan nomor 1, tas anda terbawa penerbangan lain karena petugas memberikan tag yang salah atau keliru. Atau anda lupa melepas tag penerbangan sebelumnya. Kalau begini malang nian nasib si tas.

Tips : Berilah petunjuk / masukan identitas nama dan alamat yang mudah dihubungi, sehingga saat tas itu tertukar misalnya. Orang yang keliru membawa tas anda bisa segera menghubungi anda.

6. Tas anda benar-benar hilang!!… bukan hilang menguap seperti dalam proses kimia. Tapi hilang tak tentu rimbanya, bukan terbawa penumpang lain, bukan tertinggal di bandara sebelumnya, bukan tertukar… nah kalo begitu anda bernasib sial…..

Tips : banyak berdoa semoga tas anda dapat ditemukan… amiin

Apabila anda terbentur dengan masalah keimigrasian sehingga memakan waktu yang cukup lama. Sementara saat bersamaan tempat bagasi dimana tas anda keluar akan digunakan penerbangan lain yangbaru tiba, besar kemungkinan tas anda akan di alihkan ke bagian khusus pengambilan tas (Bagagge Servis / Lost and found). Saat akan mengambil tas atau barang anda tersebut terangkan pada petugas pelayanan bahwa anda kehilangan bagasi dan tunjukan stiker nomor tas yang diberikan saat cek boarding.

Untuk menuju terminal domestik, keluarlah anda dari pintu masuk utama lihat papan petunjuk “Shuttle Bus to domestic”. Disisi gedung akan terlihat berjejer bus yang akan membawa anda pergi dan kembali dari terminal utama (internasional) ke terminal domestik waktu tempuh sekitar 3-5 menit. Selain mengunakan bus andapun bisa berjalan kaki melalui sisi gedung menuju terminal domestik, waktu tempuh dengan berjalan kaki sekitar 10-20 menit.

Untuk melanjutkan trip perjalanan anda ada 2 pilihan, pergi menuju terminal keberangkatan dalam negeri (domestic Flight) atau jika penerbangan lanjutan masih lama anda bisa pergi keliling atau belanja ke pusat kota dengan bus bandara atau taksi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: