Makanan Halal di Singapore

Gampang Temukan Makanan Halal di Singapura
daripada Indonesia

Ketua Dewan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Ibrahim menilai bahwa makanan halal di Indonesia masih sukar dicari karena tidak tertibnya masalah pelabelan meskipun sudah ditetapkan melalui Undang Undang. makanan yang benar-benar halal di Indonesia daripada di Singapura,” kata Anwar di Jakarta, Selasa.

Dalam kunjungan DPP Golkar ke MUI di Masjid Istiqlal, Selasa sore, Anwar menyebutkan masalah tersebut kepada rombongan yang dipimpin Ketua Fraksi Golkar DPR RI, Priyo Budi Santoso.”(Indonesia) Harus jadi kayak PM Singapura yang mengatakan, `Saya tidak mau ada rakyat yang mengeluh susah mencari makanan halal di Singapura`,” kata Anwar.

Selengkapnya baca di http://www.halalguide.info/content/view/1052/

Kuliner halal di Singapore
Sesuai tulisan di atas, mencari makanan halal singapore / tempat makan yang bersertifikat halal di Singapore memang tidak sulit. Untuk tempat makan siap saji (fast food) seperti McDonald’s, KFC, Pizza Hut, Burger King dan beberapa resto siap saji lainnya umumnya menawarkan makanan yang halal. Makanan halal juga dijual di restoraun atau kedai Muslim yang terdapat di semua pusat makanan dan jajanan di Singapura.

Hampir lebih dari 400 kedai makanan halal di Singapura yang sudah disahkan oleh MUIS (Islamic Religious Council of Singapore/Dewan Agama Islam Singapura). MUIS itu semacam MUI-nya Singapore. Untuk mengetahui lebih lengkap, silahkan kunjungi situs web http://www.muis.gov.sg/cms/index.aspx

Untuk mereka yang ingin mencari tempat makan enak / kuliner singapore dengan menu khas lokal dan tentunya sesuai dengan harga kantong budget travel. Di bawah ini bisa menjadi panduan Anda untuk mendapatkannya.

Beberapa tempat makanan halal favorit

1. Chicken Rice – Bugis Junction
Bugis Junction – ini adalah tempat makan favorit saya, disini pula pertama kali mencicipi makanan khas Singapore yaitu Hainanese Chicken Rice (Nasi ayam Hainan). Mungkin saya tidak seperti Pak Bondan Winarno yang bisa membedakan mana makanan yang enak atau tidak, karena bagi saya rasa makanan itu adalah selera.

sing-chickenriceTapi rasanya tidak salah untuk mencoba makanan ini, lokasinya tidak jauh dari MRT Bugis. Berjalan kaki kira-kira 300 meter lokasinya tepat berada di Cozy Corner Backpacker Hotel. Untuk review hotel ini silahkan cari di arsip milis atau kunjungi http://artsons.wordpress.com/ cari di bagian review hotel/penginapan.

Harga sepiring Hainanese Chicken Rice sekitar 3-4 $Sing plus es teh tarik sekitar 1-1.5 $Sing.

2. Nasi Briyani – Little India
Bagi yang suka makan makanan khas India barangkali menu makanan bernama Nasi Briyani patut di coba. Nasi briyani sebenarnya mirip seperti nasi goreng, tetapi tidak ada proses goreng menggoreng dalam membuatnya.

Sebelum membuat nasi briyani, terlebih dulu bumbu dan rempah khas makanan ini dimasak bersama daging kambing, ayam atau sayuran. Pemilihan daging atau sayuran tergantung jenisnya. Setelah semua rempah di masak, itu baru dimasukkan beras dan air.

Mencari resaturan atau kedai makanan ini tidak sulit, tapi untuk mendapatkan harga makanan ini yang murah bisa di coba di daerah Little India. Letaknya persis di ujung Gedung Mustapha Centre di Little India. Lokasinya ada di persimpangan berhadapan dengan gedung muka pusat perbelanjaan Mustapha Centre.

Harga untuk Nasi Briyani 3-4 $Sing tergantung menu tambahan seperti sayur-sayuran atau menu tambahan lainnya. Roti Prata plus kari berharga 2-3 $Sing.

3. Burger Ramly – Clementi
Pernah dengar makanan baru bernama Burger Ramly? Nah kalau penasaran ingin mencoba jenis makanan ini bisa di cari tempat makanan yang menyajikan menu ini di Food Center di Clementi Central. Lokasinya tepat di belakang NTUC Supermarket.

4. Lucky Plaza
sing-luckyplazaJika Anda pas sedang berbelanja atau sedang jalan-jalan di daerah Orchard, tak perlu susah-susah mencari tempat makan halal. Cukup mengujungi Lucky Plaza, disana di lantai atas banyak gerai food yang berlogo / sertifikat halal. Dan yang pasti banyak sekali gerai makanan dari Indonesia seperti Kedai Makan Nasi Padang. Hanya saja untuk harga, sepertinya harga-harga makanan di sini kurang cocok dengan dompet budget travel.

About these ads

10 Tanggapan to “Makanan Halal di Singapore”

  1. kapan ya di Tanah air kita seperti ini?…

  2. mau jalan2 sambil internship?? sounds great huh? check my blog.. x)

  3. ksh tau donk ‘makanan halal yg masuk kategori “must try” tp halal d spore..dan yg pasti gak pake mahal :). tq

  4. Assalammualaikum wr wb.
    Saya sangat berbangga tatkala membaca blogpost diatas.
    Alhamdullilah di Singapura, kita bisa ketemui tempat makan yg halal dimana-mana corong.
    Insyallah Saya akan ke Jakarta, Oct ini & saya sdg google mencari makanan halal di JKT. Tapi tidak banyak yg ditenterakan.
    Bisa beri rekomendasi?

  5. Wah, lengkap juga ulasannya.

  6. Di Indonesia lebih banyak makanan halalnya. Pempek palembang salah satunya. Ada rendang padang, ada soto, dll. Kuliner Indonesia mantab2 loch, cuma msh krg promosi marketingnya.

  7. Mudah-mudahan generasi muda Indonesia lebih sadar pentingnya label halal makanan karena banyak juga makanan yang tak halal di pasaran beredar saat ini.

  8. Luthfiah faqih Says:

    Alhamdulillaah, saya senang dan tenang rasanya, sebab sy sempat bingung, bagaimana nanti makan di Singapura, Insya ALLAH dlm wkt dekat sy m kunjung ke ngr jiran ini. Semoga ALLAH beri kami kemudahan dan perlindungan di sana baik dalam tugas maupun utk makan yang halal…

  9. busana muslim Says:

    ikut promo ya sista :)
    mencari info tentang busana ? disini tempat nya http://busanamuslimdiskon.wordpress.com/

  10. Hai Blogger, tulisan blog kulinernya informatif sekali:) Ikutan yuk di lomba blog ‘Jelajah Kuliner Unik Nusantara’ #KulinerDaihatsu

    Hadiahnya menarik lho! perjalanan wisata ke 5 kota gratis bersama Daihatsu. Ingin tahu informasi lengkapnya? lihat di sini http://bit.ly/jelajahkuliner

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 131 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: