Bus Pontianak – Kuching

Ada alasan klasik saat saya ingin mencoba berpetualang jalan-jalan ke luar negeri dengan mengunakan jalur Pontianak – Kuching yaitu untuk menghindar biaya fiskal sekaligus mengunjungi kota Kuching – Malaysia.

Seperti diketahui untuk bepergian ke Malaysia atau luar negeri warga negara Indonesia akan di kenakan biaya fiskal sebesar Rp. 1.000.000,- meliputi bandara udara International Cengkareng Jakarta, Juanda di Surabaya, Ngurah Rai di Denpasar dan beberapa bandara international lainnya di seluruh Indonesia.

Sementara fiskal sebesar Rp. 500.000,- di bebankan untuk mereka warga negara Indonesia yang ingin mengunjungi negara tetangga melalui jalur pelabuhan laut seperti Batam – Singapore, Batam – Johor Bahru dan Medan – Penang. Perkecualian warga negara Indonesia pemegang paspor Kepulauan Riau (Kepri) meliputi Batam, Bintan dan beberapa propinsi lainnya yang peraturan pembebasan fiskal sudah di tetapkan pemerintah.

Untuk jalur darat perbatasan antarnegara Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di tetapkan biaya fiskal sebesar Rp. 250.000,-. Tapi melalui aturan baru pemerintah beberapa tahun ini warganegara yang akan mengunjungi negara tetangga melalui jalur darat (Pontianak-Kuching) di bebaskan dengan tidak perlu membayar fiskal.

Tidak banyak jalur darat yang menhubungkan Indonesia dengan negara tetangga. Di antaranya jalur penghubung lintas batas yaitu jalur Nusa Tenggara Timur – Timor, Papua Indonesia – Papua New Guenea serta Pontianak (Kalimantan Barat) – Kuching (Malaysia).

Kota Pontianak Kalimantan Barat
kalbar1Menurut Wikipedia Kota Pontianak adalah ibu kota Provinsi Kalimantan Barat di Indonesia. Kota ini juga dikenal dengan nama Khun tien (坤甸) oleh etnis Tionghoa di Pontianak.

Kota ini terkenal sebagai Kota Khatulistiwa karena dilalui garis lintang nol derajat bumi. Di utara kota ini, tepatnya Siantan, terdapat monumen atau Tugu Khatulistiwa yang dibangun pada tempat yang tepat dilalui garis lintang nol derajat bumi.

Selain itu Kota Pontianak juga dilalui Sungai Kapuas yang adalah sungai terpanjang di Indonesia. Sungai Kapuas membelah kota Pontianak, simbolnya diabadikan sebagai lambang Kota Pontianak. Source image www.asiamaya.com/peta/kalimantan_barat.htm

Sebagai kota yang terletak di Kalimantan Barat, Pontianak berbatasan langsung (darat) dengan negara bagian Sarawak-Malaysia. Kuching ialah ibu kota negara bagian Sarawak di Malaysia. Dikenal sebagai kota kucing. Kota ini ialah kota terpadat di Sarawak.

Untuk menuju Pontianak, transportasi yang mudah dan cepat adalah pesawat. Bagi mereka yang bertempat tinggal di Jakarta ada beberapa operator penerbangan yang mengoperasikan pesawatnya melayani rute Jakarta – Pontianak. Waktu tempuh penerbangan berkisar sekitar 2-2.5 jam-an.

Untuk harga tiket pesawat terkini cukup bervariasi antara Rp. 380.000,- hingga Rp. 600.000,- tergantung kelas dan musim penerbangan. Yang pasti untuk waktu-waktu harian, akhir pekan dan masa liburan harga tiket pesawat akan berubah atau berbeda nominalnya.

Bus Pontianak – Kuching
sjs_bus_smallSaat ini di Pontianak ada sekitar 25-30an armada bus yang melayani trayek dari Pontianak menuju Kuching dan sebaliknya. Beberapa bus di operasikan melalui operator dari Indonesia dan beberapa dari Malaysia. SJS (PT. Setia Jiwana Sejati) dan Damri adalah operator bus resmi yang di kelola oleh swasta dan pemerintah Indonesia.

Sementara beberapa operator bus lainnya dilayani oleh perusahaan swasta bus dari Malaysia seperti Sri Merah, Mudah Express, Sapire, Kiarat Express dan banyak lagi lainnya. Setiap operator bus mempunyai armada bus yang berbeda-beda, ada yang hanya memiliki armada bus sebanyak 3-5 bus ada juga yang memiliki armada bus dengan jumlah bus yang banyak.

Tidak ada terminal atau pool khusus bus ini di Pontianak, umumnya dalam menaikan dan menurunkan penumpang bus-bus itu berhenti di sisi jalan persis di depan kaunter/ruko operator bus. Kota Pontianak kecil jadi jika Anda bertanya pada penduduk setempat dengan senang hati mereka akan menunjukan lokasi kaunter yang juga berfungsi sebagai penjual tiket bus.

Sementara dari Bandara, Anda dapat mempergunakan taksi dengan ongkos sekitar 40 ribuan langsung menuju tempat ini dengan waktu tempuh sekitar 20 menit-an. Katakan pada supir taksi bahwa Anda akan menuju tempat pembelian tiket bus ke Kuching, lokasi kaunter penjualan dan pool busnya ada di seputaran Jl. Sisingamangaraja Pontianak.

Kelas dan harga tiket Bus
Ada 2 jenis bus yang umum di operasikan yaitu kelas SE (Super Executive)  dan kelas biasa Executive. Jangan bayangkan kelas Super Executive seperti bus-bus umumnya. Kelas Super Executive ini hanya berdasarkan jumlah kursi yang ada yaitu kursi komposisi 1-2. Jumlah total kursi untuk Kelas Super Executive ini antara 24-28 seat, ada beberapa perbedaan jumlah seat antar satu operator bus dan operator bus lainnya.

Sementara untuk kelas Executive komposisi kursi 2-2 tempat duduk dan jumlah seluruh kursi antara 36-38. Tentu saja perbedaan antara jumlah kursi Executive dan kelas umum berimbas kepada kenyamanan selama duduk.

Harga tiket bus dari tahun ke tahun selalu mengalami kenaikan, sebagai contoh rentang tahun dari tahun 2004, 2005 hingga 2007 harga tiket mengalami beberapa kali kenaikan. Untuk kelas Super Executive harga tiket pada tahun 2004 adalah Rp. 150.000,- dan Rp. 100.000,- untuk bus kelas Executive .

Sementara pada tahun 2008 harga tiket bus untuk kelas Executive berharga Rp. 150.000,- (kursi 2-2) dan Rp. 200.000,- untuk kelas Super Executive (kursi 1-2). Untuk saat terkini ada baiknya ada mengecek kembali ke perusahaan bus yang akan anda pilih.

Waktu keberangkatan dan waktu tempuh
Semua keberangkatan bus malam dari Pontianak menuju Kuching di mulai pada pukul 19.00 petang dan terakhir jadwal keberangkatan adalah pukul 21.00. Sementara untuk jam keberangkatan pagi, jadwal berangkat bus adalah pukul 07.30 terakhir pukul 08.00, tiba di Kuching sekitar pukul 16.00 (perjalanan sudah termasuk makan siang). Urusan imigrasi di perbatasan umumnya memakan waktu satu jam dan sampai kota Kuching sekitar pukul 17.00-18.00.

Bus Super Executive umumnya dilengkapi dengan pendingin serta toilet juga di beri air mineral dalam botol kecil serta peganan/makanan kecil, sementara beberapa bus kelas Executive tidak dilengkapi dengan toilet. Bus Executive bisa di katakan sekelas bus ekonomi walau begitu kondisi bus cukup baik dan bus di lengkapi juga dengan pendingin (AC).

Waktu tempuh bus untuk jarak dari Pontianak ke Kuching berdurasi sekitar 8-9 jam tergantung kondisi jalan (pada musim hujan, kecepatan bus berkurang). Sementara untuk situasi jalanan dengan kondisi yang bagus serta sopir yang piawai menjalankan bus maka bisa jadi waktu tempuh yang bisa di capai sekitar 7-8 jam.

About these ads

70 Tanggapan to “Bus Pontianak – Kuching”

  1. mas….bagaimana situsi selama di jalan?..jalannya bagus gak?..trus view2 pemandangan ada yg menarik gak selama perjalanan?….

    biar ada nilai plus lain ketika lewat darat disamping no fiskal ini

  2. kang, punya info gak, kalo dari kuching ke pontianak, bis paling sore ato paling malem jam brp?
    ditunggu replynya kang
    hatur nuhun kang…

  3. pengalaman dari adikku yang sering banget melakukan perjalanan pontianak – kuching (pp), dia sering kok melakukan perjalanan malam (mengingat dia perempuan ya) dan menurut dia cukup aman, dan justru perjalanan malam lebih enak di banding siang (bisa tidur). Biasanya sepulang kantor – hari jumat dia berangkat.

  4. numpang tanya, apa sekarang jalur pontianak-kuching masi bebas fiskal? mengingat sudah ada kebijakan baru dari pemerintah ttg fiskal (biaya fiskal yang naik, pemilik npwp yg bebas fiskal, dsb). thx b4.

  5. mau tanya,apakah perlu booking tiket dulu untuk keberangkatan dari kucing – pontianak dan pontianak – kucing ? boleh kah saya minta kirimkan jadwal setiap hari rute bus dr pontianak – kucing dan kucing – pontianak,dan juga alamat terminal bus di kucing.saya harap dapat segera dapat informasi dari anda. thx

  6. waduuh… pasporku ketinggalan di jawa…skrg posisiku di Kalteng. pingin main ke Ponti langsung ke kuching aja. gmn ni bs g y…? cm ampe kuching g ampe KL, tetap pakai paspor y…?…kasihan…ya yg lg kpingin ni, blz ya….thx

  7. Senang membaca kisah perjalan dari Pontianak Kuching, a good reference.

  8. mau tanya dong… kl bus yang dari kuching ke pontianak ada lewat ke sanggau ga ya?

    trus kl dari kuching mau ke sanggau itu pull bisnya dimana?
    maksudnya dari kuching itu naiknya dari terminal atau dimana y?
    thx anyway…

  9. Kata teman saya, Kuching dan Pontianak sangat jauh berbeda. Katanya Pontianak seperti kota hantu. Nggak ada pemandangan istimewa yang bisa dilihat. Begitupun ketika menyusuri jalan darat selama perjalanan melewati kabupaten demi kabupaten yang ada di propinsi ini. Kiri kanan hanya ada hutan-hutan belantara yang nyaris tidak ada tanda-tanda kehidupan. Lain halnya kalau sudah sampai di kota Kuching (Malaysia), suasananya mulai lain. Denyut nadi kehidupan mulai terasa. Bangunan-bangunan yang ada di sana pun macam-macam, orang jadi senang melihatnya. Mobil, motor, dan manusia hiruk pikuk lalu lalang. Pokoknya betul-betul sebuah kota yang sempurna. Teman saya itu yang asli orang Pontianak malah sedih. Kenapa Pontianak yang berada di negeri tercinta Indonesia malah jadi kota yang “miskin”. Sedangkan kota Kuching di Malaysia sana kondisinya makmur sejahtera.

  10. panorama kalimantan indah,

  11. aku orang kuching, terima kasih karna memuji kota kami..iaitu kuching….

    tp aku harap kota pontianak bisa berubah pada masa hadapan…jangan sedih…

  12. Salam n selamat malam,
    Saya rasa teringin hendak ke pontianak.
    Boleh kah beri pendapat.
    Yang mana lebih baik. Naik bas atau memandu sendiri naik kereta?

  13. Hi… informasinya menarik. Saya berencana ke spore via kuching dan “terlempar” ke blog ini.

    Saya orang Pontianak. Hanya meluruskan/merefrensikan beberapa hal di sini :
    1. Jkt-Ptk dgn pesawat = 1 jam 10 menit (more or less)
    2. karena melewati imigrasi, setiap orang yang ke kuching dari pontianak harus menunjukkan paspor, bahkan waktu di pool bis.
    3. Bis Kuching-Pontianak tidak lewat Sanggau. Tidak ada rute langsung Kuching-Sanggau. Silakan turun di Simpang Tanjung, Sosok dan lanjutkan dengan bis kecil (Sosok-Sanggau = 1,5 jam kurang lebih). Tidak ada pool bis di sana, Anda bisa berdiri di tepi jalan dan menghentikan bis yang lewat.
    4. Pontianak-Kuching TIDAK melewati hutan belantara. Seriously. Memang kota kecil/kampung yang dilewati hanya beberapa, tapi tidak ada hutan belantara yang akan Anda temui selama perjalanan Pontianak-Kuching. Yang ada adalah lahan-lahan tidur, atau kebun sawit.
    5. Tidak ada tanda-tanda kehidupan di jalan2 Kalimantan, mungkin karena melewatinya pada waktu MALAM ? Sementara sampai di Sarawak sudah pagi. Setahu saya, hanya ada satu kali keberangkatan bis dari Pontianak ke Kuching, yaitu pukul 21.00 dan satu kali keberangkatan bis dari Kuching ke Pontianak, yaitu sekitar 8-10 pagi. Hal ini berkaitan dengan border lintas batas perbatasan DITUTUP pada malam hari.
    6. Kalau Anda membawa kendaraan pribadi/memandu sendiri naik kereta, sudah ada jalur alternatif yang memotong jarak tempuh sekitar 70km (atau mungkin lebih, saya tidak terlalu pasti). Jangan takut tersesat jika membawa kendaraan pribadi, karena jalan lintas Kalbar cuma SATU ^__^

    That’s all.
    Semoga menambah manfaat.

    • Sdri. Ester yang baik he…he… terima kasih buat infonya, tapi apakah saya bisa dapat lebih detail info tentang perjalanan ke kuching itu berapa lama ya? dan setiap hari adakan bisnya?
      oh ya… kamu tau ga hotel yang murah tapi cukup bersih dan tidak jauh dari tempat busnya???? kalau bisa ada telponnya juga boleh biar saya kontak…

      sebelumnya terima kasih untuk infonya… Tuhan berkati ya…

      • jika kita berangkat pukul 21.00 maka akan tiba dikuching sekitar 09.00 waktu kuching (perbedaan 1 jam dgn pontianak) akan berhenti di kuching central, disana ada tempat informasi untuk bertanya mengenai hotel. informasi pariwisata disana jauh lebih maju dari indonesia. bisa mengenap dibeberapa tempat mulai dari 80 ringgit saja

  14. Esther.. mau tanya dong.. dari kuching ke singapore memang lebih murah? dibanding Jakarta- Singapore? bagaimana routenya?

  15. pintunnya bukannya pkai apa mas..

  16. viraynia Says:

    please update info harga super excutive donk..
    aku ada rencana 22 mei ini akan ke kuching via pontianak.
    Ym ya : viray_nia@yahoo.com

  17. thanks ya infonya, ada rencana mau backpackeran kesana ber4 sama temn2… rate hostel backpackerannya berapaan yaa…. salam

  18. kalo hotel di kuching harga terjangkau , sekitar RM30, yang terrendah, kalo untuk ber4 cocok tuh yang harga RM70, double bad tapi badnya besar, di sekitar batu 11 , dari terminal bis kuching ke penginapan hanya Rm20, untuk 4 orang, jadi bisa RM5 / orang

  19. kalo hotel di kuching harga terjangkau , sekitar RM30, yang terrendah, kalo untuk ber4 cocok tuh yang harga RM70, double bad tapi badnya besar, di sekitar batu 11 , dari terminal bis kuching ke penginapan hanya Rm20, untuk 4 orang, jadi bisa RM5 / orang . good luck ya

  20. Malem Jumat enggak bisa tidur. Daripada suntuk mendingan blogwalking aja deh. Nyari ilmu baru dan nyari sahabat baru. Salam kenal aja dari saya. klo mau berkunjung balik ke blog saya, cuma kata terima kasih yang dapat saya sampaikan. Ijin menyimak isi artikelnya dan ijin komentar ya gan….

    nice info gan. tapi kapan yaWiro Sableng bisa jalan jalan ke sana, pengen tahu Kuching… tapi yang bukan kucing garong … :)

  21. wah.. bagus info ini.. saya dari putrajaya mo ke kuching sept 16.. tapi ga tau mau ke mana2… dan sekarang sudah tetap, saya mo ke pontianak… tapi sayangnya.. kurang satu minggu dari ekuinoks… :( di mana matahari tegak di atas pontianak di waktu zuhur..

  22. Mas, klo mau ke kuching pakai motor sndiri smpai ke kuchingnya bisa gak?
    Apa2 yg hrus disiapkn?
    Mhon pencerahannya, soalnya aku dg tmn2 pngen ke kuching pakai motor mas.

  23. Saya bekerja di bus transportasi di saudi arabia selama 12 tahun apa bisa saya melamar di PT.SETIA JIWANA SEJATI sebab jarak tempuh rute perjalana saya kira sama dan juga jam kerja saya kira juga sama sekali lagi apa bisa saya kerja atau melamar kerja mohon imformasinya .
    Terima kasih………….

  24. ayahku kerja di setia jiwana sakti

  25. hallo ..
    mau nnya ..
    hotel, atau pgnapan yang dekat kuching international airport .. ??
    tp yg tdk terlalu mahal ..
    tlong info ny
    secpt ny ia

  26. Hi, saya org pontianak, jg sering ke kuching. Ke kuching bisa memakai pesawat batavia, kurang lebih 30 menit sampai. Hrg tiket termasuk airport tax luar negri Rp. 755.000. Untuk yg lebih murah tetapi lama, bisa memakai bus. Bus2 punya indonesia cuma SJS dan DAMRI. Selain itu sudah punya malaysia. Untuk Bus biasanya berangkat jam 21 malam, sampai pada perbatasan pukul 4 subuh biasanya tergantung traffic. Harga bus skg 150rb untuk yg biasa, dan untuk yg super 220rb. Hanya bus indonesia yg ber WC. Waktu dari entikong ke kuching biasanya 2-3 jam. Untuk penginapan murah saya liat banyak sekali, dan lokasi cukup strategis… bisa di asian hotel kuching Rp. 110.000/ mlm dan Anjung Kuching Guest House Rp. 120.000/mlm dan Berambih Lodge Kuching Rp. 60.000/mlm. Ini semua terletak di depan waterfront downtown kuching. Semoga membantu……

    • Mohon infonya mas,

      Saya ingin pergi ke daerah perbatasannya, kecamatan Badau dari Pontianak. Jika ingin menggunakan bus, apa saya bisa menggunakan bus untuk jurusan pontianak-kuching? Atau lebih mudah jika saya landing di bandara kuching kemudian naik bus ke badau?

  27. Mohon info:
    Saya berencana untuk mengunjungi teman di kuching dan hendak membawa kendaraan pribadi selama 1 minggu disana.

    Apakah yang dari pontianak pernah ke kuching membawa kendaraan pribadi? Jika iya berapakah biaya vehicle entrance permitnya? Dan apa persyaratan yang harus dipenuhi.

    Thx before

  28. hi…saya mau ke kuching bersama rombongan, tapi pulangnya sendiri. bisa dikasi tau ga jadwal bus dari kuching ke pontianak jam berapa??
    Thanks ya

  29. bisa tolong kasih tau gak dimana saya mau ke tempat pangkalan bas expresnya

  30. muhammad kallake lette Says:

    untuk informasi lbih lengkap sila hubungi saya di no ini:081345425547 atau 085750864485…so,karna saya adlah pembisnis antar pontianak-kucing hampir stiap hri saya slalu bepergian mlewati rute ini dan tau persis keadaan nya…baik dlam situasi apapun FROM MUHAMMAD KALLAKE LETTE…tanks…!!!

  31. sya dan rakan dari serian mau ke ponti nov ini..brapa tmbang super excecutive prgi dan balik???bus mana yang perlu digunakan kalau mau sampai ke ponti sblum mlam???dimana inapan yang murah…..dan selesa serta selamat..trimakasih

  32. mas, alamat tempat keberangkatan bus damri tujuan brunei? makasih

  33. Mas, mau tanya..bis yang dari Kuching ke Singkawang ada gak ya? thx

  34. Mas sya mau tnya!
    Ada ga pesawat yg tjuan dri kuching – jakarta & brp hrgany?thx y

  35. buat Carlos, apa yang ada katakan itu tidak benar. Sebenarnya Kalbar kaya akan keindahan dan wisatanya tetapi pemerintah nya yang goblok baik pemerintah Jakarta maupun Kalbar sendiri, uang untuk memajukan daerah sebuah disilumankan jadi uang proyek yang tak pernah klar. Kemudian Pusat selalu membangun Jakarta dan Jawa saja, seharusnya bangun Kalimantan, kenapa sih pemerintah pusat tak mau bangun Kalimantan? khususnya Kalbar? karena bukan Jawa ya?
    Segala fasilitas di Jawa semua, semua dana ke Jawa semua ya mana bisa Kalimantan menyaingi Sarawak. Cuman perlu dilihat Sarawak, KL dan Sabah serta Brunei adalah orang yang rasnya bukan Jawa tetapi kenapa bisa maju? berartikan otak Jawa tak bagus. Otaknya isinya korupsi semua kemudian rasisme dan ada unsur mensejahterakan orang jawa saja. Lihatlah penerimaan tentara dan polisi serta pegawai lainnya selalu Jawa saja yg masuk jadi pegawai sementara untuk menggaji mereka devisanya disedot dari Kalimantan, Papua dan Sulawesi serta Sumatera. Uang hasil devisa dari pulau pulau itu tidak berimbang dibagi untuk gaji karena gaji lebih dominan dibayarkan kepada orang Jawa saja yang menjadi pegawai Pertamina, Pegawai negara lainnya.
    Jadi sudah sifatnya Jawa itu Jawa sentris dari berbagai sudut sehingga yang bukan Jawa tidak perlu dibangun sebab pemerintahnya, tentaranya, polisinya semua orang Jawa jadi kalian mau apa? Kami mau bubar saja jadi warga Indonesia, kita buktikan apakah benar orang Kalimantan disebut pemalas? bukankah Sarawak, Brunei dan Sabah adalah orang Kalimantan?
    berarti ada yang salah dari kepemimpinan orang Jawa di Indonesia. Jadi secara pribadi saya tidak terima kalau orang Kalimantan dikatakan pemalas, tidak bisa memanfaatkan sumberdaya alam dan sebagainya. Lihatlah burung burung khas Kalimantan semua dipunguti orang jawa untuk dijual, itukah yg namanya bagus? itu namanya merusak alam dan habitatnya. Dari situ saja kita dapat melihat mulai dari sampah bekas sampai yang berguna sekalipun mereka lahap semua, apa artinya itu kalau bukan tamak.

  36. mau tanya,
    tempat keberangkatan dr pontianak ke kuching dari mana ya?

  37. bang klo bus dari kucing ke ponti
    sampai di ponti stop dimana ?

  38. wah, pas blogwalking malah ketemu komen saya lagi di sini. xixixi… permisi, permisi.. numpang memberikan info lagi..
    Untuk Julia dan Rere : ini telat sih ya, tapi kali-kali ada teman2 lain yang membutuhkan info ini…
    1. Ptk-Kuching kurang lebih 10 jam, tergantung kecepatan busnya yak… sekitar 420km kalo gk salah. Beberapa ruas jalan di Pontianak-Entikong saat ini rusak, yang pastinya akan mengurangi laju bus kan ?
    2. Bus Ptk-Kuching beroperasi setiap hari. Sekarang Damri malah 2x berangkat, pagi jm 07.00 dan malam pkl 21.00. Persis di sebelah kantor Damri ada transit hostel. Gak tau berapa ratenya, tapi kalo dari luar kayaknya sih cukup homey.
    3. Ngomong2, sekalian menjawab pertanyaan Irsyad, sekarang juga udah ada bus Damri Ptk-Brunei, tempat beli tiketnya di Ptk ya sama aja, di pool Damri : Jl Pahlawan No 226 Telp (0561) 744859-740049 *nyontek di tiketnya… xixixi*
    4. Kalo untuk pertanyaan Dewi, naaaah… ini nasib orang-orang Pontianak, Mbak. Masalah geografi sih. Kuching-Spore sih pastinya lebih murah yah, karena jaraknya (yang artinya biaya bahan bakarnya) lebih dekat dibanding Jkt-Sin. Kemarin naik AirAsia sekitar sejam. Tapi kan Jkt-Sin sering ada promonya yah, karena ini jalur rame, bukan ? Jadi lwt Jkt mungkin bisa jadi lebih murah kalo pas promo. Untuk AirAsia, Kch-Sin saat ini bertarif RM16-59. So, kalo posisi kita di Pontianak sih, ke Spore memang murahan lewat Kuching ketimbang lewat Jakarta. Plus, kalo lewat Kuching kita gak perlu bayar airport tax Rp 150.000. Xixixi… Tapi pertimbangkan waktu dan capeknya karena mesti lwt jalan darat yak.. Ngomong2, sekarang udah ada kok penerbangan Ptk-Sin 3x sminggu by Batavia, biayanya sekitar Rp 1,5juta, belum tmasuk airport tax.
    5. Untuk andriani dan god, kalo di Pontianak, bus ke kota-kota lain, termasuk Kuching berangkat dari pool (kantornya masing2), begitu pun dengan kedatangannya, brentinya juga pool masing2. Jadi ya kalo naik Damri, brangkat dan brentinya dari Jalan Pahlawan tuh, terus kalo naik SJS dan Eva, brangkat dan brentinya di Jalan Sisingamangaraja. Kalo naik Tebakang or Biaramas ya dari Jalan Diponegoro. Dan seterusnya.
    6. Untuk estimate : hmm,, gimana yah, ini out of topic sih, secara blognya kang ocon ini kan blog traveling yah. tapi, saya tidak terlalu suka kalo kita mendeskreditkan satu suku sih. ngomong-ngomong, pemimpin kalbar saat ini perasaan bukan suku yang mbak/mas sebutkan kan yah ? Selama kepemimpinannya, apa pembangunan sudah meningkat pesat ? Hm.. kayaknya jalan Ptk ke arah timur (Sanggau, Sintang, Kapuas Hulu) tetap aja hancur tuh. Saya pengguna rutin ruas jalan itu. Saya mengeluh, itu benar. Tapi kalo mau menyalahkan sesuatu, ya salahkan pemerintahnya yang belum mampu menyediakan bahkan hal-hal mendasar seperti infrastruktur yang baik. Tidak perlulah bawa ras, suku, agama, geografisnya. Nanti jadi issue lagi :) (Yes, yes, kita sama-sama tau sejarah kita ya) Yuk, keep travelling and learning. Bikin Indonesia jadi lebih baik!

  39. Eh ketinggalan…
    Untuk Nicolas : Nggak ada bus langsung Kuching-Singkawang. Kalau mau ya dari Kuching ke Pontianak, trus pindah bus ke Singkawang. Bus Ptk-Skw lumayan banyak kok. Tapi enakan naik travel yah (di sini bilangnya taksi), diantar sampe ke alamat.
    Ato alternatif lain, silakan cari bus dari Kuching-Entikong. Di Entikong ada bis ke Singkawang, tapi ini bisnya jarang yah… Mendingan ke Pontianak dulu deh
    Untuk Udin : pliiiisss… itu sih bisa di-search sendiri kali, nggak? :D Tanya Profesor Google! Kalo Google masih terlalu umum, coba http://www.utiket.com deh, ato langsung cek AirAsia. Wokeh?
    Kang Ocon : Salam kenal yak Kang. Ini maap komennya jadi panjang. *berasa yng punya blog ajeee… xixixi*

  40. Merah jambu Says:

    Hai,

    Saya berasal dari Sarawak, pada pandangan saya, Pontianak lebih sibuk bandarnya jika dibandingkan dengan Kuching. Saya pernah menziarahi Ponti, kota nya sungguh sibuk dengan perniagaan yang bermacam2. Sungguh kagum dengan penduduknya dari siang ke malam x pernah putus2 membanjiri kota nya. Orang nya disana juga ramah, tidak sombong pada org luar. Apa yang menjadikan saya dan teman2 ingin lagi mengunjungi Ponti adalah barangan yang jauh lebih murah serta bnyk tempat yang bersejarah. Walau kita berbeda negara, namun pada saya kita tetap tinggal di satu pulau Borneo. :)

  41. yani siti akbari Says:

    ada yang rencana jalan2 ke kuching?. bulan depan?. gabung dong…pengen kesana tapi gak ada teman…..

  42. Btw…
    Utk transportasi d kuching pake apa ya??
    N patokan harga mereka gmn ya??

  43. saya pernah ke kuching.tapi belum pernah melalui pontianak. rasanya ingin sekali kekuching lagi melalui pontianak.kebetulan saya ada kerabat yang tinggal diserian. entikong serian bukannya lebih dekat, saya org jawa,tapi dah jatuh cinta ma borneo,

  44. kami mau ke kuching dengan mengendarai mobil pribadi…ada kah peraturan lalulintas yang berbeda dengan indonesia ?

  45. dari kuching ke sabah naik bus berapa jam?

  46. Salam kenal semuanya !!!
    Saya ada rencana ke Kuching di bulan january 2013
    Bus apa yang paling bagus ?
    mohon informasinya, terima kasih.
    Salam dari jauh

  47. Mbak Selvia Riana di Palembang, mohon alamatnya dikirim ke email saya rowan005@yahoo.com
    Salam dari ACE

  48. berapa budget nya kalo pake jalan darat dari ponti ke kuching???

  49. cakeb aja deh Says:

    Di perbatasan Pontianak – Kuching pake bis apakah semua barang bawaan kita juga akan diperiksa cukai? Soalnya sy ada rencana bawa barang mahal dr Indonesia ke Kuching dr Pontianak? Bagi yg tahu please reply.

  50. ah,,,pkai bas damri berbahaya tu,,,,penumpang nya pasti akan terancam,,,karna sopir bekerja sama dengan calo’di perbtasan entikong,,,,,,dan di imagrasion entikong pun tiada rasa kmanusiaan,,,ga’ perduli orang senang atau susah,,,yang penting mereka dapat uang,,,,banyak itu ini nya/tekanan agar kita mengeluar kan uang,cuma kmaren q mau cop masuk k indonesia,,,tukang cop nya alhamdulillah,,,orangnnya ramah dan baik,,tidak bkerj sama dgn calo’bulan 18-12-2011,,cuma polisi entikong nya ja tu kurang tegas menghadapi calo’ sialan tu ,,,,mungkin polisi nya bekerja sama ma calo’ nya X’,mendingan pulang pakai pesawat,,,aman tanpa berhadapan ma si watak jahat

  51. Yudia1976 Says:

    Alhamdulillah tgl. 24 Jan. 2013 saya tiba di Kuching via Pontianak
    berangkat sekitar jam 21:20 malam dengan Bus Sri Merah S/E ongkosnya 390 ribu V.V dan tiba di Kuching Central Station jam 09:00 pagi waktu Kuching, kemudian City Tour sekitar tiga jam bayarnya RM 100, cukup menyenangkan karena kotanya cukup bersih dan teratur nyaris tidak ada kemacetan.
    Dua malam di Kuching nginap di HomeStay Kuching jalan Ellis satu malam RM 68 termasuk sarapan pagi, motelnya cukup bersih walaupun kamarnya kecil.
    tgl. 27 Jan. aku kembali ke Jakarta via Pontianak.
    Salam,
    yudi

  52. Saya juga baru pulang liburan ke Kuching. Bisa dibaca di blog saya ya. Kang Artson, numpang kasih alamat blog saya boleh ya:

    http://www.tesyasblog.com/search/label/Liburan%20ke%20Kuching

  53. Just want to say your article is as amazing. The clarity in
    your post is just great and i can assume you are an expert on this subject.
    Fine with your permission allow me to grab your feed to keep updated with forthcoming post.
    Thanks a million and please carry on the gratifying work.

  54. @rnie Pr@m Says:

    Mo nmpang nanya,,, klo flight sby ponti ada ga? plan mo k’ kuching via sintang bln sept bsoq,,, ada info jlur mudah dan murah,, thx

  55. Surabaya ke Pontianak naik KALSTAR AVIATION aja , jam 17.15 berangkatnya dari Surabaya, enak pesawatnya on time berangkatnya

  56. muhammad syamuel Says:

    kalo dari malaysia ke pontianak pake bus apaan yah…..?
    mohon infonya.

  57. Nice blog! Is your theme custom mase or did you download iit from somewhere?
    A thwme like yours with a few simple adjustements would
    really maje my blog stand out. Please let me know where
    you got your design. Bless you

  58. apakah perjalnan dgn bas besar atau bas kecil situasinya selamaat sekarang sbb dulunya 2005 kami pergi dgn bas kecil 10 penumpang sering ditahan pihak askar atau polis yg menagih wang suapan , hampir 5 atau 6 sekatan yg minta suapan bermula dr buka rantai laluan di pos sempadan entikong ..apakah pihak berkuasa indonesia tidak ambil berat dgn sikap buruk pekerja awam indonesia ..

  59. ada pertanyaan yg ketinggalan dijawab diatas mas. rute untuk kaltim-pontianak ada gak ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 130 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: