Membawa Dollar atau mata uang lokal

Dollar Vs Mata Uang Lokal
Perlukah membawa uang dollar, atau tukar rupiah saja dengan mata uang lokal?? Anda berencana bepergian ke luar negri, negara mana yang akan anda kunjungi?? jika satu negara saja anda cukup membawa rupiah dan uang yang sudah ditukarkan dengan mata uang setempat. Berapa besarnya tergantung rencana dan kebutuhan anda selama di negara tersebut. Sebagai contoh jika anda ingin mengunjungi negara Thailand selama tiga atau empat hari maka tukarkan uang rupiah anda dalam bentuk Thai Bath (THB mata uang Thailand) di tanah air. Cek dan pantau terus kurs mata uang sebelumnya, bandingkan dengan hari-hari sebelumnya berapa banyak perbedaan dari nilai mata uang tersebut.

Jika anda berencana berkunjung ke beberapa negara tetangga tapi belum jelas berapa budget atau dana yang akan digunakan anda bisa membawa uang rupiah dalam jumlah besar. Hanya jika negara yang anda kunjungi adlaah negara yang bukan tujuan wisata atau tidak ada hubungan erat dengan Indonesia kecil kemungkinan rupiah kita diterima atau malah ditolak. Disini peran dollar bisa diandalkan. Membeli dollar dalam jumlah banyak bisa menjadi alternatif jika anda hendak bepergian ke beberapa negara sekaligus.

Sebagai contoh jika anda hendak mengunjungi tiga negara anggota Asean misalnya Singapore, Malaysia dan Thailand. Jika anda sudah menghitung seluruh rancangan anda mengelilingi negara-negara tersebut ada baiknya mata uang rupiah anda ke dalam bentuk mata uang masing-masing negara tersebut. Tetapi jika anda belum memastikan berapa rencana anda mengeluarkan dana ke negara-negara tersebut, anda bisa mengubah mata uang rupiah anda kedalam bentuk dollar. Karena biasanya dengan mengubah ke dollar, nilai tukarnya tidak terlalu jatuh jika seandainya anda menukar rupiah ke dalam bentuk uang Singapore, kemudian saat di Malaysia anda menukar uang ke dalam bentuk Ringgit Malaysia dan pada saat di Thailand uang tersebut ditukarkan dalam bentuk Baht maka rupiah anda akan benar-benar jatuh nilainya.

Selain dollar mata uang lain yang bisa digunakan secara bersamaan ada di beberapa negara. Sebagai contoh, untuk mengunjungi China, Hongkong dan Macau anda cukup menukar uang rupiah dengan Yuan (RMB China). Mata uang Yuan (RMB) dapat digunakan di Hongkong maupun Macau.

About these ads

Satu Tanggapan to “Membawa Dollar atau mata uang lokal”

  1. makasi infonya, kebetulan saya mau jalan ke Thai jadi nambah wawasan tentang Thai

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 131 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: