Apa yang dimaksud dengan visa Schengen

Apa yang dimaksud dengan visa Schengen
Visa Schengen adalah jenis Visa untuk kunjungan singkat kebeberapa negara anggota Schengen seperti Austria, Belgia, Belanda, Denmark, Finlandia, Jerman, Islandia, Italia, Luxemburg, Norwegia, Perancis, Portugal, Spanyol Swedia dan Yunani dan direncanakan tambahan beberapa negara yang akan masuk pada bulan Maret 2008.

Cara mengajukan aplikasi Visa Schengen
Dibawah ini contoh pembuatan Visa Schengen, diambil dari salah satu negara anggota Schengen yaitu Perancis. Pembuatan Visa Schengen tidak harus di negara Perancis andapun bisa memilih negara-negara lain yang termasuk anggota Schengen.

PERSYARATAN VISA  TURIS  DAN  BISNIS (short-stay visa sampai 3 bulan)
Persyaratan-persyaratan  dan ketentuan-ketentuan  tersebut di bawah ini berlaku untuk pembuatan Visa  semua negara yang diwakili oleh Perancis, Visa Transit ( untuk transit tidak  perlu reservasi hotel  dan surat undangan ) dan Visa kursus dibawah 3 bulan dengan menambahkan  tanda terima  bukti  pendaftaran dari tempat  kursus yang dituju di Perancis.

1. pemohon harus mengisi secara lengkap formulir Visa Schengen  dan ditandatangani oleh pemohon. Formulir dapat diambil di loket kedutaan Besar Perancis. Pengambilan Formulir di mulai  pada Pk.08.30 WIB s/d Pk.–16.00 WIB. atau  bisa didown load di http://www.diplomatie.gouv.fr/venir/visas/pdf/visaengl.pdf. Untuk anak yang berusia dibawah 18 tahun wajib ditandatangani oleh orangtua.
2. Foto terbaru (2 lembar) berwarna, dengan latar belakang putih, tidak memakai tutup kepala , ukuran 3,5 cm X 4,5 cm, dan dengan proporsi seluruh wajah 70%  s/d 80 % dari batas foto. Foto disertakan dengan diberi naam dibalik foto jangan ditempel diformulir.
3. Sertakan Reservasi tiket pesawat kereta atau moda lainnya pulang-pergi atau jika tiket online harap di print-out,  dengan tanggal penerbangan yang pasti.
4. Keterangan yang menjelaskan kegiatan profesional : surat keterangan kerja yang menjelaskan posisi di perusahaan, kartu mahasiswa, surat keterangan dari universitas, dll. Untuk bisnis, ditambah Surat undangan dari perusahaan yang akan dikunjungi  dalam bahasa Perancis yang dikirim kepada pemohon dan di-fax  juga  ke Kedutaan Perancis  melalui nomor (62-21) 23 55 76 01
5. Untuk bukti keuangan, lampirkan rekening koran atau buku tabungan asli dan fotokopi dengan  jumlah minimum : Jika pemohon akan tinggal di hotel sebesar 75 Euro perhari  dan di rumah keluarga atau teman  25 Euro per hari.
6. Keterangan tempat tinggal berupa : Reservasi hotel (tiket online di print out), bukti kepemilikan atau kontrak tempat tinggal. Jika akan tinggal di rumah keluarga/teman
orang Perancis, pemohon harus menambahkan

- Surat keterangan dari walikota setempat  (asli).
- Surat pernyataan dari pengundang akan tinggal di rumahnya dari tanggal..s/d .. ,surat jaminan kembali  ke  Indonesia , fotokopi KTP dan bukti pembayaran pajak pengundang.
7. Paspor asli dan fotokopi halaman 1 s/d 3, dan 47.
8. Asli dan fotokopi Asuransi Perjalanan  International  untuk  : kesehatan,  rumah sakit , dan jaminan kepulangan ke Indonesia dalam keadaan darurat selama berda di negara – negara SCHENGEN   dengan pertanggungan minimal sebesar 30.000 €  (Tiga Puluh Ribu Euro )

CATATAN :
· Agar dapat diterima,  berkas harus dilengkapi dengan semua dokumen yang diminta. Pemohon visa turis berdomisili di JAKARTA, BOGOR, DEPOK ,TANGGERANG  dan BEKASI harus menghadap sendiri, tidak dapat melalui agen perjalanan  (biro travel). Bagi  pemohon di luar JABODETABEK  dapat mengirim dokumen  permohonan visa dan passeport   melalui kurir.
· Biaya dibayar dimuka bersama dokumen pelengkap. Jika membatalkan visa atau ditolak, uang tidak dikembalikan. Harga € 35 Euro dibayar dalam mata uang Rupiah sesuai dengan kurs yang berlaku pada saat pengajuan visa.
Harga dapat dicek di operator.
· Untuk  biro perjalanan dan group  lebih dari 10 orang peserta harap membuat appointment terlebih dahulu dan menambahkan keterangan jadwal perjalanan.
· Penerimaan berkas visa  :
(Senin s/d Kamis)    : 08.30 AM to 11.00 AM
( Jum’at )  : 08.30 AM to 10.00 AM
· Pengambilan paspor :
Senin s/d Jum’at    : 12.00 AM to 01.00 PM
· Pelayanan melalui telepon : Monday  to Friday   08.30 AM to 01.00 PM
· Perhatian : PROSES PEMBUATAN VISA  UNTUK WARGA NEGARA INDONESIA DUA MINGGU. Kami tidak melayani pengecekan visa melalui telepon.  Untuk mengetahui visa telah selesai dipersilahkan datang  langsung  ke kedutaan sesuai dengan ketentuan proses pembuatan visa yang  telah ditetapkan. Kecuali bagi pemohon yang berdomisili di luar JABODETABEK, dipersilahkan menelpon setelah dua minggu.
· Pemegang paspor asing harus menyertakan KIMS/KITAS.
· Jika bepergian sekeluarga :  Fotokopi dan asli dari : Kartu Keluarga, surat nikah dan akta kelahiran   anak, bila ikut. Pemegang paspor Indonesia yang berstatus penduduk luar negeri harus meminta visa dari negara dimana dia bertempat tinggal. Validitas paspor minimal 6 bulan lebih lama dari masa permohonan visa. Perlu diketahui bahwa pemohon visa yang memberikan dokumen yang lengkap belum tentu akan mendapatkan visa.

Mohon untuk memfotokopi semua dokumen yang akan diajukan dan membawanya ke Perancis untuk dapat ditunjukan kepada petugas imigrasi jika sewaktu-waktu diperlukan.

\dari berbagai sumber

About these ads

60 Tanggapan to “Apa yang dimaksud dengan visa Schengen”

  1. Al arna Berkata

    Selamat pagi mas, kalau berkenan, bagaimana mas tipsnya supaya visa kita di setujui? terima kasih ya

  2. Thanks ya…..setelah membaca saya jadi agak tau pandangan klo misal mau bikin visa.
    Saya mau mengurus visa punya family, dia sudah pergi ke perancis 2 X dan ini mau yang ketiga kali. Sedangkan family saya berada di luar kota sehingga dia menitipkan beberapa dokumen yang harus saya berikan ke kedutaan Perancis.
    Dari artikel di atas saya sudah cross check dengan dokumen yang saya punya dan sebagian sudah sesuai.
    Yang mau saya tanyakan, bagaimana prosedur yang akan saya jalankan di kedubes Perancis atau ada sesi Interview ?
    Mohon di bantu karena untuk hal ini saya sama sekali tidak berpengalaman.
    Terima kasih atas perhatiannya dan ditunggu balasan nya di email desyretno@yahoo.com secepatnya.

  3. Hal Al Arna…buat visa kita agar bisa diterima
    - Pastikan paspor masih berlaku
    - Lengkapi data
    - isi semua data dengan baik dan benar
    - Saat panggilan kudu ontime
    - Pastikan tiket PP, penginapan sudah ada
    - Kalau punya rekomed dari teman yang ada di LN lebih baik
    hmmm apalagi yah mungkin itu deh..

  4. halo mbak Desi, untuk penyerahan dokumentasi bisa dilakukan sendiri tapi untuk interview kayanya haruis langsung dari orangnya.. kalau ngga coba bikin surat peng-atas-namakan.. maksudnya interview di wakili..cuman belum pasti.. untuk lebih jelasnya coba hubungi agen travel yang biasa mengurus visa biasanya mereka lebih tahu prosedurnya

  5. pagi..sy mw tanya syarat” yg diatas tu bwt yg mw bisnis yah?sy ingin mbuat visa pelajar utk 10bln dperancis dsana akan tinggal drmh kenalan dgn menyewa kmr tp dy yg jg akan membayar asuransi&tiket sy..bgaimana prosesnya?
    Mksh

  6. greenerz Berkata

    wah, oke banget infonya.

  7. thx info nya mantaapphhh!!

  8. selamat siang mas,
    mau tanya sedikit mengenai visa shengen..
    apabila kita telah memiliki visa shengen, untuk pergi ke swiss apakh tetap butuh memiliki visa Swiss (untuk berkunjung tiga hari) ?
    dan apabila posisi kita di Prancis, apakah kita harus ke KBRI atau langsung ke kedutaan Swiss di Paris?
    Satu pertanyaan lagi, bagaimana proses untuk memperpanjang visa Shengen kita? Visa yang saya miliki berlaku untuk tiga bulan, namun ijin tinggal hanya 35 hari.. saya bernita untuk memperpanjang masa tinggal saya..
    mohon jawabannya..
    terimakasih..

  9. hi mas/mba
    saya jilly, mau tanya nih mas. saya akan ke Norwegia, tapi rencana untuk kerja dan kuliah. karena kuliahnya masih lama sekali dimulai (kira2 satu tahun lagi, 2010) maka saya akan datang untuk bekerja dulu sebagai pengasuh anak. nah untuk kasus seperti itu bagaimana caranya ya agar saya bisa mendapatkan visa? apakah saya harus menjelaskan ke pada pihak kedutaan perihal rencana saya tsb?
    satu lagi, tahap wawancara itu ada di tahap keberapa ya?
    seberapa menuentukan tahap tsb? apakah jika kita telah masuk tahap wawancara berarti sudah pasti bisa mendapatkan visa?
    thx a lot b4

  10. hai Jilly…

    Schengen Visa

    Norwegia termasuk bagian dari Schengen yang meliputi negara-negara berikut: Austria, Belanda, Belgia, Denmark, Estonia, Finlandia, Hungaria, Jerman, Islandia, Itali, Latvia, Lithuania, Luxemborg, Malta, Norwegia, Perancis, Polandia, Portugis, Rep Ceko, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swedia, Switzerland dan Yunani. Visa kunjungan yang dikeluarkan salah satu negara Schengen juga berlaku untuk perjalananan ke negara-negara Schengen yang lain selama periode visa yang ditentukan masih berlaku. Dalam waktu 6 (enam )bulan , anda tidak diijinkan tinggal lebih dari 3 bulan di wilayah Schengen.

    Anda dapat mengajukan permohonan visa Schengen di Kedutaan Norwegia apabila Norwegia adalah tujuan utama anda. Apabila anda tidak punya tujuan utama , anda harus mengajukan permohonan visa ke salah satu perwakilan negara Schengen di negara paling awal dikunjungi. Waktu yang diperlukan untuk memproses visa tergantung dari kasus masing-masing, akan tetapi pada umumnya anda akan mendapat jawaban dalam waktu 2 minggu. Kedutaan menyarankan pemohon untuk mengajukan permohonan jauh hari sebelum waktu keberangkatan.

    Visa kunjungan berlaku paling lama hanya 3 bulan. Biaya permohonan visa saat ini sebesar EUR. 60,- (± IDR. 830.000,-). Agar permohonan visa dapat diproses, Kedutaan memerlukan dukumen-dukumen sebagai berikut :

    - Passport atau Dokumen Perjalanan minimal masih berlaku 3 bulan sesudah kembali dari Norwegia.

    - Pengisian lembar permohonan visa yang benar serta ditandatangani

    - 2 (Dua) fotocopi data pribadi lembar pertama Passport, demikian juga apabila tertera stempel serta visa Schengen yang ada sebelumnya. Anak dibawah umur 18 tahun yang ikut serta harus mengajukan permohonan visa sendiri. Kedutaan dapat menerima Paspport atau Dokumen Perjalanan sekaligus lebih dari satu orang. Setiap orang yang mengadakan perjalanan dan berumur 18 th lebih harus menunjukkan sendiri dokumen perjalanannya.

    - Bukti Keuangan ( Buku Bank, Tabungan , Investment,dll) apabila beaya kunjungan atas nama pemohon sendiri.

    - Undangan dari Sponsor yang menerangkan maksud kunjungan. Apabila beaya perjalanan ke Norway ditanggung sponsor, “Guarantee form for visit” harus diisi oleh sponsor dan disertifikasi oleh Kantor Polisi lokal di Norway di mana mereka tinggal.

    - Apabila visa dikabulkan , pemohon harus menunjukkan tiket pulang pergi serta Asuransi perjalanan yang menanggung biaya pengobatan sebelum visa dikeluarkan.

    http://www.norwegia.or.id

  11. hello mas
    saya pernah ke swiss tahun 2008 dan yang saya tahu visa saya bukan visa schengen.
    saya dengar sekarang visa ke swiss menggunakan visa schengen apakah visa pertama saya berpengaruh mempermudah saya untuk mendapat visa swiss yang kedua yang sudah berganti menggunakan visa schengen?
    apa dubes swiss punya record saya bberkunjung ke swiss?
    thanks a lots

  12. saraswati Berkata

    Boss saya orang Indonesia ada meeting di ICELAND bulanMei
    Bagaimana caranya mengurus visa untuk beliau
    Saya harus kontak embassy mana mengingat Iceland embassy gak ada di jakarta. Boss saya juga cuma mengunjungi negara Iceland semata.

  13. halo mas,

    saya mau tanya, pacar saya mau mengundang saya ke perancis, syarat2 nya apa saya kalo pake surat undangan? dan minimal jumlah tabungan yang saya miliki kira2 berapa yah mas? kalo ada surat2 investment lain boleh disertakan juga? ( contoh invesment nya apa saja ya mas?) mas tolong dok nya di infokan pake bahasa inggris yang diperlukan dari si pegundang ato bahasa perancis jg boleh..hihi jadi ga ribet2 lagi menjelaskan kedia.mohon bantuan n info nya ya.

    thx before

  14. Icha_D_Luffy Berkata

    Halo mas,

    Aku masih sedikit bingung mengenai surat sponsor dari perusahaan, aku boleh minta tolong dikasih contoh suratnya ga? karena aku berencana ingin mengajukan permohonan visa ke kedutaan perancis bulan Agustus.

    Oh iya, kalo misalkan visa kita pernah ditolak, dan kita ingin mengajukan kembali, kira2 kemungkinan akan ditolak lagi besar ga yah.

    Thanks in advance

  15. musa fikri Berkata

    saya mau ke yunani bersama teman yang istrinya sudah di Yunani 4 tahun. bagaimana cara termudah dan tercepat untuk sampai sana? berapa minimal rekening yang kita punya untuk kunjungan 1 bulan? mohon info sejelas-jelasnya.. makasih

  16. Halo mas/mba
    Pertanyaan saya sama dengan mba anna pada tanggal 19 maret 2009. Bisa di jelaskan lagi untuk saya. Kirim ke email legrayanie@yahoo.com. Di tunggu infonya. Terima kasih

  17. saya mau menanyakan bagai mana saya bisa pergi ke swiss untuk libura,apa yang harus saya kerjakan,ini baru pertama kali saya mau liburan ke swiss.. thx di tunggu balesanya..

  18. mas tolong infonya> saya mau pergi ke france sekitar bulan july 2010 terus saya hrs buat visa kira2 bulan apa ya?? disana nanti saya tinggal dirumah teman dan sudah ditanggung semuanya dari makan dan tempat tinggal. berapa account minimal ditabungan saya untuk pembuatan visa? thank u ya mas.. saya tunggu balasan nya… thx..

  19. mau tanya dong, suami saya sedang sekolah s2 di france, dan saya akan nyusul ke sana, berarti nanti saya visanya visa stay, kerja atau visa study? dan apakah diperbolehkan kalau saya disana sambil kerja partime ataupun full time. trus brp lama ya kira2 untuk apply sampe keluar?

  20. maaf mas mau tanya, bisa ga kita mengajukan ulang visa ke prancis?saya baru dpt kabar visa saya ditolak..thanks

  21. Lucia Vitrianti Berkata

    Saya mau tanya untuk laporan keuangan yang harus dilampirkan, karena saya beserta keluarga (saya+suami+anak 3 (umur: 10,9,5) rencananya diundang oleh kakap ipar ke perancis, apakah perlu buku tabungan dengan minimum saldo berapa ya? dan untuk masa tabungan selama beberapa bulan minimal ya?
    Karena saya tidak punya tabungan yang saldonya mengendap, jadi bingung bagaimana jika bener2 diminta, ataukah saya harus menabung mulai sekarang supaya nantinya ada laporan saldonya?
    Terimakasih.

  22. musaddad fikri nurfalah Berkata

    musa fikri itu menipu saya mas. katanya mau berangkat ke Yunani sama saya ternyata maksudnya ke rumah mbakyu Nani. Dasar pembohong!

  23. Selamat malam, mohon bantuan infonya, saya audah mendapat visa Schengen utk bulan des 09 s/d jan 2010, tp berhubung suatu dan lain hal, saya tdk jadi pergi dlm watu 2 bulan ini (diundur) lalu bgm dgn visa Schengen saya tsb?apakah akan bermasalah seandainya 4 bulan yad, saya mengajukan permoh visa tsb lagi?.. Terimakasih banyaak.. Atas bantuan infonya,

  24. Kang, kl during the trip kita mau ke beberapa negara, harus nunjukkin reservasi hotel di semua negara yg kita datengin?

  25. kak, mau nanya.
    saya 20 tahun.
    saya mau backpack, jadi boro2 75 euro x lama menginap.
    duit aja paling maksi cuma gwa alokasiin 10juta.
    ngarep2 bisa kurang dari itu.
    ada saran gak gmana caranya?
    trus yg masalah travel insurance 30000 euro itu maksudnya gmana?
    TnT

  26. maaf, untuk sementara visa schengen yg saya miliki yaitu visa visit selama 3 bulan tetapi saya ingin memperpanjang visa tersebut, bagaimana caranya?.terimakasih

  27. Mhn informasi (CITTO), saya mau apply visa ke Kedubes Austria (tujuan bepergian sebenarnya ke Slovenia). Berhubung di Kedubes Austria sangat ribet (memakan wkt lama sekali), apakah sy bisa apply visa melalui Kedubes Jerman?
    Nb: Akan pergi tgl. 28 Mar – 1 Apr 2010
    Terima kasih atas infonya.

  28. Saya dan keluarga akan merencanakan cuti ke jerman, sekarang ini saya bekerja di Saudi, istri dan satu anak laki-2 ikut dengan saya, kemudian 2 anak saya di Indonesia. kami rencanakan akan ke jerman bulan September 2010, minggu ke 3. saya akan tinggal di rumah keluarga di sana untuk total waktu selama 10 hari maksimum, bgm sebaiknya sy unt mendapatkan Visa Schengen, mana yg lbh bagus mengurus visa tsb di indonesia atau dari saudi.
    mohon infonya. terima kasih.

  29. hmmm bermanfaat banget ni, tapi saya mau tanya nih mas, kok minimum rekening korannya murah banget ya?? 75euro per hari???
    kalo saya 12 hari kesana berarti cm 900 euro which is cm 11jutaan di tabungan bisa tembus tu visanya??
    soalnya ada berhembus gosip musti 100juta minimum di tabungan??

  30. Selamat pagi,
    Saya dan suami akan mengadakan perjalanan ke Spanyol, krn suami saya akan menghadiri konferensi di sana tanggal 9 Mei ini. Saya cuman ngintil, he he.. Paada awalnya kami mengajukan pembuatan visa Schengen melalui Kedutaan Spanyol dan alhamdulillah sekarang sudah keluar. Dalam mencari2 tiket yang murah, biasalah……. kami menemukan jalur melalui Amsterdam Belanda. Karena sesama anggota Schengen, apakah kami bisa turun atau keluar dari airport di Belanda? atau kami hrs mencari langsung pesawat ke Spanyol? Mohon siapa yang bisa membantu kami. Sebelumnya, terima kasih banyak atas bantuan Anda.

  31. Bonjour!
    Hmm soal visa emang bikin pusing, apa lagi kalo ada kejadian yang baru aja menimpaku T_T yup, apa lagi kalo visa ditolak? alasan juga tidak ada dari pihak kedubes prancis.

    Aku apply udah sebulan yang lalu dan dapat jawaban negatif, apa ada yang pengalaman visa ditolak dan apakah masih bisa apply ulang? sekedar info, saya telepon bag.visa dan si mbak itu bilang bisa2 saja saya apply visa, itu hak saya untuk apply ulang. tapi ya itu..ga da jaminan T_T tapi pantang menyerah, sebenarnya selasa besok saya sudah memeluk sahabat saya di bandara paris, tapi well, harus bersabar sampai bulan depat, kalau visa saya berhasil.

    Ayo..bantu aku..ada info? T_T

  32. aku mau ke paris bulan agustus 2010, dukument sponsor sudah dapat, tapi sayang banget no passport yang dicantumkan no lama (passport aku dah ganti baru, dan otomatis no juga baru), jadinya dukument aku balikin, ini adalah kunjungan aku yang ke3,aku tiap 2th pergi kesana, ada perubahan gak ya untuk document sponsor, karena aku minta ducument sama persis yang 2th lalu, minta info dong

    thanks

  33. ece marwan Berkata

    aq mau apply visa schengen dg tujuan utama prancis,kira gampang ga ya.and aq butuh tmn brkt bareng giman caranya?

  34. Hi Semuanya, disini saya ingin berbagi sedikit info ttg apply visa prancis. Pengalaman saya cukup pahit sih, visa saya ditolak bulan mei kemarin, dan kerabat saya di Prancis berbaik hati mengundang saya lagi untuk bulan agustus ini. Jika ada pengalaman visa ditolak, yah bersabar memang kuncinya. Krn semua keputusan ada di pihak kedubes. Menurut banyak info yang saya baca (sejak visa ditolak saya lahap semua info dr nge-net seharian), visa prancis memang rada ribet, coz untuk mengajukan permohonan visa saja, kita harus book ‘seat’ di kedubes yang pada bulan2 juni juli sangat padat. Kamu harus ke standar charter bank dulu dan bayar 60.000, setelah itu di web vfs global (bisa di lihat di web resmi kedubes prancis), kamu harus membuat ‘jadwal temu’ yang dapat dilihat setelah memasukkan data2 dan no.nota dari bank tsb. Saya yang ke bank tgl 1 juni kemarin saja dapat seat (paling awal) tgl 7 juli (kebayangggg) dan saya rubah ke 16 juli karena keterlambatan dokumen dr prancis.

    Yang saya tahu, visa saya kemarin ditolak bisa jadi karena beberapa hal (pihak kedubes selalu merahasiakan alasan penolakan visa) :
    1. Alasan yang kurang jelas (surat motivasi mengundang dari kerabat/famili disana harus jelas. Mau apa kita di prancis, berapa lama, atas alasan apa mengundang), berhubung saya di undangnya sangat mendadak jadi semua dokumen di-email ke saya dlm waktu 3 hari dan banyak yang ‘cacat’ (lupa ttd, surat motivasi ditulis cuma sedikit coz buru2).
    2. Keuangan. Ya maklum saya belum pernah apply visa ke prancis dan minim info. Saya pernah dapat beasiswa ke Jerman thn 2008 tapi urusan visa semua dibantu. Info yang saya dapat, apabila di undang teman/family disana, min 25 euro/hari. Apabila kita menginap di hotel, 75 euro/hari, dikalikan lama kita tinggal.
    3. Attestion d’accueil. Ini adalah surat bukti ijin menginap di rumah kerabat/famili di prancis yang dpt diperoleh dr kantor walikota setempat. Biayanya sekitar 50 euro dan prosesnya agak lama : 2 minggu! Salah saya kemarin, karena waktu sangat mepet (antara apply visa dan keberangkatan), surat ini langsung dikirim pengundang ke kedubes (kemungkinan sampainya telat karena dokumen2 seprti ini mudah sekali terselip). Visa baru akan diproses HANYA jika attestion d’accueil sudah sampai di tangan visa section. Apabila visa sudah siap diproses dan attestion belum datang, bisa saja mereka malas menunggu dan akhirnya langsung saja ditolak. Tertulis di paspor saya penolakan tgl 11 mei, di attestion d’accuel yg dikembalikan, diterima kedubes tgl 17 mei. Nah.. jelas dah!
    4. Surat sponsor. Apabila bekerja maka harus ada surat sponsor dr perusahaan yang menjamin kita akan kembali jika visa telah habis. Berhubung saya seorang guide (dan itu tidak termasuk pekerjaan tetap), surat dari dinas parwisata tidak turun2 (huh), jadi belum sempat melampirkan..

    yah..hanya berusaha membantu..mudah2an kalian yang apply visa ke prancis kesampaian :) doakan saya juga ya! tgl 16 besok terbang ke jkt demi dapat visa prancis untuk 8 hari masa tinggal (takut lama2..ntar ditolak lagi) bon voyage!

    • Hi Amanda…salam kenal dari Bali ,apa kabar ?Terima kasih info dan share pengalaman nya.
      Sangat membantu..rencana april tahun depan kebrangkatan ke prancis…
      Khawatir juga takut ditolak krn dengar dengar sulit .
      saya akan mulai coba langkah demi langkah semoga semuanya berjalan lancar….
      maaf bisa saya minta contact telp atau email nya?
      thanks banget ….

  35. saya mau tanya , sy ajukan perkas sesuai booking hotel dan booking tiket 10 hari , pertanyaan saya adalah.
    apakah mereka kasih sesuai 10 hari atau 30 hari dalam 6 bulan?

  36. salam,
    terima kasih untuk infornya diatas,
    boleh ngak minta contoh pengisian visa d, untuk ke swiss
    sebelumnya maaf dan thanks
    kalo misalnya boleh tolong balas ke email ku saja ya
    thanks

  37. mau tanya nih, seandainya kita rencana tinggal selama 10 hari tapi bukti reservasi hostel cuma baru confirm 5 hari misalnya, kan bisa saja terjadi qta mau ganti hostel krn kurang cocok, dll, apa itu berpengaruh terhadap diterima/ditolaknya visa qta? tolong sharing info, thanks

    • Hai…saya juga ingin berbagi kisah sedih yg baru saya alami 2 hari yg lalu.
      Keputusan yg menyesakkan dada yg diberikan oleh Kedutaan Besar Italia. Saya bukannya ingin menakut-nakuti bagi yg akan mengajukan visa tapi ini KENYATAAN. Maret tahun 2009 saya datang ke Italia mendapat beasiswa dari Pemerintah Italia selama 9 bulan, untuk ini jelas tidak ada masalah karena semua dokumen diurus oleh Pusat Kebudayaan Italia Jakarta. Lalu 4 Oktober 2010 saya kembali mengajukan permohonan visa karena saya akan melanjutkan studi lagi di Italia dengan biaya sendiri, tentu kali ini saya mengajukan semuanya sendiri tanpa dibantu siapapun dan saya menjelajahi dan mempelajari setiap hari segala informasi di internet mengenai persyaratan student visa yg sebenarnya tidak terlalu sulit. Saya telah melengkapi semua data2 dan saya rasa data2 saya bagus;
      - passport yg masih berlaku hingga 2 tahun kedepan (padahal saya hanya akan tinggal 10 bulan di Italia)
      - surat penerimaan ASLI dari universitas di Italia
      - bukti pembayaran universitas ASLI (YANG TELAH SAYA LUNASI UNTUK 9 BULAN)
      - TIKET YG SUDAH SAYA ISSUED!!! karena terlalu yakin visa saya diterima karena saya pikir tidak ada masalah dengan semua data saya.
      - surat akomodasi LENGKAP dengan data dan dokumen dari induk semang
      - bahkan saya lampirkan 2 asuransi sekaligus yaitu asuransi perjalanan dan asuransi kesehatan yg artinya kalau ditotal semuanya bisa menanggung lebih dari 30.000 euro, mungkin bisa sampai 50.000 euro
      - dan BUKTI TABUNGAN/KEUANGAN SAYA SENDIRI YG SANGAT BAGUS!!! karena pengalaman saya di Italia dulu dan banyaknya teman2 yg sama2 studi di Italia dulu jadi saya banyak mendapat informasi mengenai ini YAITU 500euro/bulan dikalikan 10 bulan masa tinggal
      - karena saya pernah tinggal 9 bulan di Italia tentunya saya pernah punya VISA SCHENGEN….yg katanya kalau pernah punya visa schengen akan lebih mudah disetujui!!!

      TAPI apa yg terjadi….VISA SAYA DITOLAK!!!!!!
      apa alasannya???? hanya pihak Kedutaan yg tahu!!!!
      Kedutaanpun tidak mau tahu saya kehilangan lebih dari 15 juta untuk hal yg sia-sia dan justru memperburuk keadaan!!! KENAPA????
      karena Kedutaan Italia telah MENCAP di halaman passport saya tertanggal 4 Oktober 2010 Visa Schengen DITOLAK!! yg artinya saat saya tanyakan lebih jelasnya, nama saya di BLACKLIST dan saya TIDAK BISA masuk ITALIA selama minimal 3 bulan kedepan, dengan cara apapun itu!!! dan TENTUNYA akan menjadi bahan pertimbangan kedutaan2 besar Uni Eropa lainnya jika saya apply visa lagi untuk masuk Italia dari negara lain Uni Eropa. Pihak Kedutaan pasti akan mencari tahu apa sebab visa kita ditolak di kedutaan yg telah menolak visa kita.

      Dalam hal ini saya hanya bisa sharing saja, saya tidak bisa memberi pesan apa2 karena saya sendiri bingung dengan keputusan yg menimpa saya.
      Karena saya dulu studi di Universitas untuk Orang Asing jadi saya memiliki teman2 dari berbagai belahan dunia dan kami sering bertanya satu sama lain mengenai kunjungan ke luar negeri dan saya hanya mendoakan supaya ada KEADILAN!!! karena negara2 tetangga kita tidak sesulit kita dalam mengajukan visa!!! bahkan negara tetangga kita terdekat TIDAK PERLU VISA untuk masuk ke Italia dalam kunjungan singkat. Ada juga yg memberlakukan perpanjangan visa dengan tidak perlu pulang ke negaranya seperti kita.

      Terimakasih saya bisa curhat disini dan….SUKSES UNTUK KITA SEMUA!

      • jiahhhhhhhh…..DITOLAK?? tapi kenapa juga kurnia harus beli tiket dahulu. biasanya untuk pembuatan visa, aku minta agen untuk membuatnya sebagai itenerary. jadi hanya wujud booking saja, jadi statusnya belum diissued.
        jadi toh kalopun ditolak, kita masih tidak begitu rugi.
        memang sich rugi waktu jadi terbuang percuma selama 3 bulan. tapikan tidak dengan rugi uang.
        Dulu pas aku pernah ngurus visa bisnis ke spanyol juga isinya deg2-an
        ya mau gimana coba, udah waktunya mepet, dari kedutaan minta dikirim berkas yang sama beberapa hari kemudian. padahal berkas2 seperti bookingan tiket n hotel sdah masuk.
        wlo akhirnya memang dsetujui sich, tapikan tetepp. bikin jantungan..
        udah gitu, yang bikin jengkel. saya harus booking hotel juga diperancis (padahal udah dijelaskan disana cuman transit 2 jam ganti pesawat) lha kok ya tetep harus booking hotel diperancis. klo enda ditolak!! buju bunengg!!!
        wkwkwk akhirnya, aku booking aj di http://www.booking.com
        itinerary aku berikan ke kedutaan, setelah disetujui bookinganku di perancis aku cancel.hehehehe……

  38. blackandikauda Berkata

    bang,

    mo numpang nanya nih..

    kan tadi klo mo buat schengen harus punya tiket pesawat..

    nah klo masalahny gini bang..

    jadi saya punya reservasi tiket pesawat A hari XX-YY. trus reservasi tersebut saya pake buat apply visa..

    dan setelah visa nya jadi..

    beberapa waktu sebelum keberangkatan, saya meng-cancel reservasi tiket pesawat saya yang lama dan membeli tiket pesawat yang baru (karena harga nya lebih murah hehe :P )

    klo kasus kek gini diperbolehkan g ya?
    apa nant di bandara pas pengecekan di imigrasi jadi masalah ato tidak??

    makasi bang…

  39. Met malam kang…
    mau minta informasi nih .., bulan januari 2011 sy ada rencana untuk menngantar anak saya (perempuan) yang dipindahkan kerja ke belanda.., anak saya tentunya memakai visa yg di rekomendasikan oleh perusahaannya , tapi untuk saya visa apa yg saya pilih untuk krprluan diatas?
    Mohon inforasinya ya kang..

    terimkasih,
    Ike

  40. Hi all.. sebenarnya sih aku sharing pengalamanku ini 3 bulan yang lalu.. di 2 postinganku yang lalu, soal pengalaman pahit visa ditolak.. ada kisah bari nih setelah itu.. yup! setelah beberapa kali gagal.. aku apply visa sekitat sebulan kemudian dan visaku diterima! 2 hari sebelum keberangkatan! wah…ga kebayang rasanya..!! so happy! ternyata nggak semuanya bener..yang dibilang min. 6 bulan lagi baru bisa coba.. atau malah tahun depan.. malah bisa jadi di black list karena ada cap penolakan dari kedubes Prancis yang imbasnya ke semua kedubes schaengen countries. Well, dulu aku urus visa lewat konsulat prancis di Surabaya.. pada akhirnya ditolak hanya beberapa hari sebelum keberangkatan.. terpaksa harus change flight date yang imbasnya aku bayar sekita 200 euro hanya untuk ganti tanggal T_T thats why..kali ini aku urus sendiri ke jakarta.. bela2in melewati prosesnya yang agak ruwet. dan kali ini semua dokumen benar2 saya lengkapi (malah terlalu lengkap mungkin…) surat sponsor berupa attstion d’accueil atau prrof of stay, surat tax, bill listrik dan telepon di pengundang.. foto copy id dia, passport dia, surat nikahnya (nah lo..), surat kepemilikan rumahnya.. wah semuanya dah! waktu saya apply ke kedubes prancis, sampe mbaknya bilang saya foto cpy terlalu banyak.. yah..namanya juga usaha.. setelah itu..saya menunggu sekitar 2 minggu dan saya akhirnya setelah saya telepon, visa saya jadi! dan yang ibkin senang, cap penolakan itu ditimpa dengan visa shaengen saya.. jadi paling tidak cap itu sekarang tersembunyi :) goodluck untuk semuanya yang apply visa :)

  41. Halo, mau nanya nih.
    Saya akhir Mei mau ke Finland, kalo ngajuin visanya pertengahan Februari bisa?

  42. Mau tanya ya, kalo kita brkt sendiri (sbg backpacker) nggak ikut tour, terus apply visa schengen dg melengkapi semua dokumen kira2 bisa diterima nggak ya? Ditunggu jawabannya, makasih banyak infonya.

  43. hati2 dg agen tki nakal “MUSADDAD FIKRI NURFALAH alias NANANG”.. banyak yg tertipu dg modus pemberangkatn tki ke brunei..

  44. hassan Berkata

    saya mo tanya.saya udah ngurus visa jiarah dr saudi bulan mei 2011.sdg saya mo berangkatkan ibu saya 11agustus 2011 nti.apa visa jiarah yg saya ajukan msh berlaku.krn waktu bikin visa dgn keberangkatan agak jauh…saya pusing krn gak ngerti soal ini.apa aja yg hrs dibawa bila ambil visa jiarah dikedutaan saudi.ibu saya berdomisili dijkt..insya allah dia akan tinggal dirmh saya dimakkah.kira kira bayar visa dikedutaan saudi brp rupiah.tolong info nya dan bls melalui email krn saya perlu penjelasannya.trimakasih sblmnya

    • peter helas Berkata

      Bagi para petualang atau yang suka traveling ke beberapa negara eropa visa schengen tidak asing lagi, namun akhir-akhir ini banyak yg mengeluh untuk mendapatkan visa schengen, sedikit pengalaman saya waktu mendapatkan visa schengen. rencana untuk pergi tgl 15 Des – 2 Jan 2011, tgl 25 nov 2010 saya mencoba mengapply visa schengen lewat kedutaan german, saya coba download lewat website mereka, sebelum mengisi formulir dan memberikanya ke kedutaan ada syarat yg hrs di penuhi:
      1. menunjukan tiket pesawat PP (harus), waktu itu saya beli by emirates $ 1140,(JKT_Dubai_Frankfurt)
      2. menunjukan Rekening koran atau tabungan 3 bulan terakhir, minimun 50 jt, contohnya bulan sept 50 jt, oct 51 jt, nov 50 jt, (saldo terakhir)
      3. surat rekomendasi dari kantor, bahwa anda bekerja di perusahaan tersebut dan anda akan kembali dan bekerja sesuai dalam surat rekomendasi. (jaminan spy anda kembali lg ke indonesia dan tdk menetap disana)
      4. Mennjukan paspor dan KTP, kartu keluarga
      5. menunjukan bukti booking hotel tempat kita menginap (bisa di lihat hostelworld.com) ga mahal kok ada yg 12 euro per malam atau sekitar 170.000 rupiah, padahal kalau kita ke bali rata penginapan 350.000 ribu

      kalau 5 syarat diatas sudah terpenuhi, mulailah untuk mengisi formulir, isi kolom seluruhnya dengan benar, yakinkan kalau semua kolom sudah di isi, lalu kirim ke kedutaan yg di maksud dan membayar uang administrasi sebesar 850.000 ribu. dalam rupiah kok bukan dollar atau euro

      tgl 30 nov 2010 saya di panggil oleh pihak kedutaan by phone untuk interview, sekedar pemberitahuan kalau pintu masuk kedutaan german itu menghadap grand indonesia, waktu itu saya datang pukul 7 wib, tapi yg ngantri sdh byk, sy di urutan ke 18, tdk ada tempat berteduh jd bisa di bayangkan kalau hujan atau terik matahari. waktu giliran sy di panggil formulir yg saya isi di periksa dulu di pintu utama mereka harus yakin kalau semua kolom yg di minta harus di isi.Tas dan hp harus ditinggalkan di locker, lalu saya di suruh ke atas untuk interview, td saya pikir saya langsung interview ternyata harus ngantari lagi, untuk interview kadang sampai 20 menit, sebaiknya anda mwmbawa bahan bacaan, koran, majalah atau lainya, karna menunggu giliran anda mungkin akan lama.

      Sebelum interview anda HARUS tahu tujuan yang akan di tuju ini sangat penting. contohnya anda akan mengunjungi museum, pantai, keajaiban dunia, dan lain2, jgn sampe GA TAHU

      waktu interview bersikaplah seperti biasa, santai dan konsentrasi, jgn tunjukan rasa grogi, mereka akan menanyakan:
      1. mau ngapain kesana, mau kemana aja
      2. ada saudara ga disana
      3. mau berapa lama disana
      4. kegiatan kamu sekarang apa
      jawablah sejujurnya apa adanya, jgn bohong, krn mereka bukan org bodoh, mereka tahu kalau kita bohong, dan akan mengurangi nilai kepribadian kita. setelah interview anda akan disuruh menunggu paling lama 2 minggu.

      setelah interview ada rasa lega, tapi deg deg kan setengah mampus, menang ga ya, dalam level ini sabaiknya banyak berdoa, bahkan saya berpuasa waktu itu.

      tgl 11 dec 2010 saya di tlp oleh pihak kedutaan kalau visa schengen saya di setujui, biasa di bayangkan donk, oh GOD akhirnya…??????? tgl 12 dec 2010 saya ke kedutaan german tuk ngambil visa schengen. tgl 15 dec 2010 saya terbang by emirates menuju frankfrut. waktu itu saya 3 hr di german, lalu menuju amsterdam, hanya 2 jam naik kreta api, 3 hari di amsterdam lalu saya menuju paris, hanya 1.5 jam naik kereta, 3 hari di paris…saya menuju roma italy, 2 jam perjalanan naik kereta 3 hari di italy lalu saya kembali lagi ke germany.tgl 2 jan 2011 saya kembali ke jakarta

      TOTAL keseluruhan biaya yg habis waktu itu 26.520.200 rupiah dan itu saya sdh terlalu boros,
      tertarik untuk keliling eropa? Karna alam ini di ciptakan TUHAN untuk kita nikmati, bukan di biarkan berlalu begitu saja. selamat mencoba !!!!!!!!!!!!!!!!

      best regards
      tumpal

  45. Mbak/mas bisa minta alamat email nya? Saya mau tanya2 langsung untuk stay lebih dari 3 bulan di perancis. Makasih banyak ya.

  46. Ullih Hersandi Berkata

    terima kasih banyak atas informasinya… perkenalkan aku Ullih, aku sekarang sedang study di Turki… rencananya 3 tahun lagi Insya Allah berniat untuk keliling eropa… tapi kalau bikin visa Schengen dari negara Turki gak bisa dunk…? terus gimana…? apa aku harus pulang ke Indo dulu? terus berangkat lagi ke eropa…? kejahuan menurutku… wkakaka… maaf kalau pemikiranku terlalu pendek… please aku mohon dengan sangat reply pertanyaanku di atas… atau reply ke emailku : hersakrenz@yahoo.co.id
    terima kasih banyak#

  47. Selamat sore Mbak /Mas .
    perkenalken Nma saya Dewi dr jogja tujuan saya ingin menayakan pembuatan visa ke prancis . saya baca keluh kesah teman teman di atas dari ujung ampek bawah keliatan rumit :’( tp saya masih linglung
    pertanyaan saya :
    > saya sudah memiliki surat seponsor dari mama teman saya
    tapi bagai mana kalau saya tidak memiliki rekening bank ??apa kah itu mengurangi nila pengajuan visa??
    karena saya untuk sementara tinggal di cambodia dalam rangka bersemedi ^_^ ( ingin menenangkan pikiran maaf karena trauma di jogja terpaksa mengungsi ) jadi lewat Western Union yg saya gunakan untuk selama perjalanan di sini
    2> masalah reservasi tiket apakah harus meskipun kita belum tau pastinya mendapat visa ?( tmn saya berpengalaman dia bikin fake reservasi tiket) apakah itu membahayakan maksud saya merugikan
    3> apakah Kartu keluarga ,KTP,Akte lahir ,etc harus di terjemahkan
    masalahnya di sini saya tidak menemukan agency untuk penerjemahan
    saya pusing alias bingung mohon mbak bisa membantu saya untuk berbagi infonya

    xxxxx

    terimkasih
    mathur sembah nuwun Mbak/mas

  48. Mas, bagaimana foto untuk yang berjilbab?

  49. Dear All,
    Perkenalkan nama saya irfan,saya sudah 5 tahun berpengalaman tentang pengurusan visa,seperti yang kita ketahui,untuk visa schengen sebelum mengajukan permohonan visa kita harus membuat appoitment terlebih dahulu,nah saya siapp membantu sdr2 untuk pembuatan appoitment tersebut,baik jerman,perancis maupun belanda.jika sdr2 butuh bantuan tersebut silakan hub saya via email ke :irfanrois62@yahoo.co.id atau via telp/sms ke 083186936767.thanks

  50. hai, pernah disusahin sm embassy pas apply visa ga? atau pernah denger cerita temen soal ini? help make a change by sign the petition for a ‘objective and nicer treatment for indonesian”
    bertindak adil, objektif, tidak berlebihan dalam proses pengajuan visa
    http://www.change.org/id/petisi/kedutaan-negara-schengen-di-indonesia-terutama-german-dan-belanda-bertindak-adil-objektif-tidak-berlebihan-dalam-proses-pengajuan-visa?utm_campaign=share_button_modal&utm_medium=facebook&utm_source=share_petition&utm_term=25764884

  51. Terimakash buat mas Irfan,,Berkat dari Pertolongan mas dan arahannya,akhirnya Visa Schengen Belanda sya di apporve.
    semoga Mas Irfan di beri berkat yang melimpah,akhirnya saya bisa berkunjung ke Erope bersama keluarga saya,buat Sdr2 yang mempunyai keluh kesah tentang visa,bisa Hub Mas Irfan.ke emailnya : irfanrois62@yahoo.co.id.
    sukses buar mas Irfan

  52. Buat Pak Irfan,Terimakasih banyak ya atas appoinment dan bantuannya pak irfan,akhirnya visa belanda saya diapprove,

  53. Hai, saya ingin mengunjungi Finland mungkin tahun depan, masalahnya ini pertama kalinya saya mungkin ke eropa. Saya awam sekali ttg visa dan passport. Kedubes mana yg harus saya kunjungi untuk mengurus Visa Schengen ini. Oia kebetulan ada teman saya disana yang bersedia memberikan saya tempat tinggal, dan dia bilang saya tidak perlu menginap di hotel. Mohon bantuannya. Terima Kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 122 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: