Bepergian dari Singapore ke Bangkok via KL

Hai Santy dan temank i-backers lainnya,

Menjawab email dari Santy, saya pernah bepergian dari Singapore ke Bangkok via KL. Dulu perginya kombinasi antara bus dan kereta tapi sepotong-sepotong ngga langsung. Dulu dari Sing ke JB pake bus, dari JB ke KL pake kereta, dari KL sebelum ke Bangkok ke Hatyai dulu pake bus, dari Hatyai ke Bangkok kembali pake kereta.

Dari Sing ke Johor Bahru pakai bus.
Dengan mempertimbangkan kalau dari Singapore ke Kl itu harganya lebih mahal karena perbedaan kurs, saya pergi ke Johor Bahru dulu. Berangkat ke JB pake bus dari Queen street.

Johor Bahru – KL
Dari JB baru ke KL dengan kereta. Tapi dari KL lain waktu saya pernah juga ke Sing pake kereta, pengisian form masuk Singapore dilakukan di atas kereta api, jadi siapkan pulpen saja dan stempel paspor di lakukan pada saat di imigrasi Singapore….

Kalo dari Singapore pengisian stempel paspor keluar Singapore dilakukan disetasiun kereta api di Sing dan pengisian stempel masuk Malaysia dilakukan di setasiun kereta KL.

Kereta KL-Bangkok
Kereta KL menuju Bangkok akan melewati Hatyai… kalo pilihan kereta malam, kereta akan bablas sampe Bangkok, kalo pemilihan kereta siang.Kereta akan berhenti 2-3 jam di Hatyai….

Bus KL-Bangkok
Dulu dari KL ke Hatyai pake bus, pertimbangannya kalo pake kereta lamaaa sekali bisa semalaman, kalo pake bus nanti bisa mampir Penang dulu sebelum masuk perbatasan Malay-Thailand. Dulu naiknya dari Setasiun Puduraya KL. Ada banyak pilihan operator bus, busnya bagus-bagus.

Pemeriksaan paspor / stempel cap paspor di perbatasan antara Malay – Thailand dengan mengunakan bus nanti akan berhenti di perbatatasan kantor imigrasi. Seperti biasanya semua penumpang wajib turun antri di loket, kemudian paspor dicap dan masuk Thailand dengan berjalan kaki… bus biasanya akan menunggu hingga semua penumpang sudah menyelesaikan urusan imigrasi.

Untuk pemeriksaan imigrasi mengunakan kereta api saya belum pernah tapi kalau tidak salah nanti form pengisian dilakukan di atas kereta dan pemeriksaan serta stempel cap paspor dilakukan di saat tiba Hatyai.

Pada dasarnya keluar masuk dari Sing ke Malay dan dari Malay ke Thailand tidak sulit dan tidak ribet. Ada pengalaman saya saat masuk Malay dari Thailand. Saat itu malam hari sekitar pukul 10 malam, lagi enak2nya tidur tiba2 saya di bangunkan untuk urusan imigrasi sembari masih mengantuk saya turun saja dari bus, sementara tas backpacker saya taruh di bagasi bus. Masuk kantor imigrasi praktis hanya bawa tas kecil.

Di kantor imigrasi dalam keadaan setengah sadar dan tidak saya lewati saja (pas saat itu dibus saya sedang tertidur pulas) tas pinggang yang harusnya masuk pemeriksaan ban berjalan tidak saya lakukan jadi masuk lewat pintu detektor.

Petugas saat itu tidak banyak dan mereka santai-santai saja. Setelah itu keluar dari kantor imigrasi langsung masuk bus dan hup tidur lagi… pokonya ngga inget2 apa lagi waktu di kantor imigrasi di tanya atau ngga blank banget… terus bus bablas jalan… inget-inget berhenti di Setasiun bus di Penang dantahu2 udah di KL….

Kebayang kalo saya bawa “barang” berbahaya yang ditaruh di ransel, ransel tidak saya turunkan dan kayanya tidak diperiksa ;p

Nah begitu kira-kira gambarannya semoga membantu

rgds,
sonson ns
artson.blogspot.com | artson.multiply.com
ibackpackerclub@yahoogroups.com

EKO NURSANTY <eko_nursanty@………> wrote:

Mumpung sedang topik Singapore, ikutan minta info ya…..
teman-teman, bisa minta info tentang travelling dari Singapore ke KL?
Yang pernah saya lakukan, Singapore-Johor dengan bis siang hari. Next
time pengen coba Singapore – KL – Thailand by train dengan beberapa
mahasiswa saya. Kalau naik bis, cek imigrasi kita khan di Woodland,
kadang ditinggal bis. Naik lagi, cek lagi saat masuk Johor. Nah, saya
belum punya data kalau naik kereta api malam. Gimana dan dimana prosedur
cek & stamp imigrasinya ? Rencananya kita mau nginap di tiap kota
sekitar 2 malam. Klau gak salah keretanya melewati beberapa kota di 3
negara itu khan ?
Terima kasih sebelumnya.

Salam, Santy

On Mon, 7 Jan 2008 19:14:49 -0800 (PST), “Elly Megawati”
<megawinata@………> said:
> Hai rekan-rekan,
>
> Saya mendengar berita bahwa semua ferry yang ada di Batam tidak
> beroperasi hingga malam seperti jadual biasanya, karena cuaca buruk.
> Ferry -ferry tersebut hanya dioperasikan sampai jam 4 sore saja.
>
> Adakah dari rekan-rekan yang dapat mengkonfirmasikan berita ini?
> Terutama untuk jadual penyeberangan ferry Penguin di akhir bulan Pebruari
> 2008 ini.
>
> Sebelumnya terima kasih untuk bantuannya.
>
>
> Best regards,
> Elly M
>

About these ads

37 Tanggapan to “Bepergian dari Singapore ke Bangkok via KL”

  1. haii..mo nanya doong..kalo dari Sing ke JB trus nyambung BAngkok bisa langsung dalam satu hari gak?? Soalnya mo irit waktu biar gak kelamaan.. tujuan sih ke BKK gituu..
    thank you
    dede

  2. Halo De, ngga mungkin deh seharian pergi dari Sing Ke Bangkok.
    Pergi dari Sing senin pagi sampe Bangkok mungkin Rabu pagi..

    Pake Tiger atau AA ajah biar cepat…

  3. Hai, mau nanya dong, saya kalo dari johor ke BKK, naek bus bisa ga? trus brp lama? bisa beli tiket bus dari sini ga, kalo bisa beli dimana? kalo mesti beli di sana, ada no telp sana ga?
    ada solusi yang irit dan cepat ga soalnya tiket long weekend pada mahal2. Thanks.

  4. Hai Henny, kalo mau ke bangkok ke KL dulu pake bus. Beli tiket bus di KL ajah, ngga perlu pesen, banyak banget, tinggal pilih. Lagian kalo mesen tiket disini mesen di mana yah saya juga ngga tahu…

    Solusi kalo ingin irit dan cepat coba pake pesawat airaasia atau tigerairways, cuman pesen tiketny harus jauh gari biar dapat harga murah..

  5. Johanna Napitupulu Says:

    Nanya dong kang…Rencnya aku ke Sing trus lanjut ke Hatyai, balik KL- JB-Sing-Batam dgn membawa ortu dan 3 anak, kira-kira repot ngga kita lewat JB, ambil bis ke Hatyai? And bus apa yang nyaman tapi kaga mahal? aku da cek lwt internet, kayanya kg ada yang lewat JB ke Hatyai ya?. Krn aq baca koment akang, kalo brangkat malem bablas bkk, karena aku mo sampai hatyai aja keretanya dan berangkatnya malem, jd hemat hotel smalem. Please advise Tq….

  6. #
    Johanna Napitupulu Berkata
    Maret 6, 2008 pada 1:46 pm e

    Nanya dong kang…Rencnya aku ke Sing trus lanjut ke Hatyai, balik KL- JB-Sing-Batam dgn membawa ortu dan 3 anak, kira-kira repot ngga kita lewat JB, ambil bis ke Hatyai? And bus apa yang nyaman tapi kaga mahal? aku da cek lwt internet, kayanya kg ada yang lewat JB ke Hatyai ya?. Krn aq baca koment akang, kalo brangkat malem bablas bkk, karena aku mo sampai hatyai aja keretanya dan berangkatnya malem, jd hemat hotel smalem. Please advise Tq….

    Dear Johanna… iyah mending langsung dari Sing ke KL…. pergi malam itu pertimbangannya sampe KL pagi nah dari situ ambil bus pagi jam 8an biar sampe hatyainya siang ke sore (jam 3-an).. kalo repot berangkat malam bisa berangkat pagi jam 7an – sampai Kl siang jam 12an… nah masalahnya ke Hatyai itu jadwalnya pagi ama malam… kalau malam yah sampe hatyainya ngejar pagi…. mungkin itu lebih baik… soal bus coba ambil bus transnasional Sing – KL, kalo di KL tinggal milih banyak banget di Puduraya… semoga membantu

  7. hai…

    mas nanya dong, ntar lagi mau kebangkok dengan rute jkt-bangkok-kl-singapore-batam-jkt.

    bangkok – Kl transportasi yang hemat dan cepat apa ya??

    thank’s

    lina

  8. Hai Lina, pake pesawat ajah cuman 2-3 jam, pake kereta 24 jam

  9. hai kang ocon, saya mau liburan ke thailand dr malaysia, saya sudah baca rute2nya klo naik busa atau train, bisa dikasi harga tiketnya gak kalo naik bis dari puduraya-KL ke bangkok itu berapa? dan kereta api total harganya berapa sampai di bangkok…

    oiya saya mau nanya lagi tentang istilah bacpakers itu apa? kalo kita pas tiba langsung nyari hotel yg murah di bangkok bisa gak? ada saran hub hotel apa? thanks

  10. Halio Made

    KL-Hatyai = 60 RM, Hatyai-Bangkok = 1400 Baht kurang lebih….
    nyari hotel di Bangkok langsung mudah kok daerah Khaosan Road banyak tuh..

  11. mo nanya donk… kalo dari sin ke bangkok itu apa musti bayar fiskal ?
    kalo bayar, brp duit?

  12. ngga bayar Lex, gratis

  13. mau tanya, kan dari batam kayaknya ada fery ke johor baru, bisa lebih cepat nggak ke KL daripada kalau lewat SIN. Johor-KL pake Bis berapa jam ?
    Makasih.

  14. Iyah lebih cepat lewat Johor Bahru

    Batam – Sing = 1 jam + 0.5-1 jam-an imigrasi
    Sing – Kl = 5 jam + 0.5-1 jam-an imigrasi

    kalau dari Batam ke Johor dan Johor langsung ke KL tentunya lebih cepat, efisien dan menghemat biaya

    • enak naik pesawat saja. tahu2 sudah sampai KL, BKK. Makan di KL enak dan murah. coba aja di mall nya Petronas-Suria KLCC. Malaysia dan Thailand relatif terjangkau-beda tipis sama Indonesia. Kalau Singapura memang mahal

  15. kang kalau saya mau ke KL lewat Johor Bahru, untuk mendapatkan bisnya apa kita harus ke terminal bis atau ada pelayanan jasa bis seperti aeroline di singapore, jadi kita gak usah ke terminal. Yang terdekat dari de zon harbour kemana kira2

  16. bisa bantu info biayanya?
    saya rencana juni 2009 ini
    mau jalan dari sin, Kl trus ke bangkok lewat
    jalur darat.
    tq infonya

  17. kang ngiring tumaros..saya teh udh beli tiket murah nya AA,langsung bangkok,cm ga tau euy kesana yg bagus ngapain yah??? :) o’on pisan..pengetahuan saya standart..selain liat kuil2, belanja yg kata orng murah, trus mampir ke phi2 island, si phuket anu ngetop tea ada lagi yang menarik di sana? mohon info dan petunjuk kang..tenkyu pisaaann..

  18. alo kang, nanya donk.
    udah baca2 juga ttg comment yg lain. bisa minta tolong ga, klo dari KL mau ke bangkok, naik bus bisa berapa lama ya? krn tmn2 kehabisan tiket murah KL-BKK. klo menurut kang, pilihan yang bagus, KL-BKK ato KL-SG. soalnya waktu kita mepet, cuma 5 hari saja, jadi harus memilih.

  19. punten..
    mau nanya kalo total biaya naik kreta api bangkok-singapore jadi brapa ya a?aku mau kesana desemberan nati..

  20. mau tny nich kl dari kl -ke bankok naik kereta berapa lm yah,trus kl untuk harga lbh murah mana dgn naik pesawat.thank u

  21. Halo Kang,
    Mau ikut tanya. Yg saya ingin tanya agak bnyk.
    Rencananya saya mau pergi keliling sebagian AsTeng mulai tgl 30 Mei-13Juni. Plannya saya hanya pake flight saat pergi dr Jkt-KL dan saat pulang Hongkong-KL-Jkt. Sisanya ingin lewat darat.
    1.Memungkinkan tidak kalo saya pergi dlm waktu 14 hari untuk jelajah KL-Genting-Phuket-Bangkok-Macau-Hongkong dengan jalan darat? Macau-Hongkong saya pilih naik ferry.
    2. Mohon info ada tidaknya bis atau kereta dr dan ke tujuan yg saya sebutkan di point 1 berikut harga dan waktu tempuh?

    Terimakasih….

  22. hallo kang kayanya sih udah basi nih pertanyaannya,,, tp mohon pencerahannya ya.. saya mau ke KL tapi pengen lanjut ke phuket .. rutenya gimana tuh ? makan wkt berapa lama ya kang ? klo lewat darat ??

  23. darmawati Says:

    hallo kang, saya dah beli dari tiket mdn-png. klu naik bus dari penang ke hatyai sih dah tahu. mau nanya kalau d rhatyai ke bangkok naik bus atau kereta dimana ya? berapa lama? terus brp ya tiketnya. Thanks

  24. alo kang,
    mau tanya yahh…sy rencananya mau ke kl tgl 18 okt’10 ini sampai dgn 21 okt’10..(dpt tiket promo 10rb, hehe..)
    klo dalam waktu tersebut sy ingin skalian jalan ke bangkok via bus ato kereta api apa masi keburu? trus kira2 berapa perjalanan kl – bangkok maupun sebalik nya, juga perkiraan biaya nya ya kang…
    mohon bantuannya ya..thx :)

  25. ACHMAD IRFAN Says:

    sob, ak mau nanya dong..
    Ntar desember ak bakalan mau ke Kuala Lumpur dari Bangkok. Rencananya mau naek kereta atau bus, tp ga tau gmn caranya. Bisa kasih info ga berapaan harga tiketnya dan berapa lama perjalanannya kalo naik kereta dan bus. Thanks so much before.. :D

  26. numpang tanya,,,,,klo dr batam ke sg trus malaysia – thailand – laos vietnam – china dan nyambung kereta ke moskow trus ke eropa lainnya ada yg prnh nyoba ga ya?? ….tmn gw pernah coba smp england tp gw ilang kontak neh…..tolong info kalo ada yg tau ya….

  27. halo saya mo nanya dong… dr KL-bangkong berapa lam ya??? ada rencara mau jalan ke bangkong akhir bulan ini lewat johor bahru…

  28. kirangkarung Says:

    salam kenal… infonya sangat bermanfaat sekali… terimakasih ya…

  29. Malem kang,nny dnk kl dr KL ke bangkok enkna naek kereta apa bus ya?trs brp lm perjlnan na n hrga na?

  30. mantap memang jalan2 nya kang sonson ini. saya udah beli 2 buku tulisan kang sonson,1.buku tips traveling (judulnya lupa-terbitan gramed), 2. buku traveling ke australia. dua-duanya mantap. yang tips travelingnya berguna pas buat jalan ke singapore-malaysia dan thailand n entah kemana lagi nanti. :)

  31. Mau info dong transportasi darat dari singapur ke thailand. Thanks yaa…

  32. martha sirait Says:

    Allow kang saya mau tanya donk,sy rencananya mau holiday dr KL ke BKK rencananya mau naik Bis atau kereta lbh efisien mana ya kang dr segi biaya n waktu ya kang??? Thaks

  33. Andy Aries Says:

    Ada gak ya December ini yg liburan k thailand

  34. allow kang,mw nanya jarak dari hatyai ke bangkok berapa jam???enak nya naik kereta atau bus??tq info nya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 129 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: